Sate Kambing (Sumber Foto: Freepik)

Selain Sate, Ini 7 Ide Olahan Daging Sapi & Kambing untuk Hari Raya Iduladha

29 June 2023   |   21:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kuliner yang tersedia saat Hari Raya Iduladha biasanya didominasi oleh sapi dan kambing yang berasal dari pembagian hewan qurban. Seringkali daging tersebut diolah menjadi sate, semur, gulai, atau rendang. Padahal, ada banyak olahan daging sapi dan kambing yang lezat, selain itu cara membuatnya pun tidak begitu sulit. 

Nah, buat kamu yang masih bingung mengolah daging sapi dan kambing, jangan khawatir! Yuk, simak rekomendasi menu olahan daging kurban berikut ini!

1. Dendeng

Mengolah daging qurban menjadi dendeng merupakan cara yang cerdas. Lantaran makanan ini bisa tahan lama sampai 2 bulan lamanya. Cara membuatnya pun mudah, pertama siapkan daging sapi lalu rebus sampai empuk. Selanjutnya potong daging tipis-tipis. 

Lembaran daging sapi tersebut kemudian dibaluri dengan bumbu seperti ketumbar, lengkuas, air asam, garam, dan lainnya. Setelah itu daging sapi dikeringkan dengan dengan cara dijemur. Setelah kering dendeng bisa digoreng lalu disantap dengan nasi.

Apabila ingin dibumbui lagi tentu boleh. Kamu bisa membuat dendeng balado khas Sumatera Barat. Caranya daging yang sudah kering langsung ditumis dengan bumbu cabai dan bawang. Boleh saja digoreng dulu apabila ingin dagingnya terasa renyah.

2. Rica-rica

Daging sapi dan kambing juga bisa diolah jadi rica-rica khas Solo. Kuliner ini diberi sentuhan bumbu aromatik dari jahe, daun salam, dan daun jeruk. Tak ketinggalan tambahan cabai keriting dan cabai rawit untuk memberi cita rasa pedas.

Untuk membuat rica-rica, daging sapi atau kambing sebaiknya dipotong lebar sekitar 8 cm supaya matang merata, bumbunnya meresap, dan dagingnya empuk. Bumbunya tak perlu dihaluskan pakai blender, sebaiknya ditumbuk kasar saja sehingga bisa memberikan rasa pedas yang maksimal. 
 

3. Tongseng

Tongseng merupakan hidangan sejenis gulai, yakni daging berkuah dengan bumbu rempah yang lebih kuat. Kuliner ini berasal dari daerah Solo, Klaten, Yogyakarta, Magelang dan sekitarnya. Akan tetapi, ada  juga yang berpendapat bahwa tongseng berasal dari daerah Klego di Boyolali, Jawa Tengah

Pada umumnya tongseng dibuat menggunakan daging kambing, namun bisa juga pakai sapi, domba, atau kerbau. Kuahnya yang kental diberi tambahan sayuran seperti kol, bawang putih, tomat, lalu kecap manis. Bumbunya sendiri merupakan osengan atau tumisan yang terdiri dari campuran garam, bawang putih, kecap, dan lada. 
 

4. Kari

Kari kambing merupakan kuliner yang berasal dari Asia Selatan lalu populer di negara-negara Asia Tenggara dan Indo-Karibia. Kare atau kari biasanya disajikan bersama roti canai atau nasi hangat. Kuahnya kental dan bersantan dengan campuran rempah-rempah yang beragam sehingga menghasilkan cita rasa yang kaya dan kuat dalam masakan ini. Terkadanga da tambahan kantang atau wortel dalam kuahnya.
 

5. Tengkleng

Tengkleng merupakan olahan daging kambing khas Solo. Tampilannya mirip dengan gulai, namun perbedaanya terletak pada isiannya. Gulai biasanya berbahan dasar daging kambing, tetapi tengkleng lebih banyak menggunakan jeroan dan tulang. Selain itu, kuah tengkleng juga tidak banyak menggunakan santan sehingga tidak terlalu berlemak.

6. Rawon

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur. Sekilas hidangan ini mirip dengan semur daging, tetapi kuah rawon lebih gelap warnanya, encer, dan berempah. Rawon umumnya terbuat dari daging sapi, tetapi juga memakai daging kambing. Cara membuatnya cukup mudah, irisan daging kambing direbus bersama bumbu dan rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan kluwek.

Baca juga: 5 Kuliner Legendaris Ini Bisa Kalian Temui di Kawasan Sarinah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Makanan Gorengan Khas Indonesia Kian Dikenal Dunia

BERIKUTNYA

Begini Cara Menyimpan Daging Kurban Sapi & Kambing di Freezer agar Tahan Lama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: