Empanada, kue khas Argentina (Sumber gambar: Bakd Raw/Unsplash)

Menggugah Selera, Cek 5 Makanan Khas Argentina yang Lezat dan Menggiurkan

18 June 2023   |   20:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Bertandangnya skuad Argentina ke Jakarta sukses mengundang antusias besar masyarakat Indonesia. Meski Lionel Messi absen, tampaknya penggila bola tetap ingin menyaksikan bintang besar Argentina lainnya merumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Argentina memang dikenal memiliki banyak kaki-kaki emas yang lihai bermain bola. Namun di luar kesanggaran Argentina dalam mengocak lawan, negeri Tango ini juga punya sejuta keunikan lain yang wajib Genype ketahui.

Misanya, keragaman tradisi kuliner Argentina yang kaya dengan hidangan beraroma. Jenis makanan daging hingga kue manis rasanya tak boleh dilewatkan jika kalian berkunjung ke Argentina. Sebagai referensi, yuk simak beberapa makanan khas Argentina yang paling terkenal dan diburu wisatawan!


1.  Asado

Asado (Sumber gambar: Deby Rodriguez/Unsplash)

Asado (Sumber gambar: Deby Rodriguez/Unsplash)


Asado sering ditemui saat acara-acara kasual di Argentina. Sebetulnya, Asado lebih merujuk kepada teknik memanggang berbagai daging, bisa daging sapi, ayam, domba, atau babi. Namun, daging sapi lebih terkenal dalam hidangan Asado ini. Mirip seperti barbekyu, Asado jadi salah satu teknik menikmati daging panggang dengan bumbu sederhana seperti garam dan sedkit rempah.

Dagingnya dimasak secara perlahan di atas api terbuka atau arang. Hasilnya akan tercipta cita rasa daging asap yang empuk dan juicy. Karena bumbu yang minim, daging yang bertektur akan lebih terasa dalam hidangan Asado ini.
 

2. Empanada

Empadana (Sumber gambar: Alejandra/Unsplash)

Empadana (Sumber gambar: Alejandra/Unsplash)


Selain daging, Argentina juga punya hidangan kue gurih yang dinamai Empanada. Kue kering ini diberi isian dengan berbagai bahan yang savory. Empanada tradisional Argentina biasanya diisi dengan daging giling, bawang bombai, minyak zaitun, dan telur rebus. Namun belakangan, Empada dibuat dengan isian yang lebih bervariasi seperti daging ayam atau potongan daging sapi.

Kue tradisionalnya berbentuknya bulat dengan tekstur yang garing di luar tetapi lembut di bagian dalam. Namun, Empanada juga kerap dibuat dengan bentuk setenga lingkaran seperti pistel. Empada dipanggang atau digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Empanada biasanya dikudap sebagai hidangan pembuka. Namun kue gurih ini juga biasa djadikan sebagai hidangan utama yang lezat.
 

3. Matambre

Matambre wajib dijajal apabila Genhype termasuk penyuka makanan unik. Tampilan Matmbre memang tak biasa dan sukses menari perhatian. Tak heran jika hidangan ini termasuk kuliner yang paling populer di Argentina. Keunikannya terletak pada bentuknya yang mirip dengan bolu gulung.

Hanya saja, bahan yang digunakan untuk menggulungnya adalah daging. Terdiri dari steak daging sapi yang digulung, dagingnya ditumbuk tipis lalu diisi dengan bahan-bahan seperti bayam, wortel, paprika, telur rebus, dan rempah-rempah lain. Kemudian daging digulung dan diikat dengan sejenis benang dapur. Matambre dimasak hingga empuk kemudian diiris tipis sebelum disajikan.
 

4. Locro

Suka jenis makanan yang angat dan berkuah? Argentina punya Locro, sup hangat yang sudah dianggap sebagai hidangan nasional. Sup ini dibuat dengan jagung putih, irisan berbagai jenis daging seperti daging sapi atau ayam, kemudian ditambah bawang, labu, dan bumbu. Bisa juga menambahkan potongan sosis ke dalam sup agar lebih penuh dan mengenyangkan.

Bumbu yang digunakan antara lain bawang merah dan bawang putih, oregano, pasta tomat, daun dalam, dan jintan. Rebusan dimasak perlahan sampai bumbu menyatu dan bahan menjadi empuk. Secara tradisional, Locro sering dinikmati selama perayaan penting di Argentina, seperti Hari Kemerdekaan.


5. Dulce de Leche

Dulche de Leche (Sumber gambar: Drake Nicolls/Pexels)

Dulche de Leche (Sumber gambar: Drake Nicolls/Pexels)


Genhye mungkin ta asing dengan jenis makanan Dulce de Leche. Makanan ini merupakan jenis sus yang sering kali menjadi campuran pada dessert hingga kopi yang populer di berbagai penjuru dunia. Meskipun bukan hidangan tersendiri, Dulce de Leche adalah suguhan manis yang sangat disukai warga Argentina. Saus ini terbuat dari cairan susu kental manis dengan gula.

Kedua bahan tersebut dimasak dengan api kecil hingga menghasilkan saus karamel kental. Di Argentina, Dulce de Leche digunakan sebagai olesan roti, isian kue kering, sandwich, atau dinikmati dengan sendok seperti dessert pada umumnya. Saus ini memiliki tekstur yang kaya dan lembut dengan rasa manis karamel yang menggugah selera.

Baca juga: Restoran Sudestada Hadirkan Paket Makan Sepuasnya, Yuk Cicipi Steik Ala Argentina

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Pelari Kenya Borong Podium Marathon Open di Mandiri Jogmar 2023

BERIKUTNYA

Trailer Resmi Rilis, Cek 5 Fakta Baru One Piece Live Action yang Bakal Tayang di Netflix

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: