Aziz Hedra (Sumber Foto: Hypeabis.id/Fanny Kusumawardhani)

Perjalanan Karier Musik Aziz Hedra, dari Penyanyi Cover hingga Punya Lagu yang Viral di 13 Negara

29 September 2023   |   12:06 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sukses dengan single pertamanya yang bertajuk Somebody's Pleasure, Aziz Hedra belum lama ini merilis single keduanya No More You and I. Lagu ciptaannya tersebut sudah bisa didengarkan di seluruh platform streaming musik digital sejak 23 Juni 2023.

Masih menggunakan lirik berbahasa Inggris, No More You and I menceritakan tentang seseorang yang menjadi korban playing victim di dalam hubungan romantisnya. Lelah dengan kondisi tersebut, satu-satunya jalan terbaik adalah berpisah. Sehingga tak ada lagi kamu dan aku, beserta semua kenangan di antara kita.

Baca juga: Sukses Comeback lewat Single Delapan Huruf, Agatha Chelsea Ingin Main Film Drama Musikal

"Aku kalau bikin lirik pakai bahasa Indonesia masih takut cringe gitu, sedangkan kalau pakai bahasa Inggris bisa lebih blak-blakan karena banyak pilihan katanya," ujar Aziz kepada Hypeabis.id, Rabu (27/9/2023).

Proses penulisan lagu barunya tersebut memakan waktu 1-2 bulan. Namun ada jarak waktu yang lama dari lagunya selesai dibuat sampai ke penentuan tanggal rilis resminya. Penulisannya kurang lebih 2-3 minggu di September-Oktober 2022, sementara produksi lagunya memakan waktu satu bulan, yakni pada Juni 2023.

Aziz sendiri mengawali karier bermusiknya sebagai penyanyi cover lagu-lagu populer dari sejumlah musisi ternama. Lagu pertama yang dia cover adalah Love Yourself milik Justin Bieber yang diunggahnya di Instagram pada 2016, mengingat lagu tersebut sangat hits pada masanya.

"Tantangan menyanyikan lagu cover adalah bagaimana cara membuat lagu tersebut jadi versi kita, misalnya mengubah genre dari pop ke pop R&B," ujarnya.

Awalnya pria kelahiran 20 Juni 2000 tersebut meng-cover lagu-lagu tersebut dengan minus one atau yang biasa disebut backing track. Sampai akhirnya setelah lulus SMA, Aziz berkeinginan untuk membuat video cover-nya memiliki kualitas tinggi dari segi audio dan visual.

Tak puas dengan mengunggah video berdurasi 15 detik di Instagram, dia lantas beralih ke kanal YouTube pribadinya sejak 2019. Sampai saat ini Aziz telah mempublikasikan puluhan video cover lagu dan telah memiliki sebanyak 56,9 ribu subscribers atau pelanggan di kanal YouTube­­-nya.

"Saat itu mulai pakai vendor, musik dan aransemennya dibuatkan, recording-nya juga di studio, kira-kira bisa habis kurang lebih hampir 2 juta untuk 1 video," kata Aziz.

Kegemarannya dalam meng-cover lagu tersebut, akhirnya membuat Sony Music Indonesia menyadari bakatnya. Aziz pun mulai menapaki industri musik di bawah naungan salah satu label musik terbesar di tanah air tersebut sejak 2022. Kemudian dia merilis lagu debutnya yang berjudul Somebody's Pleasure pada 27 Januari 2023 lalu.

Tak butuh waktu lama, lagu ini langsung viral di media sosial seperti TikTok dan Instagram. Prestasinya di tangga lagu pun tak kalah membanggakan. Somebody's Pleasure berhasil masuk ke tangga lagu Viral 50 Spotify Indonesia, kemudian berlanjut ke tangga lagu Viral 50 di 13 negara dengan memuncaki peringkat di Indonesia, Malaysia, Filipina.

Berkat respon yang positif dari pendengar lagu Somebody's Pleasure di Spotify, Aziz terpilih menjadi salah satu artis yang muncul di program Radar Spotify Indonesia. Dalam program tersebut, Aziz tampil bersama 9 artis lainnya, beberapa di antaranya seperti Naura Ayu dan Andi Marito.

Sebagai artis yang terpilih menjadi duta Spotify Radar Global mewakili Indonesia, potret Aziz secara eksklusif terpampang di papan reklame New York Times Square, Amerika Serikat di penghujung Agustus 2023. 

Sebagai bentuk perayaan atas kesuksesannya, Aziz menggelar showcase perdananya yang digelar di dua tempat, yakni di Titik Temu M-Bloc pada 20 Juni dan Titik Temu Cipete 23 Juni 2023. Kemudian pada hari yang sama, Aziz akhirnya merilis singel keduanya yang bertajuk No More You and I.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Desain Unik Asus Vivobook S 15 OLED BAPE Edition Jadi Incaran Kolektor

BERIKUTNYA

4 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menentukan Shade Foundation Makeup

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: