Koleksi ISSHU X Alegeor Vol. II. (Sumber gambar : ISSHU/Instagram)

Dobrak Batas, ISSHU X Alegeor Hadirkan Ready to Wear Genderless

03 October 2023   |   08:41 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
ISSHU, keluar dari zona nyaman. Jika sebelumnya jenama lokal asal Jakarta itu dikenal dengan ragam aksesoris bergaya futuristik, kini mereka melahirkan koleksi ready to wear yang edgy lantaran mengusung konsep genderless dengan sentuhan akuatik. 

Kembali berkolaborasi dengan content creator ternama, Alessandro Georgie (@alegeor), ISSHU membawa sejumlah item fesyen berupa reversible cropped jacket, midi skirt, dan tako tanktop

Ya, untuk koleksi bertema genderless aquatic touch, brand fesyen lokal ini menyajikan jaket dan rok dengan dua warna netral. Untuk cropped jacket dan midi skirt, ISSHU menghadirkan dark grey pada satu sisi dan silver pada sisi lainnya. 

Dengan demikian, item fesyen ini menghadirkan look berbeda dan tentunya bisa dikreasikan sesuai kreativitas penggunanya. Kalian bisa tampil standout dalam nuansa kasual pada acara formal, atau lebih santai saat hangout bersama teman. 

Sementara pada item tanktop, tersedia dalam dua pilihan warna, yakni hitam dan putih. Kamu bisa tampil lebih manly menggunakan jeans, atau girly menggunakan rok. 

Uniknya, ISSHU juga menyediakan aksesoris tambahan yang multi fungsi dan tidak lepas dari core bisnis mereka. Aksesoris itu berupa kalung yang bisa dialihfungsikan sebagai belt atau ikat pinggang pada midi skirt, dan anting yang bisa digunakan sebagai bros pada cropped jacket, membuat penampilan semakin paripurna.

“Kita sediakan bolongan khusus di jaket untuk masukkan anting. Jadi tidak menusuk ke badan. Untuk skirt, kita beri tambahan kalung yang bisa jadi belt,” ujar Founder ISSHU Rheza Paleva saat berbincang dengan Hypeabis.id, beberapa waktu lalu. 
 


Makna Gurita di Balik Sentuhan Genderless


Dari ragam koleksi terbaru ini, ada yang cukup menarik perhatian. Ya, kalian bisa melihat sentuhan bentuk gurita ikonik yang disematkan pada tanktop maupun kalung dan anting. Rezha menyebut pemilihan gurita atau tako ini menjadi nafas dalam koleksi ISSHU x Alegeor Vol.II. 

Aquatic touch atau sentuhan akuatik memang diwakilkan dengan kehadiran gurita. Tidak sembarang asal menambah aksen tersebut, semua kata Rezha sudah berdasarkan riset. 

Dari riset yang dilakukan tim ISSHU, gurita memiliki 8 tentakel, terdiri dari 4 tangan dan 4 kaki. Tugas tangan maupun kaki gurita kerap berubah-ubah dan saling melengkapi. Fleksibilitas yang dimiliki gurita ini mewakilkan tema genderless yang diusung ISSHU maupun Alegeor. 

Sejak awal berdiri pada 2020 lalu, ISSHU ingin menghadirkan item fesyen unisex alias bisa dipakai pria maupun wanita dengan desain dinamis namun futuristik. Rezha berpendapat, daya beli antara pria dan wanita cukup berbeda.

Oleh karena itu, dia tidak ingin menciptakan style fashion sesuai gender yang diproduksi dalam jumlah banyak, namun pada akhirnya dijual dengan harga murah karena harus menghabiskan stok. “Itu kurang sustainable untuk bisnis. Makanya bisnisnya genderless, jadi dua-duanya bisa beli,” sebut Rezha. 

Sementara Alegeor selama ini dikenal piawai dalam memadu padankan busana. Sebagai generasi Z, dia cukup ekspresif, atraktif, kreatif, dan berani mendobrak batas dalam dunia fesyen di Tanah Air. Koleksi genderless aquatic touch ini pun tidak lepas dari campur tangan influencer muda itu. “Dia ekspresif banget. Kita senang Alegeor mau berkolaborasi di debut RTW (ready to wear) pertama ini,” tutur Co-Founder ISSHU Indiana Argani.

ISSHU berani menghadirkan tema genderless karena melihat minat generasi muda yang menuntut fleksibilitas dan kreatif dalam berbusana. Tidak hanya itu, generasi Z maupun Alpha juga mementingkan fungsionalitas bukan sekadar tampilan saja. 

Indi menyebut tim ISSHU lantas menangkap peluang itu dalam menghadirkan karya-karya terbarunya, termasuk untuk koleksi ready to wear ini. Pihaknya selalu mendengarkan kebutuhan konsumen, bahkan tak jarang keinginan konsumen itu menjadi inspirasi bagi mereka. 

ISSHU sebelumnya pernah membuat pouch untuk menaruh iPod dan tas karena permintaan dari customer. Melihat banyak peminat, alhasil mereka menghadirkan aksesoris yang unik itu. Tentunya dengan bahan baku sterling silver dari para artisan lokal di Yogyakarta dan Bali, dan cocok digunakan pria maupun wanita. 

Di sisi lain, Rezha menyampaikan ISSHU akan terus berkreasi dan mendobrak batas diri dengan menghadirkan item fesyen yang lebih beragam, tidak hanya fokus pada jewelry atau perhiasan saja. “Kami mau dikenal sebagai lifestyle brand,” tukasnya.  

Baca juga: 6 Strategi Jitu Bawa Brand Lokal ke Pasar Global

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

10 Twibbon Romantis untuk Rayakan National Boyfriend Day

BERIKUTNYA

Cek Harga Terbaru, Biaya Langganan Disney+ Hotstar Per 3 Oktober 2023 Resmi Naik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: