Ilustrasi merencanakan liburan. (Sumber gambar: Freepik/Lifestyle Memory)

5 Kiat Rencanakan Libur Akhir Tahun

28 August 2023   |   19:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Hawa liburan semakin terasa menuju penghujung 2023. Jika Genhype memiliki rencana untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun teman dengan berwisata, mungkin ini saat yang tepat merencanakannya dengan matang.

Persiapan itu penting untuk melancarkan perjalanan kalian selama menikmati vakansi. Jangan sampai ketika sampai di tempat liburan, kalian malah jatuh sakit, bingung harus kemana saja, atau over budget yang justru bikin pikiran tambah mumet.

Perhatikan juga tempat-tempat yang ingin kalian tuju. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Populix pada 2022 terkait liburan akhir tahun, sebanyak 67 persen responden berencana mengunjungi tempat wisata alam, 65 persen memilih berwisata kuliner, dan sebanyak 48 persen responden berencana untuk sekadar menghabiskan waktu di penginapan seperti hotel alias staycation.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Anti-Mainstream di Indonesia, Wajib Masuk Bucketlist Libur Akhir Tahun!

Nah, buat kalian yang punya niat berlibur, simak kiat-kiat merencanakan liburan berikut ini yuk!


1. Jaga Kesehatan

Hal paling penting sebelum memutuskan untuk berlibur yakni menjaga kesehatan. Dengan memiliki tubuh yang prima, kalian nantinya bisa mengeksplorasi beragam tempat wisata di daerah tujuan liburan. 

Makanlah secara teratur, banyak minum air putih, tidur yang berkualitas dan cukup merupakan tiga kunci sederhana  agar dapat memiliki badan yang sehat. Kesehatan perlu diperhatikan dengan baik saat merencanakan liburan, sehingga kalian tidak mudah jatuh sakit, dan aktivitas liburan nantinya berjalan lancar, seru, serta menyenangkan. 


2. Pesan Akomodasi dan Transportasi Sejak Dini

Menyiapkan akomodasi dan tiket transportasi sedini mungkin, bisa mendukung kelancaran liburan kalian. Jangan lupa, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika booking akomodasi dan tiket transportasi ke daerah tujuan lebih awal loh. Pantau terus promo di laman aplikasi pemesanan tiket maupun akomodasi favorit ya. 


3. Riset 

Cari tahu kegiatan dan tempat wisata di daerah tujuan.  Dengan demikian saat liburan, Genhype bisa memanfaatkan waktu dengan baik dan pada akhirnya dapat menikmati liburan akhir tahun dengan optimal. Sebaiknya hindari tanggal merah agar liburan terasa lebih santai dan menyenangkan.

Perhatikan juga akomodasi maupun transportasi di sekitar tempat menginap untuk memudahkan kamu ke lokasi wisata yang ingin dituju. Tidak ada salahnya juga jika hanya ingin berlibur dengan tenang, memanjakan diri  dengan pijat dan spa, atau sekadar beristirahat di penginapan.


4. Bawa Perlengkapan Secukupnya

Bawalah barang secukupnya sesuai dengan durasi liburan dan kebutuhan. Bahkan kalian bisa membuat jadwal pakaian apa saja yang ingin digunakan untuk menghindari berlebihan membawa barang. 

Begitu pula dengan perlengkapan mandi maupun skincare. Cukup sediakan sesuai kebutuhan selama kalian berlibur saja dengan memanfaatkan botol isi ulang maupun paket skincare mini. Pastikan jangan sampai kerepotan saat tengah berlibur dengan barang bawaan kita sendiri.


5. Nabung Dulu Yuk!

Salah satu aspek yang tidak kalah penting tentunya budget, merencanakan anggaran untuk berlibur tentunya harus dilakukan jauh-jauh hari. Pastikan bahwa memang dana yang dipakai adalah dana yang dianggarkan untuk liburan, jangan sampai kalian memakai dana yang sudah dianggarkan untuk keperluan lainnya, dana darurat contohnya.

Jangan lupa menyusun itinerary atau daftar rencana kegiatan beserta perkiraan biaya yang akan dibutuhkan selama perjalanan ke destinasi wisata tujuan. Dengan begitu, kamu tidak akan over budget

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Cek Kiat Aman Berkendara Saat Berwisata Alam

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Daftar Pemenang Game Terbaik di Gamescom 2023, Siapa Jawara Tahun Ini?

BERIKUTNYA

Catat, Deretan Stasiun LRT Jabodebek Terintegrasi dengan KRL & KA Bandara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: