Cici Sumiati (Sumber gambar: Instagram/cicisumiati65)

Penyanyi Jazz Cici Sumiati Tutup Usia, Ini Perjalanan Kariernya

20 August 2023   |   17:44 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kabar duka datang dari industri musik Indonesia. Penyanyi jazz senior Indonesia Cici Sumiati menghembuskan napas terakhirnya ketika sedang manggung di Bandung, Jawa Barat. Kabar tentang kepergian sang penyanyi disampaikan oleh pengamat musik Stanley Tulung melalui unggahan akun media sosial instagramnya. 

Stanley menuliskan bahwa diri dikejutkan oleh beberapa pesan melalui aplikasi whatsapp yang menyebutkan bahwa Cici Sumiati berpulang di Bandung, Jawa Barat. "Selamat jalan menuju keabadian sejati semoga lapang jalanmu di sana dan juga tenang di sisi-Nya," demikian tulis Stanley. 

Terkait kepergian sang penyanyi, musisi Franky Sadikin juga mengucapkan dukanya melalui akun instagram miliknya. Dalam komentar unggahan foto Cici pada 10 Agustus 2023 silam, dia menuliskan Rest in Peace Cici Sumiati. Dalam kolom komentar itu, dia juga menyertakan ikon hati sebanyak tiga. 

Baca juga: Alunan Sejarah Musik Jazz, dari Afro-Amerika di New Orleans untuk Dunia

Selain Franky, sejumlah pemilik akun instagram juga mengucapkan bela sungkawa atas kepergian sang penyanyi tersebut. Mereka mendoakan agar almarhumah mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. 

Kemudian, penyanyi senior Indonesia Atiek CB juga mengucapkan selamat jalan kepada sang penyanyi. Melalui akun @atiekcbsunglasses, dia menuliskan bahwa Cici adalah penyanyi yang hebat dari Blitar. "Selamat jalan @cicisumiatinew. Rest in Love," tulisnya. 

Atiek mengunggah sejumlah foto bersama dengan Cici di akun instagramnya. Mereka berdua menggunakan kacamata dalam setiap unggahannya. 

Selain itu, musisi lainnya yang juga mengucapkan turut berdukacita atas kepergian Cici adalah Nicky Astria. Wanita yang dikenal sebagai salah satu roker perempuan Indonesia itu menuliskan komentarnya di unggahan Atiek CB. 

Dalam unggahan akun instagram @Cicisumatinew per 10 Agustus 2023, sang penyanyi terlihat mengunggah sejumlah momen dengan pakaian berwarna merah. 

Dirangkum dari berbagai sumber, sang penyanyi tiba-tiba jatuh ketika sedang bernyanyi di sebuah acara di Bandung, Jawa Barat. 


Perjalanan Karier Cici Sumiati

Dirangkum dari berbagai sumber, Cici adalah seorang penyanyi dengan genre jazz asal Blitar, Jawa Timur. Dia bersama dengan almarhum Christ Khayatu telah merilis beberapa album. Beberapa di antaranya berhasil mencetak hit tenar. 

Cici adalah salah satu penyanyi tenar Indonesia era 1980an. Bakat wanita yang lahir pada 13 Februari 1965 itu sudah terlihat sejak kecil. 

Saat di Blitar, berbagai ajang diikutinya. Tidak hanya itu, dia juga tercatat selalu menjadi juara sampai pada suatu ketika tidak boleh ikut sebuah kejuaraan karena tidak memberikan kesempatan kepada yang lain. 

Setidaknya, 10 kali juara sudah diraihnya baik tingkat kabupaten, kota madya, atau pun umum. Tidak hanya itu, putri dari pemain Srimulat yang bernama Sumiati itu juga kerap bernyanyi bersama dengan Nunung ketika di Surabaya dalam peran kecilnya sebagai sinden di grup lawak itu. 

Dari Blitar, dia pindah ke ibu kota untuk bersekolah. Meskipun begitu, aktivitasnya dalam berkesenian tidak pernah padam. Saat sedang ikut sang bunda show, dia bertemu dengan penyanyi Idang Rasjidi. 

Kemudian, penyanyi jazz itu mengajaknya bernyanyi secara reguler di Jaya Pub milik Rima Melati dan Frans Tumbuan. Dia bernyanyi selama 2 tahun, yakni dari sekitar 1983an. 

Pertemuan dengan Idang juga membuatnya berubah haluan dari penyanyi pop menjadi jazz. Dia pertama kali rekaman pada 1982 atau 1983. Pada saat itu, album pertamanya yang memiliki genre musik pop berjudul Rindu yang rilis pada 1984.

Selama berkarier sebagai seorang musisi, dia juga tercatat telah menghasilkan sejumlah album. Selain Rindu, ada juga album Hanya Untuk Mu (1986),Gejolak Cinta (1986),  Ada Damai di Sisi Dirimu (1994), dan sebagainya. 

Pada 2016, dia juga kembali ke dapur rekaman, terlibat dalam album Pesona Cinta oleh komposer Bayu Wargo. Dalam album ini, dia menyanyikan lagu bertajuk Desember.

Dalam bermusik, dia juga pernah menyanyikan lagu Mandarin. Selain itu, dia juga belum memiliki album dengan genre dangdut. Menurutnya, cengkok yang dimiliki oleh penyanyi dangdut tidak mudah. Cici juga tercatat pernah tampil di berbagai ajang, baik Rukun Tetangga (RT) sampai dengan di luar negeri. 

Selain bernyanyi, dia juga pernah mencicipi industri seni peran dengan memainkan 5 judul sinetron. Empat di antaranya memiliki peran protagonis. Sementara satu lainnya adalah berperan antagonis. 

Perkenalan dengan industri seni peran berawal ketika menjalani sebuah pertunjukan di perusahaan di Papua bersama dengan aktris Meriam Bellina. Dalam sebuah perbincangan, Meriam Bellina menawarkan untuk ikut produksi di rumah produksi yang dimiliki pada saat itu.

Judul-judul karya yang pernah dimainkan Cici seperti Emosi, Bundaku Terpidana, Panggil Aku Prita, dan lain-lain.

Baca juga: 63 Tahun Perjalanan Karier Bob Tutupoly, dari Penyanyi Jazz sampai Pembawa Acara

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Tip Berkompetisi dalam Lomba Lari di Tengah Kepungan Polusi Udara

BERIKUTNYA

Tyas Mirasih Resmi Menikah dengan Tengku Tezi, Cek Busana Pengajian & Pernikahannya yang Anggun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: