Penyanyi Jon Kastella (Sumber gambar: tangkapan layar akun IG syarikat_idola_remaja)

Jon Kastella, Musisi dengan Suara Khas & Penuh Melodi Telah Berpulang

28 August 2023   |   18:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka menghampiri insan musik Indonesia. Setelah beberapa waktu lalu penyanyi jazz Cici Sumiati tutup usia, kini vokalis Syarikat Idola Remaja (SIR) Jon Kastella menghembuskan napas terakhirnya. Kabar duka itu disampaikan akun instagram @syarikat_idola_remaja.

Pemilik nama lengkap Suhud Islami Kastella itu dimakamkan di Pemakaman Umum IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat pada Senin, 28 Agustus 2023. Dirangkum dari berbagai sumber, Jon Kastella adalah musisi yang kerap tampil di banyak festival di dalam negeri. Dia juga pernah melakukan kolaborasi dengan musisi legendaris asal Indonesia, yakni Iwan Fals.

Baca juga: Mengenang Arist Merdeka Sirait, Sosok Pejuang Perlindungan Anak Indonesia

Festival-festival yang pernah diikutinya seperti The Other Festival yang diselenggarakan di M Bloc Space, Jakarta, pada 24 dan 25 Juni 2022. Kemudian, I Don't Give A Fest 2022! Pada 14 Mei 2022, Soundrenaline Festival 2022, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, dia juga pernah tampil dalam beberapa acara di salah satu stasiun televisi swasta bersama dengan Syarikat Idola Remaja.

Pria yang akrab disapa Om Jon itu sudah mencintai musik sejak kecil atau pada usia 10 tahun. Rasa itu tumbuh dalam dirinya melalui pertemanannya di sebuah daerah bernama Jatingangor.

Baginya, musik adalah tempat untuk menyalurkan bakat dan minat dalam berkarya. Namanya kian mengudara dalam kancah musik Bandung ketika dia tampil sebagai pembuka di sebuah ajang musik pada 2017.

Musik yang awalanya menjadi sebuah hobi pun pada akhirnya mengalami perubahanan. Dalam akun Instagramnya, dia menulliskan mendapatkan tawaran dari Ari Malibu melalui pesan singkat untuk menjalani rekaman dengan menggunakan perangkat yang dimiliki musisi senior tersebut.

Mereka berbincang pada akhir Desember 2017. Pada saat itu, Ari memintanya fokus, membuat target, timelline, mengambil kesempatan, dan kemudahan yang didapat masa ini.

Dia mendapatkan “wejangan” agar tidak selalu menjadi penyanyi jalanan dan mendorong untuk menjadi musisi profesioinal. Om Jon memulai rekaman pada awal 2018. Sembilan lagu gubahanya pun selesai direkam. Pada saat itu, dia mendapatkan kebebasan untuk berekspresi sambil berperan penuh sebagai produser, music director, dan sound engineer.

Proses rekaman yang dijalani oleh Jon itu bukan tanpa tantangan. Pada suatu hari, ketika rekaman selesai, Ari disebut berlibur sekitar 2 – 3 hari untuk penyegaran demi proses mixing dan mastering.

Kemudian, sebuah virus menyerang komputer, sehingga merusak semua file data – termasuk hasil rekaman. Meskipun tidak bisa diselamatkan, dia bersama dengan Ari kembali melakukan rekaman dari awal dengan semangat yang tidak berkurang.

Jon Kastella dikenal dengan suaranya yang khas dengan serak dan penuh melodi. Dia selalu membawakan musik folk yang merupakan genre andalan dan ciri khas ketika tampil di berbagai ajang di Kota Kembang.

Tidak hanya itu, cara menyanyikan karya dengan nada yang pelan dan lirik nan puitis, Om Jon terlihat seperti seorang storyteller. Dia sempat mengeluarkan sejumlah album, yakni Tamasya Kota, Pengantar Bambu, dan Maka pada 2021 silam.

Pada 2022, dia bersama dengan Syarikat Idola Remaja mengeluarkan SAMARA dengan 6 lagu di dalamnya, yakni Silangan Timur Jauh (Angin Barat), Seribu Pulau, Genderang Perang, Di Ujung Surut (Pelabuhan), Masakan Nusantara, dan Kota yang Masyhur.

Banyak orang mengucapkan duka atas kepergiannya. Iwan Fals yang pernah bekerja sama dengannya membuat sebuah reels tentang sang musisi. “Innalilahiwainnailaihirojiun. Selamat jalan @jonkastella. Damailah selalu di kehidupan berikutnya, insya Allah, amin,” demikian tulisnya.

Syarikat Idola Remaja dan Iwan Fals pernah berkolaborasi dalam sebuah album berjudul Bagimu. Lagu itu oleh Indra Mulyanto, Iwan Fals, dan Syarikat Idola Remaja. Sementara produsernya adalah Rambu Cikal.

Baca juga: Mengenang Kiprah Tina Turner, Ratu Rock n Roll Dunia

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Bosan Tontonan Romantis? Cek 5 Rekomendasi Thriller Korea, Ada Mask Girl & The Glory

BERIKUTNYA

Fakta Konser BLACKPINK di Dodger Stadium LA, Pertama Kali Bawakan Lagu Ready For Love

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: