Beberapa menu favorit di rumah makan Moerni 78. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Menikmati Ragam Sajian Tempo Dulu di Rumah Makan Legendaris Moerni 78 Yogyakarta

20 August 2023   |   14:22 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Di tengah maraknya makanan kekinian yang berasal dari berbagai negara, kuliner tempo dulu tetap memiliki daya tariknya tersendiri. Di berbagai wilayah di Indonesia, kerap kita jumpai sejumlah restoran atau kafe legendaris yang telah berdiri sejak berpuluh tahun silam.

Di tengah perkembangan zaman, mereka masih berusaha mempertahankan keotentikan sejumlah masakan tempo dulu yang khas. Salah satu tempat makan legendaris yang perlu kalian kunjungi adalah Moerni 78 yang berlokasi di Jalan Tukangan No 45 Tegal Panggung Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta.

Warung satu ini menyajikan berbagai sajian es serut dan hidangan tradisional tempo dulu yang otentik. Kesan nuansa zaman dulu langsung tampak ketika kalian sampai di tempat makan satu ini. Terletak di pinggir jalan raya, area luar bangunan restoran satu ini bergaya arsitektur kafe tempo dulu dengan tulisan nama Moerni 78 yang tampak retro.
 

Suasana di rumah makan Moerni 78. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Suasana di rumah makan Moerni 78. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Nuansa itu juga kian terasa ketika kalian masuk ke dalam tempat makan tersebut. Desain rumah makan ini tampak masih mempertahankan interior vintage khas tempo dulu baik pada furnitur maupun dekorasi dindingnya. Terasa seperti berada di ruang waktu tertentu.
 
Melansir dari laman Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, seperti namanya, rumah makan Moerni 78 berdiri sejak 1978. Sebelum menjadi tempat makan, Moerni 78 dulunya merupakan sebuah pabrik es. Bangunan tersebut kemudian dibangun menjadi rumah makan dengan nama Moerni 83 yang menyesuaikan nomor rumah.
 
Namun, nomor rumah tersebut kini sudah berganti menjadi 45, sehingga penamaan Moerni 78 dipilih menyesuaikan tahun pertama rumah makan tersebut dibuka untuk pengunjung. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Moerni 78 (@moerni78)


 
Menu favorit di rumah makan Moerni 78 adalah Bestik Komplit dan Es Teler. Menggunakan resep turun temurun, kedua kuliner andalan rumah makan ini hampir selalu cepat habis setiap harinya. Kesegaran es teler Moerni 78 yang berisikan alpukat, nangka, kelapa muda, roti, jelly, santan, kental manis ini telah melegenda sehingga dalam sehari dapat terjual 60-100 porsi.
 
Belum lama ini, Hypeabis.id mencicipi langsung beberapa menu yang menjadi rekomendasi di rumah makan Moerni 78 yakni Es Teler Durian, Es Roti Susu Cokelat, dan Es Lontrong. Pada dasarnya, ketiganya terdiri dari beragam isian yang dipadukan dengan es serut, sirup, dan kental manis. Ketiganya memiliki cita rasa yang manis dan segar.
 
Satu hal yang membedakan tiga menu tersebut ialah topping atau isiannya. Es Teler Durian terdiri dari durian, alpukat, kelapa muda, nangka, jeli, tape ketan, roti, santan, sirup, dan creamer, sedangkan es roti susu coklat terdiri dari isian roti, santan, sirup, dan kental manis cokelat. Adapun Es Lontrong terdiri dari bubur kacang hijau, jeli, roti, santan, sirup framboze, dan creamer.
 
Selain ketiga menu tersebut, masih banyak aneka es bersantan lainnya yang khas dari Moerni 78 yakni Es Teler, Es Durian, Es Roti Kelapa Muda, Es Roti, Es Burjo, Es Burjo Komplit, Es Dawet, Es Dawet Komplit, Es Kelapa Muda Susu, Es Cincau Brown dan Es Cincau Pink.
 
Jika kalian tidak suka minuman bersantan, ada pula aneka menu es lainnya seperti Es Campur, Es Setup Nanas, Es Kelapa Muda Jeruk Nipis, Es Kelapa Muda Lychee, dan Es Buah.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Moerni 78 (@moerni78)


Tak hanya menu es bersantannya yang ikonik, Moerni 78 juga menyediakan beragam hidangan tradisional khas tempo dulu yang sebagian besar merupakan masakan oriental. Salah satu menunya yang menjadi andalan yakni Bestik Komplit yang terdiri dari daging sapi, telor ceplok, kentang, wortel, buncis, timun, selada, tomat, dan saus asam manis.
 
Selain Bestik Komplit, sejumlah menu lainnya yang tak kalah menarik untuk dicoba yakni Chickstik Komplit, Nasi Bakmoy Ayam, Lontong Opor Ayam, Nasi Opor Ayam, Bakso Kuah, Tahu Telor, Gado-Gado Lontong, Mie Yamin, Nasi Pecel, dan Nasi Rawon Ayam. Sebagai makanan ringan, ada menu pangsit goreng dengan isian ayam dan udang yang lezat.
 
Untuk menikmati semua menu yang lezat tersebut, kalian tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Sebab, seluruh harga menu yang ada di Moerni 78 tergolong masih terjangkau dengan rentang harga mulai dari Rp2.000-Rp24.000. Tak heran, jika resto satu ini bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga orang dewasa.

Baca juga: Kuy Mampir ke 5 Tempat Kuliner Malam Legendaris di Jakarta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Hypereport: Menaklukkan Langit dengan Keberanian, Potensi Olahraga Ekstrem Udara di Indonesia

BERIKUTNYA

Sinopsis Drama Korea Mask Girl, Kisah Seleb Internet Bertopeng yang Terjerat Kasus Pembunuhan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: