Sorbet Jeruk Mangga (Sumber Foto: foodaciously)

Resep Sorbet Jeruk Mangga yang Manis dan Segar, Hidangan Penutup yang Populer di Italia

27 July 2023   |   19:08 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sorbet merupakan salah satu kudapan manis yang menyegarkan. Makanan ini bisa disajikan sebagai hidangan penutup ataupun camilan kala haus saat cuaca panas. Namun, seringkali sorbet disalahartikan sebagai es krim, padahal keduanya terbuat dari bahan yang berbeda. 

Mengutip dari delicious italy, sejarah sorbet berawal pada zaman dulu sebelum kulkas ditemukan. Nenek moyang kita menggunakan salju untuk mengawetkan makanan mereka. Biasanya para pedagang mengumpulkan salju di dalam gua-gua besar dan menjualnya kepada orang-orang.

Kemudian penduduk Sisilia, Italia, mencampurkan salju dari gunung Etna dengan jus lemon atau susu almond untuk membuat minuman yang menyegarkan selama musim panas yang terik. Inilah yang menjadi cikal bakal terciptanya resep sorbet.

Sorbet sendiri terbuat dari buah-buahan, bisa dari puree buah ataupun jus buah. Kemudian diolah bersama pemanis tambahan dan disajikan sebagai dessert. Apabila kamu sedang diet, sebaiknya tidak perlu menambah pemanis lagi sehingga memiliki rasa alami dari buah.

Sementara es krim, seperti namanya tentu dibuat dari krim dan susu sapi, ada juga yang ditambahkan kuning telur dan pemanis. Hal ini membuat es krim memiliki kandungan lemak lebih tinggi dari sorbet. Dari teksturnya pun, es krim terasa lebih creamy dan ringan karena dikocok dengan kecepatan tinggi sehingga berisi banyak udara.

Adapun sorbet rasanya tidak selembut es krim karena berasal dari buah yang dibekukan lalu dihaluskan lagi. Namun, sorbet juga tetap harus memberikan tekstur slushy atau lembut. Inilah kenapa proses membuatnya pun membutuhkan kesabaran karena diperlukan waktu beberapa jam.

Buah yang dibekukan diblender sampai halus lalu dibekukan kembali dalam freezer. Setiap 40 menit sekali keluarkan, lalu hancurkan kembali es dengan menggunakan garpu, aduk rata, dan kembali bekukan. Tujuannya supaya tekstur es secara merata terkristalisasi. Lakukan hal yang sama sebanyak dua sampai tiga kali hingga kamu menemukan tekstur sorbet yang diinginkan.

Supaya makin nikmat, jangan lupa tambahkan air jeruk lemon ke dalam campuran sorbet agar cita rasanya terasa lebih segar. Apabila kamu merasa sorbetmu terasa asam dan kecut, tambahkan madu atau gula bubuk lalu blender bersama bahan utama.

 

Ilustrasi sajian sorbet (sumber foto freepik)

Ilustrasi sajian sorbet (sumber foto freepik)


Selain mengga dan jeruk, kamu juga bisa bereksperimen dengan jenis buah-buahan lainnya. Misalnya stroberi, pisang, apel, bauh naga, dan lainnya sesuai seleramu. Kamu bisa membuatnya dengan prosedur yang sama. Nah Genhype, yuk simak cara membuat Sorbet Jeruk Mangga yang menyegarkan.

Baca juga: Resep Creme Brulee, Dessert Karamel Gosong yang Populer di Eropa

Bahan-bahan

  • 500 g daging buah mangga
  • 250 ml jus jeruk
  • ½ sdm air jeruk lemon
  • 2 sdm madu
Cara Membuat
  1. Potong-potong buah mangga, bekukan dalam wadah plastik di freezer lalu keluarkan
  2. Masukkan jus jeruk, daging buah mangga, madu, dan air jeruk lemon ke dalam blender, lalu haluskan
  3. Tuang ke dalam wadah lalu simpan ke dalam freezer selama 40 menit hingga mengeras dan keluarkan, aduk dan hancurkan menggunakan garpu.
  4. Bekukan kembali selama 30-40 menit dan ulangi proses mengaduk menggunakan garpu.
  5. Simpan kembali dalam freezer selama 30-40 menit
  6.  Sorbet jeruk mangga siap disajikan.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Misi Re.juve Sebarkan Gaya Hidup Sehat Lewat Kombinasi Sayur & Buah

BERIKUTNYA

Spesifikasi, Fitur & Harga Resmi Samsung Galaxy Watch6 Series di Indonesia 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: