Ilustrasi piala GRAMMY Awards. (Sumber gambar: Recording Academy)

Grammy Awards ke-66 Digelar 4 Februari 2024, Ada Tambahan Voter & Kategori Baru

30 June 2023   |   13:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

National Academy of Recording Arts & Science mengumumkan tanggal penyelenggaraan Grammy Awards 2024. Penghargaan bergengsi di bidang musik itu akan berlangsung pada 4 Februari 2024, bertempat di Crypto.com Arena, Los Angeles, Amerika Serikat. 

Mengutip Billboard, Grammy Awards dijadwalkan berlangsung selama tiga setengah jam, mulai pukul 20.00 hingga 23.30, waktu setempat. Acara ini akan disiarkan langsung stasiun televisi CBS dan melalui streaming di Paramount.

Adapun daftar nominasi Grammy akan diumumkan pada Jumat 10 November 2022. Sementara pemungutan suara putaran final berakhir pada 4 Januari 2024.

Baca juga: Grammy Awards Bikin Kategori Penghargaan Khusus untuk Musisi Hiphop Legendaris Dr. Dre

Recording Academy pekan lalu memperluas jangkauan voting dengan menambah dari 2.800 anggota voting baru dan lebih dari 850 anggota profesional (non-voting). Untuk berpartisipasi dalam seluruh proses penghargaan Grammy ke-66, para voters akan menerima undangan paling lambat 14 Juli 2023.

Penyelenggara sejauh ini belum mengumumkan siapa yang akan menjadi pembawa acara siaran Grammy Awards 2024. Trevor Noah lah yang menjadi pembawa acara selama tiga tahun terakhir ini. 

Sementara itu, Recording Academy diketahui telah menambahkan tiga kategori baru pada Grammy mendatang. Diantaranya Best African Music Performance, Best Alternative Jazz Album, dan Best Pop Dance Recording. Berikut rincian kategori baru yang ada di Grammy Awards 2024.


1. Best African Music Performance

Kategori trek dan single yang mengenali rekaman yang menggunakan ekspresi lokal unik dari seluruh benua Afrika. Kategori ini menyoroti tradisi musik melodi, harmonik dan ritme daerah.

Kategori ini tidak terbatas pada afrobeat, afro-fusion, afro pop, alte, amapiano, bongo flava, genge, kizomba, chimurenga, high life, fuji, kwassa, genre ndombolo, mapouka, ghanaian drill, afro-house, hip-hop Afrika Selatan, dan Ethio jazz.


2. Best Alternative Jazz Album

Kategori ini mengakui keunggulan artistik dalam album Jazz Alternatif oleh individu, duo dan grup/ansambel, dengan atau tanpa vokal. Jazz Alternatif dapat didefinisikan sebagai genre-blending, envelop-pushing hybrid yang memadukan jazz (improvisasi, interaksi, harmoni, ritme, aransemen, komposisi, dan gaya) dengan genre lain, termasuk R&B, hip-hop, klasik, improvisasi kontemporer, musik eksperimental, pop, rap, elektronik/dance, dan/atau spoken word. Kategori ini juga mencakup teknik atau instrumentasi produksi kontemporer yang terkait dengan genre lain.


3. Best Pop Dance Recording

Kategori ini dibuat untuk mengakui trek dan single yang menampilkan musik bertempo cepat diiringi tarian yang mengikuti aransemen pop. Best pop dance recording yang memenuhi syarat juga menampilkan ketukan ritmis yang kuat dan instrumen berbasis elektronik yang signifikan dengan penekanan pada penampilan vokal, melodi, dan hook. Remix dance hanya memenuhi syarat dalam Kategori Rekaman Remix Terbaik dan tidak boleh dimasukkan dalam Rekaman Dance Pop Terbaik.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Resmi Dirilis, Cek Harga Tiket Konser Taylor Swift di Singapura

BERIKUTNYA

Umay Shahab & Prilly Latuconsina Cerita soal Kehilangan dalam Film Ketika Berhenti di Sini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: