Decoupage ialah seni menempel gambar ke berbagai media.(dok. Naturacraft)

Ingin Kursus Teknik Seni Decoupage? Ini Biaya Kursus dan Alat yang Dibutuhkan

31 July 2021   |   15:34 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Banyak masyarakat yang mengisi waktu luang dengan menjalankan hobi terutama pada masa pandemi Covid-19 ini. Salah satu hobi yang bisa dilakukan ialah membuat kreasi seni dengan sentuhan teknik decoupage.

Mungkin banyak masyarakat yang belum familiar dengan istilah decoupage. Seni kerajinan decoupage sendiri merupakan seni menghias suatu objek dengan menempelkan kertas tissue bermotif –khusus- ke permukaan sebuah objek.

Salah satu kreasi yang bisa dibuat ialah mengaplikasikan seni decoupage ke atas permukaan tas, masker, atau taplak meja. Bagi kalian yang tertarik untuk menekuni hobi ini bisa mulai dengan membeli alat dan bahannya kemudian aplikasikan di permukaan barang yang diinginkan.

Atau jika ingin lebih serius dapat mengikuti kursus cara membuat kerajinan decoupage. Salah satu yang menyediakan kursus kreasi seni dengan sentuhan decoupage sekaligus menjual alat dan bahannya adalah Naturacraft milik Nissa Nuraini.

Nissa mengatakan bahwa peluang dalam mengembangkan bisnis ini masih potensial. Memang pasarnya tidak sebesar produk fesyen, dan lebih spesifik, tetapi karena proses membuatnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, maka pangsa pasarnya sebetulnya masih cukup besar.

Tak sedikit masyarakat yang antusias mengikuti kursus seni kerajinan decoupage. Sebab, meski terlihat mudah, ternyata untuk menempelkan material tissue motif tersebut dibutuhkan keahlian khusus dalam memotong, menggunting, mengelem, dan menempelkannya sehingga menghasilkan seni yang indah.

Ketika mengikuti kursus di Naturacraft, biasanya para peserta akan langsung membeli berbagai alat dan bahan yang ada untuk dipraktekkan di rumah. Tak sedikit pula yang menjadikan sebagai bisnis baru dengan menjual berbagai produk yang telah diberi hiasan decoupage.

“Kami tidak hanya menjual barang,  tetapi juga mengajarkan free tutorial yang diupload ke ig tv atau kalau ada yang mau serius bisa langsung ikut kelas di studio naturacraft atau mengikuti kelas online,” ujarnya.

Adapun biaya untuk kursus offline berkisar antara Rp250.000 hingga Rp1,5 juta sedangkan kursus online mulai dari Rp100.000 hingga Rp1,25 juta, bergantung pada pilihan materi yang ingin diambil.

Sculpture Painting ialah seni lukis 3 dimensi menggunakan bahan decorative plaster dan alat bernama pisau palet.

Sculpture Painting ialah seni lukis 3 dimensi menggunakan bahan decorative plaster dan alat bernama pisau palet. (dok. Naturacraft)

Selain decoupage, Naturacraft juga membuka kelas Sclupture Painting sekaligus menyediakan alat dan bahannya. Untuk kelas sclupture dimulai dari harga Rp350.000. Biasanya untuk kelas online, banyak yang memilih untuk mengikuti kelas Sclupture Painting yaitu teknik seni melukis 3 dimensi dengan media menggunakan pisau, dan plester, atau semen.

“Kelas online sclupture painting ini rata-rata sekitar 10 orang murid perbulan. Rata-rata mengambil kelas yang full course atau beberapa lesson langsung dengan harga kursus Rp6,6 juta. Kalau untuk kelas offline itu normalnya sebulan bisa ngajar 8 kelas dengan total peserta hingga 30 orang, tetapi pada  pandemi ini paling 10 orang,” tuturnya.



Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Perselingkuhan Dalam Film Selesai

BERIKUTNYA

Mengenal Sariamin Ismail, Sosok Perempuan Minang pada Doodle Google Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: