Ilustrasi kereta bawah tanah-Elena Saharova (Sumber gambar: Pexels)

Ini Lho 4 Kereta Bawah Tanah Tertua di Dunia

28 July 2021   |   17:03 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Transportasi kereta bawah tanah atau metro, kini telah menjadi moda angkutan umum pilihan kota-kota metropolitan di dunia yang masyarakatnya beraktivitas dengan mobilitas tinggi. Meski mass rapid transit (MRT)  terbilang anyar untuk masyarakat Indonesia, nyatanya kereta bawah tanah memiliki sejarah panjang sejak 156 tahun yang lalu.

Sistem angkutan cepat, kereta bawah tanah, atau metro sendiri merupakan sebuah jalur rel penumpang listrik di wilayah dalam kota dengan kapasitas dan frekuensi yang tinggi, dan pemisahan jalur dari sistem transportasi lainnya. 

Salah satu moda transportasi itu umumnya ditempatkan di terowongan bawah tanah atau rel melayang yang berada di atas tanah. Di luar wilayah perkotaan, jalur angkutan cepat bisa saja dibuka di permukaan tanah dengan jalur terpisah.

Meski belum diketahui dengan pasti kapan sistem kereta bawah tanah dikembangkan, berikut ini adalah 4 metro tertua di dunia yang berhasil dirangkum oleh Hypeabis.id. Kepoin yuk Genhype.
 

1. London Underground

Sebagai sistem kereta bawah tanah tertua di dunia, London Underground tercatat dibuka pertama kali pada Januari 1863 dan saat ini menjadi sistem kereta bawah tanah tersibuk ke-12 di dunia. Kereta pertamanya menghubungkan distrik Paddington dan Farrington yang berupa lokomotif uap.

Selain itu, London Underground  juga pernah digunakan sebagai tempat perlindungan bom selama Perang Dunia II. Hingga saat ini, sistem kereta bawah tanah itu masih bisa diakses oleh para pelancong di London.
 

Ilustrasi- Markus Winkler (Unsplash)

Ilustrasi- Markus Winkler (Unsplash)
 

2. Metro Budapest

Sistem kereta bawah tanah tertua kedua di dunia diduduki oleh Metro Budapest. Sebagai salah satu situs warisan dunia Unesco, metro yang memiliki jalur M1 itu mulai beroperasi pada Mei 1886. Jalur tersebut terus mengalami perkembangan yang memiliki empat jalur dengan masing-masing warna tertentu.

Jika kamu pernah berkunjung ke Budapest, kamu harus mencobanya. Sebab, selain adanya metro, situs Budapest juga memiliki museum yang bisa menambah wawasan tentang sistem metro bersejarah itu.
 

3. Kereta bawah tanah Glasgow

Sebagai salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di Skotlandia, Glasgow tentu saja merupakan destinasi liburan yang sangat menarik. Salah satunya adalah adanya jaringan kereta bawah tanah tertua Glasgow yang sudah beroperasi sejak Desember 1896.

Jika kamu memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Glasgow, kamu wajib mencoba kereta bawah tanah tersebut. Kamu akan merasakan sensasi kereta yang sangat cepat dengan efisiensi waktu berjalan setiap 6 sampai 8 menit.
 

4. Chicago “L”

Sistem kereta cepat layang Chicago ini mulai beroperasi pada Juni 1892 sehingga membuat itu menjadi sistem transit terbesar keempat di Amerika Serikat. Memiliki delapan garis yang dikenali dengan kode warnanya, kereta bawah tanah tersebut  juga termasuk salah satu keajaiban terbesar di Chicago, menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh Chicago Tribune pada tahun 2005 silam.



Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Instagram Proteksi Remaja dari Kejahatan Siber, Hore Bebas Berekspresi!

BERIKUTNYA

5 Game First Person Shooter yang Wajib Kalian Coba Mainkan di Nintendo Switch

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: