Instagram (Sumber Foto: Freepik)

Instagram Punya Fitur Baru Broadcast Channel, Begini Cara Menggunakannya

20 June 2023   |   20:32 WIB

Instagram baru saja menghadirkan fitur baru Broadcast Channel atau saluran siaran untuk memfasilitasi jutaan kreator di seluruh dunia sebagai cara baru berinteraksi langsung dengan followers dalam skala besar dan real time. Fitur ini cocok bagi para influencer untuk berinteraksi dengan penggemar.

Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta Asia Tenggara memaparkan bahwa fitur saluran siaran resmi hadir di Indonesia mulai hari ini, Selasa (20/6/2023). Instagram selalu mencari cara baru untuk membantu para kreator supaya bisa menjangkau audiens mereka secara langsung dan membentuk hubungan yang lebih dalam dengan komunitas mereka.

"Fitur baru ini berperan sebagai ruang ekspresi bebas bagi para kreator untuk berbagi konten autentik dan lebih dekat dengan para penggemarnya. Konten-konten yang dapat dibagikan pun dapat bervariasi sehingga bisa memperkaya pengalaman interaksi,” ujarnya dikutip dari rilisnya.

Baca juga: Yuk Pahami Cara Kerja Algoritma Instagram Biar Monetisasi Akun Jadi Pol

Saluran siaran merupakan fitur pengiriman pesan satu-ke-banyak yang bersifat publik bagi para kreator untuk mengundang dan berinteraksi dengan para fans mereka. Para kreator pun dapat menggunakan Saluran Siaran sebagai cara yang mudah dan cepat untuk terus memberikan informasi terbaru kepada audiensnya.

Mereka dapat menggunakan teks, foto, video, dan voice note untuk membagikan info terbaru, momen di balik layar, bahkan membuat polling untuk mengumpulkan masukan dari penggemar. Hanya kreator yang dapat mengirim pesan, sementara pengikutnya hanya bisa mengirimkan reaksi untuk menanggapi konten yang dibagikan.
 

Fitur Saluran Siaran di Instagram (Sumber Foto: Meta Indonesia)

Fitur Saluran Siaran di Instagram (Sumber Foto: Meta Indonesia)


Seiring dengan kehadiran fitur ini di Indonesia, akun-akun kreator favorit komunitas Instagram Indonesia seperti @jeromepolin, @raisa6690, @raffinagita1717, dan @attahalilintar telah mendapatkan engagement yang luar biasa dari para penggemarnya, baik saat mereka membagikan cuplikan konten kegiatan sehari-hari atau berbagi momen candid melalui voice note.

“Seru! Fitur baru ini membantuku untuk bagikan momen-momen sederhana dari kesibukanku sebagai entertainer sampai keseruan bersama keluargaku. Aku bisa dengan santai membagikan cerita tentang apapun, seolah-olah sedang ngobrol dengan teman,” kata Raffi Ahmad.

Selain Raffi, ada juga Raisa yang ikut menggunakan fitur tersebut untuk berinteraksi dengan penggemarnya melalui saluran siaran berjudul ‘Sayang kamu sekulkas ????.

“Mulai sekarang, aku jadi merasa lebih dekat dengan fans. Di ‘Sayang kamu sekulkas ????’, aku bisa bagikan voice note dari sesi latihan, huru-hara sebelum show sampai update kesibukan terbaruku sebagai beautypreneur.” kata Raisa.

Kedepannya akan ada lebih banyak pembaruan yang dihadirkan lewat fitur Saluran Siaran. Misalnya seperti fitur mengajak kreator lain ke dalam ruang obrolansaluran siaran untuk kolaborasi. Ada juga fitur untuk mengumpulkan pertanyaan dalam sesi ‘Ask Me Anything’ melalui prompt, dan masih banyak lagi. Berikut adalah cara untuk bergabung dengan Saluran Saran.
 

Fitur Broadcast Message di Instagram (Sumber Foto: Meta Indonesia)

Fitur Broadcast Message di Instagram (Sumber Foto: Meta Indonesia)


- Akses tautan ke Saluran Siaran di perangkat seluler melalui stiker Story kreator, tautan yang disematkan ke profil mereka atau notifikasi yang dikirim bagi para pengikut akun ketika kreator memulai saluran baru.

- Ketuk "Bergabung dengan saluran siaran." Bagi mereka yang belum mengikuti kreator akan diminta untuk menjadi pengikut terlebih dahulu. Setelah bergabung, saluran tersebut akan muncul sebagai sebuah pesan singkat Instagram di atas pesan lainnya.

Baca juga: Lagi Tren di Instagram, Cek Cara Mudah Membuat Birthday Personality

Revie menambahkan dalam beberapa bulan ke depan, fitur ini juga akan diuji coba di Messenger dan Facebook. Dia juga berharap setiap orang dapat mengikuti Panduan Komunitas Instagram selama berinteraksi dengan fitur baru ini.
SEBELUMNYA

Dampak Buruk Bermain Roleplay, Psikolog Ingatkan Hal Ini

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Wisata di Luar Negeri yang Bisa Dikunjungi saat Libur Tahun Ajaran Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: