Cakwe atau juga dikenal dengan nama youtiao. (Sumber foto: Pexels/Riski Risnandar)

Resep Cakwe Anti Gagal, Camilan Enak Buat Akhir Pekan

15 July 2023   |   08:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sebagian besar dari kalian pasti sudah akrab dengan panganan cakwe, roti goreng dengan cita rasa guring yang biasanya dinikmati dengan saus cair. Tergolong sebagai camilan, cakwe menjadi salah satu makanan yang tepat untuk menemani di kala waktu santai. Makanan ini biasanya banyak ditemukan di jual oleh pedagang kaki lima.

Menariknya, jika diperhatikan, bentuk roti pada cakwe selalu terdiri atas dua adonan kembar memanjang. Hal ini tidak terlepas dari sejarah terciptanya cakwe itu sendiri. Menjadi salah satu makanan khas China, nama cakwe berasal dari dialek Hokkian yang berarti 'hantu yang digoreng'.

Baca juga: Resep Sosis Solo Goreng dan Basah, Kudapan Nikmat dari Belanda dengan Cita Rasa Lokal

Penamaan itu disematkan karena cakwe pertama kali dibuat oleh rakyat China sebagai simbol kebencian mereka terhadap Perdana Menteri Qin Hui pada masa Dinasti Song, yang memfitnah Jenderal Yue Fei hingga sang jenderal meninggal.

Pasalnya, Jenderal Yue Fei terkenal akan nasionalismenya yang tinggi di China. Mendengar kabar kematian Yue Fei, rakyat China kemudian membuat dua batang kecil dari adonan tepung beras yang melambangkan Qin Hui dan istrinya lalu digoreng untuk dimakan. 

Di Indonesia, cakwe dijual di toko atau dijajakan oleh pedagang kaki lima di beberapa daerah. Cara penyajiannya pun beragam seperti di daerah Surakarta, Jawa Tengah, penyajiannya disertai susu kedelai. Sedangkan di daerah lain terutama Jawa Barat, cakwe disajikan dengan sambal saus cair atau sambal kacang cair.

Lain hal di Pontianak dan Ketapang, Kalimantan Barat, cakwe umumnya disajikan dengan cita rasa manis dan kenyal yang dinikmati dengan kacang hijau serta dikukus dengan daun pandan. Setelah itu, kacang hijau diberi gula kental dan disajikan bersama cakwe yang diiris kecil-kecil.

Pada waktu akhir pekan seperti ini, tak ada salahnya jika Genhype mencoba membuat cakwe untuk menjadi camilan di rumah. Meski tampak sederhana, kalian harus cermat dalam membuat cakwe agar adonannya tidak gagal. Oleh karena itu, kalian bisa mencoba resep cakwe anti gagal ala Chef Eddy Siswanto berikut ini.


Resep Cakwe Anti Gagal

Bahan-bahan Adonan Cakwe:
  • 250 gram tepung terigu cakra kembar
  • 125 ml air putih
  • 5 gram baking powder
  • 3 gram baking soda
  • 1 butir telur
  • 5 gram kaldu ayam bubuk
  • 5 ml minyak goreng

Bahan-bahan Adonan Saus:
  • 15 buah cabai keriting merah
  • 2 siung bawang putih
  • 500 ml air putih
  • 50 gram gula pasir
  • 5 gram garam
  • 12,5 ml cuka
  • 5 gram tepung maizena
 

f

Cakwe. (Sumber foto: nindryani17/Instagram)

Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah lalu masukkan tepung terigu, baking powder, baking soda, dan kaldu ayam bubuk lalu aduk hingga merata.
  2. Tambahkan telur dan air lalu aduk kembali hingga adonan menjadi padat dan masukkan minyak goreng agar tidak lengket dan mudah dibentuk.
  3. Taruh adonan di dalam kantung plastik lalu istirahatkan kurang lebih selama 6 jam di dalam kulkas.
  4. Sembari menunggu, buat saus terlebih dahulu. Siapkan blender lalu masukkan cabai keriting merah, bawang putih, air, garam, gula pasir, dan cuka. Blender hingga bahan-bahan menjadi halus.
  5. Siapkan wajan kecil, masukkan bumbu yang sudah halus lalu masak hingga mendidih. Larutkan tepung maizena dengan air lalu masukkan ke dalam bumbu kemudian aduk saus hingga matang dan sisihkan.
  6. Ambil adonan cakwe lalu biarkan terlebih dahulu di suhu ruang selama 30 menit. Siapkan tempat lalu taburkan tepung untuk meratakan adonan. Gilas adonan cakwe hingga menjadi agak tipis lalu potong-potong menjadi bentuk memanjang dengan ukuran sesuai selera.
  7. Ambil satu potong adonan cakwe, tempelkan tusukkan sate yang telah basah pada bagian tengahnya lalu susun satu potong adonan lagi di atasnya, dan tekan lagi bagian tengahnya menggunakan tusukan sate hingga membentuk garis.
  8. Panaskan wajan dengan minyak yang cukup banyak. Ambil adonan cakwe lalu tarik agak memanjang dan goreng hingga kuning kecokelatan. Cakwe pun siap dinikmati dengan cocolan sambal.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Borong 27 Nominasi di Emmy Awards 2023, Intip 8 Fakta Menarik Serial Succession

BERIKUTNYA

6 Ide Padu Padan Tunik & Kulot Untuk Hijabers

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: