Ilustrasi masakan udang (Sumber gambar: Farhad Ibrahimzade/Unsplash)

Resep Tumis Udang Bawang Putih, Menu Praktis yang Maknyus!

13 August 2023   |   13:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Udang merupakan salah satu jenis seafood atau makanan laut yang digemari banyak orang. Tekstur dagingnya yang padat dan juicy, membuat udang nikmat diolah menjadi menu apapun. Makanan laut satu ini juga terbilang mudah ditemui sekaligus diolah. Kalian bisa menumisnya dengan bawang putih ataupun menggorengnya dengan tepung.

Banyak makanan yang menggunakan udang baik sebagai lauk utama maupun pendamping, seperti udang saus tiram, peyek udang, hingga tumis udang bawang putih. Di pasaran, ada beberapa jenis udang yang biasanya diolah yakni udang putih, udang cokelat, rock shrimp, pink shrimp, tiger shrimp, dan spot shrimp.

Baca juga: Resep Beef Teriyaki Ala Hokben Untuk Hidangan Bersama Keluarga

Seperti kebanyakan makanan laut, memasak udang juga terbilang sederhana karena tidak membutuhkan waktu yang lama. Biasanya, udang hanya perlu dimasak 2-3 menit agar tekstur dagingnya masih juicy dan tidak alot. 

Tak hanya enak, udang juga mengandung banyak nutrisi termasuk yodium dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Ada berbagai manfaat mengonsumsi udang untuk kesehatan tubuh diantaranya sebagai sumber vitamin B, membantu penurunan berat badan, membantu membangun otot, hingga meningkatkan peremajaan kulit.

Bagi kalian yang ingin memasak menu udang hari ini, tak ada salahnya membuat tumis udang bawang putih yang simpel dan praktis sebagai menu makan siang bersama keluarga di rumah. Berikut resepnya yang bisa kalian coba.


Resep Tumis Udang Bawang Putih

Bahan-bahan:
  • 500 gram udang berukuran sedang
  • 6 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah, cincang kasar
  • 1 buah cabai merah besar
  • 2 cm jahe, kupas
  • 1 batang serai, pakai bagian putihnya
  • 2 sdt gula merah parut
  • 1 sdm perasan jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
 

Ilustrasi masakan udang (Sumber gambar: Farhad Ibrahimzade/Unsplash)

Ilustrasi masakan udang (Sumber gambar: Farhad Ibrahimzade/Unsplash)

Cara Membuat:
  1. Cuci udang dan kupas kulitnya serta sisihkan bagian kepala dan ekornya. Pastikan kotoran udang juga sudah diambil dan bersihkan menggunakan air bersih lalu sisihkan.
  2. Haluskan bawang putih, jahe, bawang merah, serai, dan cabai merah besar menggunakan food processor atau blender lalu sisihkan.
  3. Panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis bumbu dengan api sedang hingga harum.
  4. Setelah itu, masukkan udang yang telah dicuci bersih dan masak hingga warnanya berubah menjadi kemerahan. 
  5. Tambahkan garam, gula merah, dan perasan jeruk nipis dan aduk merata hingga udang matang. Koreksi rasa sesuai selera. Tumis Udang Bawang Putih pun siap dihidangkan.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Polusi Udara Bikin Kulit Rusak, Begini Cara Mengatasinya

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi OOTD Kebaya dengan Sneakers, Anggun sekaligus Stylish!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: