LRT Jabodetabek saat melintas di atas jalan raya. (Sumber gambar : PT KAI)

7 Fakta LRT Jabodebek, Mulai dari Stasiun, Tarif hingga Metode Pembayaran

28 August 2023   |   12:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek beroperasi mulai hari ini, Senin (28/8/2023). Moda transportasi yang melayani warga DKI Jakarta dan daerah penyangga ini diyakini dapat mengurangi kemacetan dan menekan emisi karbon di wilayah tersebut.

Presiden Joko Widodo saat meresmikan beroperasinya LRT pun berharap agar masyarakat dapat beralih dari transportasi pribadi ke massal. Pasalnya, kendaraan pribadi di Ibu Kota terlampau padat.

Baca juga: Cek Tarif LRT Jabodebek yang Mulai Beroperasi Hari Ini

Buat kalian yang ingin mengurangi kemacetan di Ibu Kota dan daerah penyangga, intip dulu yuk fakta-fakta menarik mengenai LRT. Mulai dari stasiun, tarif, hingga teknologi tanpa masinis. 


1. Punya 18 Stasiun

Terdapat 18 stasiun yang akan melayani pelanggan LRT Jabodebek, di antaranya Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menerangkan bahwa stasiun-stasiun LRT Jabodebek berada di lokasi-lokasi strategis mulai dari kawasan perumahan hingga kawasan bisnis. “Tujuannya untuk memudahkan para penglaju bertransportasi dari dan menuju ibu kota atau wilayah lainnya,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Hypeabis.id, Senin (28/8/2023).


2. Ada 2 Tipe Stasiun

Stasiun LRT terdiri atas dua tipe, yakni tipe Interchange Station dan Typical Station. Stasiun Cawang merupakan Interchange Station dikarenakan merupakan stasiun persimpangan atau stasiun transit. 

Joni menyampaikan pelanggan dari stasiun Harjamukti yang ingin menuju ke arah Stasiun Jatimulya dapat berhenti dulu di Stasiun Cawang dan berganti kereta tujuan Stasiun Jatimulya, maupun sebaliknya. 

Sementara itu, 17 stasiun sisanya merupakan Typical Station. Perbedaan dari tipe stasiun ini adalah jumlah jalur, luas stasiun, dan fasilitas tambahan yang ada di dalamnya. 

Interchange Station terdiri atas 3 lantai di mana lantai 1 yaitu area boarding dan komersial, lantai 2 area peron, dan lantai 3 adalah area komersial. Sedangkan untuk Typical Station terdiri atas 2 lantai, dimana lantai 1 adalah area boarding dan lantai 2 merupakan area peron.
1
2


SEBELUMNYA

Jadwal FIBA Basketball World Cup 2023 Hari Ini, Kontra Brasil vs Spanyol Bakal Panas

BERIKUTNYA

Konsol Game Handheld Naik Pamor, Begini Saran Streamer Gim dan Pengamat Teknologi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: