Ilustrtasi (Sumber foto: Unsplash/Alex Haney)

Melihat Pesan di Balik Logo Baru Facebook, Apa yang Berbeda?

22 September 2023   |   14:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Meta sedang melakukan penyegaran besar untuk media sosial Facebook. Kali ini, mereka berfokus  merombak sistem identitas Facebook melalui beragam cara, termasuk pergantian logo. Perubahan identitas ini bukanlah yang pertama untuk platform tersebut.

Sebagaimana diketahui, logo Facebook telah mengalami banyak perubahan sejak pertama kali diperkenalkan pada 2004. Tahun ini, Mark Zuckerberg ini kembali membuat penyegaran logo yang lebih dinamis untuk Facebook.

Baca juga: Cek Harga Meta Verified & Cara Berlangganan Akun Centang Biru di Facebook, Instagram & Threads

Melansir situs resmi Facebook, Meta mendalami warna dasar biru yang identik dengan Facebook untuk membuatnya lebih vibrant dan nyaman dilihat. Jika dilihat sekilas, memang tak terlalu banyak perubahan yang terlihat dari logo Facebook baru dan sebelumnya. Namun, perbedaan jelasnya terlihat pada bentuk huruf ‘F’ sebagai penanda Facebook dengan warna biru yang lebih terang.

“Tujuan kami adalah menciptakan desain logo Facebook baru yang lebih berani, elektrik, dan abadi,” ungkap Meta dalam laman Facebook.

Warna biru elektrik ini menjadi dasar logo Facebook terbaru dengan outline melingkar yang masih sama dengan logo sebelumnya. Meta lebih menyebut perubahan logo ini sebagai bentuk penyempurnaan logo dengan elemen kunci identitas Facebook.
 

Logo baru Facebook (Sumber gambar: Meta)

Logo baru Facebook (Sumber gambar: Meta)


Meta menekankan pesan percaya diri dan ekspresi melalui warna inti biru terbaru Facebook. Warna menjadi kunci utama penyempurnaan identitas logo Facebook. Namun, perubahan huruf juga mendorong pesan kontras yang lebih kuat, menonjol, dan segar.

Masih mengunakan font Facebook Sans, Meta melakukan perubahan desain logo 'F' dengan tujuan menyempurnakan warisan identitas dan menciptakan hubungan lebih mudah antara cara tanda kata yang dipasangkan dengan jenis huruf lainnya.

Tampaknya, Meta sengaja tak membuat perubaan besar dalam hal logo. Sebab, Director of Desin Facebook Dave N mengatakan bahwa perubahan ini memang dbuat secara halus tetapi tetap memberi pesan signifikan. “Kami ingin memastikan bahwa logo yang diperbarui terasa familiar, tetapi tetap dinamis, halus, dan elegan dalam pelaksanaannya,” jelas Dave dikutip dari laman Facebook.

Tidak hanya pada logo, Facebook juga medesain ulang palet warna, tipografi, ikonografi, serta reaksi atau emoticon. Ragam perubahan ini didasari dengan 5 palet warna baru yaitu light blue, sky blue, blue, navy, dan dark navy. Kelima warna ini akan menjadi warna dasar identitas Facebook yang mendukung pewarnaan pada fitur lainnya.
 

(Sumber foto: Meta)

(Sumber foto: Meta)

“Kami menciptakan rangkaian warna, nada, dan rasio kontras baru yang terasa unik bagi merek Facebook dan dioptimalkan untuk aksesibilitas,” imbuh keterangan Meta. Tak mengherankan, biru tetap menjadi warna dasar Facebook yang sudah menjadi identitas akar Facebook untuk selanjutnya diadukan dengan spektrum warna lain.

Bagi Meta, warna biru sekunder di samping biru utama dari Facebook dapat menciptakan fleksibelitas sekaligus keseimbangan ekspresi identitas merek mereka.  Begitu pula untuk penyesuaian warna pada reaksi atau emoticon yang dibuat dengan mempertimbangkan paduan warna  dan ikonografi pada Facebook.

Baca juga: Belum Setahun, Meta Hentikan Fitur NFT di Facebook dan Instagram

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Gamer Masuk, Cek Fitur Penunjang Main Gim di Toshiba Gaming TV Z670M

BERIKUTNYA

Film Sijjin Tayang November 2023, Remake Horor Box Office Asal Turki

Komentar

Handoyo Saputra

Handoyo Saputra

26 Sep 2023 - 13:30

Gak terlalu kelihatan bedanya, kalau ga ada pengumuman perubahan logo, pasti aku ga sadar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: