Ilustrasi Tomyam, salah satu kudapan yang bisa dimasak dengan rice cooker. (Sumber gambar: Unsplash/ Hazim Abd)

Cek 5 Resep Makanan Sederhana Pakai Rice Cooker, Cocok Untuk Anak Kos

19 July 2023   |   12:31 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Memasak berbagai hidangan tidak harus merepotkan, terlebih bagi anak kos yang harus hidup hemat. Namun, dengan memanfaatkan rice cooker nyatanya ada banyak kudapan sederhana nan lezat untuk menjaga kondisi kalian tetap prima dan irit di kantong.

Tak hanya itu, selain mengurangi proporsi ruang kos yang tidak terlalu besar, barang serbaguna ini juga lebih ringkas dan praktis dalam proses memasak. Kalian bisa membuat nasi, sayur, bubur, sup, hingga kue dengan satu alat saja.

Baca juga: 4 Resep Lezat Andalan Anak Kos, Cukup Masak Pakai Rice Cooker

Nah, bagi mahasiswa baru yang membutuhkan referensi resep makanan simpel dengan penanak nasi untuk memasaknya. Hypeabis.id merangkum beberapa resep maknyus yang bisa kalian menggunakan alat elektronik andalan ini. Yuk simak!


1. Tomyam

Bosan dengan menu yang itu-itu saja? Kalian juga bisa memasak menu andalan dari Negeri Gajah Putih ini dengan menggunakan rice cooker. Caranya pun mudah, yakni siapkan bahan-bahan sesuai selera seperti bakso, daging ayam fillet, daun bawang, wortel, jamur enoki, tahu susu, pakcoy, dan tomyam pasta.

Lalu, rebus air secukupnya hingga mendidih, masukkan tomyam pasta dan wortel hingga setengah matang. Masukkan ayam, bakso. dan daging olahan, aduk hingga agak mengembang dan empuk. Tambahkan jamur enoki, tahu susu, dan pakcoy. Cicipi rasa, lalu angkat dan sajikan.


2. Nasi Liwet Ayam

Siapa bilang anak kos tidak bisa memasak nasi liwet? Dengan rice cooker kamu hanya perlu beberapa bahan yang mudah didapat untuk mengolah makanan khas Solo ini. Siapkan beras, santan, ayam fillet, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, daun salam, lengkuas, kaldu, dan minyak secukupnya. 

Pertama, marinasi ayam fillet terlebih dulu. Lalu tumis bawang merah, bawang putih, daun jeruk, daun salam dan potongan lengkuas dengan minyak secukupnya di rice cooker. Sambil menunggu tumisan, cuci beras hingga bersih lalu sisihkan.

Setelah aroma bumbu menguar, masukkan beras dan santan ke dalam tumisan, lalu tambahkan air secukupnya dan aduk hingga merata. Tunggu nasi liwet hingga sedikit  tanak, dan masukkan ayam fillet. Tunggu hingga nasi dan ayam matang. Nasi liwet siap disajikan.


3. Rica-Rica Ceker

Kudapan pedas yang nampol di lidah ini pun bisa dimasak menggunakan rice cooker. Kalian cukup menyiapkan bahan-bahan meliputi 10 ceker ayam yang sudah dibersihkan, sebatang serai, 2 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, merica bubuk, kecap manis, kaldu jamur, dan gula merah secukupnya.

Adapun untuk bumbu halusnya cukup tambahkan 10 potong cabai rawit, 1 butir kemiri, 2 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 1 ruas jahe, 1 ruas kunyit, setengah sendok ketumbar bubuk, dan seperempat lengkuas. Haluskan semua bumbu menggunakan ulekan atau blender.

Tumis bumbu halus dengan minyak secukupnya di rice cooker hingga harum. Masukkan serai, lengkuas, dan daun jeruk dan salam yang telah dimemarkan. Tambahkan ceker lalu aduk hingga rata dengan bumbu. Masukkan sedikit air, saus tiram, kecap manis, kaldu jamur, dan gula jawa. Tunggu hingga bumbu menyerap sempurna dan ceker matang. Angkat dan sajikan rica-rica di atas nampan.


4. Kolak Ubi

Menu kolak ubi yang identik dengan kudapan manis ini pun juga mudah dimasak dengan rice cooker. Pertama, siapkan bahan yang dibutuhkan meliputi 2 buah ubi ukuran sedang, gula merah secukupnya, 1 buah santan kemasan, 3 gelas air, garam, dan dua lembar daun pandan.

Kupas ubi lalu potong dadu sesuai selera, lalu cuci bersih dengan air mengalir. Masukkan air dan ubi ke dalam panci rice cooker dan masak hingga ubi empuk. Setelah ubi matang tambahkan santan, gula merah, dan pandan ke dalam adonan. Aduk-aduk semua bahan hingga mengental. Sajikan kolak ubi selagi hangat di atas mangkok.


5. Sayur Bayam Jagung

Sayur sop juga bisa menjadi menu sehat andalan yang bisa kalian masak dengan rice cooker. Pertama, siapkan bayam yang telah disiangi, jagung pipil, dan wortel. Kemudian potong bawang merah, bawang putih dan kuas temu kunci untuk menghilangkan bau tanah dari daun bayam.

Setelah itu, masukkan air dan rebus hingga mendidih. Tambahkan irisan bawang merah dan bawang putih ke rebusan air. Lalu masukkan wortel dan tunggu hingga empuk. Tambahkan jagung pipil ke dalamnya, dan terakhir masukkan bayam yang telah dicuci bersih. Aduk sebentar kurang lebih 2 menit. Tambahkan garam, gula pasir, kaldu jamur, dan koreksi rasa. Sajikan selagi hangat.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jelang Pekan Kedua, RRQ Masih Kuasai Klasemen Sementara Regular Season MPL ID S12

BERIKUTNYA

Jadi Sistem Penanggalan Paling Populer, Intip Sejarah Kalender Hijriah & Masehi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: