Hari Kucing Internasional (Sumber Foto: Freepik)

Hari Kucing Internasional 8 Agustus: Sejarah, Ucapan, & Cara Merayakannya

08 August 2023   |   10:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 8 Agustus masyarakat di seluruh dunia sedang merayakan Hari Kucing Internasional. Momentum ini mengingatkan kita semua betapa berharganya hewan berbulu yang menggemaskan tersebut. Mereka layak mendapatkan kasih sayang, makanan yang berkualitas, dan tempat tinggal yang nyaman. 

Kucing adalah hewan yang menggemaskan yang identik dengan julukan anabul atau anak bulu. Karakteristik hewan ini sangat mandiri, punya rasa ingin tahu yang tinggi, dan suka berpetualang, meskipun kadang suka malas-malasan dan hanya tidur seharian.

Baca juga: Kisah Kucing British Shorthair yang Sukses Jadi Influencer dari Program Affiliate

Bertepatan dengan Hari Kucing Sedunia 2023 ini, hendaknya para pemilik kucing bisa meluangkan waktu sejenak minimal 5 menit sehari untuk bermain dengan kucing peliharaannya. Sama seperti anjing yang harus di ajak jalan-jalan setiap hari, kucing juga membutuhkan interaksi yang sering dengan pemiliknya supaya tetap aktif dan bahagia. 

Mengutip dari national today, pada era peradaban mesir kuno kucing dianggap sebagai dewa pelindung yang dipuja oleh semua orang. Mafdet merupakan dewa kucing pertama yang dipercaya sebagai pelindung dari ular, kalajengking, dan kejahatan.

Setelah Dinasti Mesir runtuh, Kucing jadi hewan yang sangat populer di berbagai negara. Orang Yunani dan Romawi menggunakannya sebagai pengendalian hama. Sementara di negara-negara timur tengah, kucing hanya dipelihara oleh orang kaya.

Namun selama abad pertengahan di Eropa, kucing dikaitkan dengan takhayul, terutama kucing hitam yang disebut sebagai jelmaan setan. Pada masa itu banyak kucing yang dibunuh secara masal. Namun, dalam sekejap orang-orang menyadari bahwa ini adalah tindakan yang fatal.

Kala itu Eropa sedang berada di era The Black Death pada 1348, di mana masyarakatnya dilanda wabah penyakit pes dari bakteri yersinia pestis. Penyebaran wabah tersebut bermula dari seranggga, umumnya kutu yang menginfeksi hewan pengerat seperti tikus dan marmot, kemudian menulari manusia.

Pada masa itu populasi tikus-tikus sangat menggila, hewan pengerat itu beranak pinak tak terkendali. Sementara kucing sebagai predator, populasinya justru menurun drastis sehingga menyebabkan wabah kian meluas. Akhirnya penyakit tersebut menghilang selama musim dingin, saat sebagian besar kutu tak aktif, meski kadang bisa muncul lagi saat musim semi.

Mengingat banyak kucing-kucing yang hidupnya tak layak, mulailah muncul sejumlah organisasi yang melindungi kesejahteraan anabul. Misalnya International Fund for Animal Welfare (IFAW) yang didirikan pada 2002. IFAW adalah sebuah organisasi kesejahteraan hewan terbesar di dunia yang berbasis di Kanada.

Hari Kucing Internasional pertama kali dicetuskan oleh IFAW, kemudian pada 2020 diteruskan ke International Cat Care, sebuah badan amal di Inggris. Cat Care didirikan pada1958 oleh pecinta kucing yang aktif mengedukasi ornag-orang tentang kesehatan dan kesejahteraan kucing. 

Selain hari kucing sedunia, beberapa negara juga punya hari Kucing nasional untuk meningkatkan kesadaran tentang adopsi kucing. Seperti Kanada dan AS yang merayakan Hari Kucing Nasional pada 8 Agustus dan 29 Oktober, sedangkan Rusia pada 1 Maret. Sedangkan di Jepang, peringatan Hari Kucing Nasional jatuh pada 22 Februari yang disebut Nyan Nyan Nyan Day.

Orang-orang di Jepang menyambut hari kucing dengan penuh suka cita. Hari ini akan ada banyak promo di toko-toko hewan peliharaan di Jepang. Nah Genhype, dalam rangka merayakan Hari Kucing Internasional tahun ini, kamu bisa saling membagikan ucapan manis kepada sesama pemilik kucing lainnya dan semua orang di sekitarmu.


Ucapan Hari Kucing Internasional

  1. Anak kucing adalah malaikat yang berkumis, Selamat Hari Kucing Internasional.
  2. Kucing tahu cara mendapatkan makanan tanpa tenaga, tempat berteduh tanpa kurungan, dan cinta tanpa hukuman. Selamat Hari Kucing
  3. Selamat Hari Kucing Sedunia! Semoga cinta dan kasih sayang kita terus mengalir kepada makhluk-makhluk yang indah ini, baik yang ada di pelukan kita maupun yang berlarian di alam liar
  4. Selamat Hari Kucing Sedunia! Jadikan hari ini sebagai kesempatan untuk merayakan semua tingkah lucu dan manis dari kucing-kucing kita yang tak tergantikan.
  5. Kepada semua kucing di dunia, terima kasih atas sentuhan lembut, purr hangat, dan pelajaran tentang cinta tanpa syarat. Selamat Hari Kucing Sedunia!
  6. Pada hari ini, mari kita berterima kasih atas kebahagiaan yang kucing bawa ke dalam hidup kita. Selamat Hari Kucing Sedunia untuk semua pecinta kucing di luar sana!
  7. Pada Hari Kucing Sedunia ini, mari luangkan waktu untuk merawat kucing dengan lebih baik, memberi mereka perhatian yang mereka pantas, dan membuat hari mereka lebih bahagia.
  8. Di Hari Kucing Sedunia ini, mari berjanji untuk selalu melindungi dan merawat kucing-kucing kita dengan baik, karena mereka adalah anggota keluarga yang sangat istimewa.
  9. Pada kesempatan istimewa ini, mari kita rayakan semua kucing peliharaan yang telah membuat hari-hari kita lebih cerah. Selamat Hari Kucing Sedunia!
  10. Selamat Hari Kucing Sedunia! Semoga semua kucing di dunia merasa dicintai, dihargai, dan mendapatkan banyak camilan khusus hari ini.

Baca juga: Street Feeding Dianggap Bikin Populasi Kucing Liar Bertambah, Aktivis Punya Pembelaan

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Resep Matcha Burnt Cheesecake, Dessert Teh Hijau dan Keju yang Lembut dan Creamy

BERIKUTNYA

Pertaruhan Sutradara Fajar Nugros Garap Genre Suspense-Thriller di Film Sleep Call

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: