Matcha Burnt Cheesecake (Sumber Foto: Just One Cookbook)

Resep Matcha Burnt Cheesecake, Dessert Teh Hijau dan Keju yang Lembut dan Creamy

08 August 2023   |   08:45 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Matcha burnt cheesecake adalah dessert yang memiliki perpaduan rasa teh hijau dan keju. Bagian dalamnya lembut dan creamy, sedangkan bagian luarnya sedikit terbakar memberi rasa gurih dan manis khas karamel. Kudapan manis ini cocok sebagai makanan penutup atau camilan teman minum teh.

Menu ini memiliki rasa yang mirip seperti cheesecake karamel atau kue keju creme brûlée. Versi aslinya bernama Basque Cheesecake dibuat pada 1990 oleh seorang koki bernama Santiago Riveradari di sebuah restoran bernama La Viña di San Sebastian, Spanyol. 

Baca juga: 5 Perbedaan Matcha Seremonial & Kuliner, Beda Rasa, Warna & Harga

Kemudian dessert ini populer di Jepang dengan ditambahkan matcha, yakni teh hijau khas negeri Sakura tersebut. Versi Jepangnya memiliki karakteristik tersendiri yakni menggunakan banyak cream cheese atau krim keju. Alhasil, Basque Cheesecake 'gaya Jepang' memiliki tekstur yang lebih ringan dan pulen.

Selain itu dengan rasio telur yang lebih banyak, bagian dalamnya terasa lebih custardy dan creamy. Penggunaan matcha juga memberikan sedikit aroma vanilla yang manis. Apabila kamu ingin membuat Basque Cheesecake versi original tanpa rasa matcha, kamu bisa mengganti matcha dengan jus lemon di resep ini.

Cara membuat matcha burnt cheesecake sangat mudah, walaupun bahan-bahannya terbilang banyak, kamu hanya perlu mencampurnya jadi satu dengan mixer, lalu panggang selama 30 menit dan tiriskan. Saat kamu sedang mencampur bahan, sebaiknya oven sudah dinyalakan terlebih dahulu.

Panaskan oven pada suhu yang lebih tinggi hingga 550ºF (290ºC) selama 30-45 menit. Simpan adonan di rak yang lebih tinggi, sehingga saat panasnya naik bagian atas oven akan menjadi lebih panas. Berhati-hatilah agar baking paper tidak menyentuh oven yang panas.

Selain itu, bahan-bahan yang dicampurkan sebaiknya memiliki suhu yang sama. Kalau sebelumnya disimpan di kulkas, kamu bisa mendinginkannya dulu di suhu ruangan. Hal ini supaya menghasilkan adonan yang halus dan tidak menggumpal. Nah Genhype, yuk simak cara membuat dessert Matcha Burnt Cheesecake di rumah.


Bahan-bahan

  • 250 gr cream cheese
  • 100 gr susu full cream dingin
  • 50 gr whipp cream bubuk
  • 2 buah telur
  • 10 gr tepung maizena
  • 70 gr gula castor/gula halus
  • 1 sdt matcha


Cara Membuat

  1. Mixer whipp cream bubuk dan susu dingin hingga kaku.
  2. Mixer cream cheese dan gula hingga tercampur merata.
  3. Masukkan bahan lainnya mixer kecepatan rendah atau aduk lipat dengan spatula hingga tercampur merata.
  4. Siapkan loyang ukuran 14x7cm yang sudah diberi baking paper,  bagi 2 adonan
  5. Setengah adonan lain beri bubuk matcha.
  6. Selama pembuatan oven sudah di panaskan, oven suhu 230° api atas bawah selama 30-40 menit sampai atasnya terlihat coklat kegelapan.
  7. Biarkan dingin di suhu ruang lalu simpan di chiller minimal 3 jam, lebih bagus semalaman.
  8. Matcha burnt cheesecake siap disajikan.
 
Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

4 Item Fesyen Timeless Wajib Ada di Lemari

BERIKUTNYA

Hari Kucing Internasional 8 Agustus: Sejarah, Ucapan, & Cara Merayakannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: