Ilustrasi seseorang sedang menyetir mobil (Sumber gambar: Jeshootscom/Pexels)

4 Tip Jaga Mobil Tetap Fit saat Cuaca Tak Menentu

25 May 2023   |   15:11 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Belakangan ini, cuaca tidak menentu dan tidak tertebak, terkadang panas terik, tetapi tak lama turun hujan deras hingga membuat udara lembab. Kondisi cuaca seperti ini pun dapat membawa risiko pada kendaraan seperti mobil untuk kotor terlebih jika jarang dibersihkan.

Oleh karena itu, para pemilik mobil harus melakukan perawatan ekstra agar penampilan mobil kesayangannya terutama pada bagian eksterior selalu terjaga dan tetap nyaman untuk dikendarai.

Bagian eksterior menjadi yang terpenting dari mobil karena kebersihan pada bagian ini akan membuat penampilan mobil tetap terjaga. Meski begitu, interior mobil juga tak kalah penting untuk terus dijaga kenyamanan dan keamanannya terutama ketika sedang dalam perjalanan.
Agar mobil kalian tidak kotor dan rusak, berikut ini adalah kiat merawat mobil dalam kondisi cuaca yang tak menentu:


1. Rawat dan bersihkan eksterior mobil

Bagian eksterior mobil yakni cat mobil merupakan pelindung yang berguna untuk melindungi mobil dari karat. Namun, terpaan matahari yang mengandung sinar ultraviolet dan air hujan yang mengandung zat asam dapat merusak cat mobil, apalagi jika terpaannya datang silih berganti. 

Rutin mencuci mobil sangat penting untuk menjaga keindahan cat mobil. Ketika mobil digunakan, debu, kotoran, dan noda lainnya dapat menempel pada cat, yang jika tidak dibersihkan secara teratur dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan cat. Saat mencuci mobil, pastikan menggunakan spons atau kain microfiber yang lembut agar tidak merusak cat mobil. Hindari menggunakan sikat kasar atau sabun yang mengandung bahan kimia keras.

Selain itu, gunakan juga wax mobil secara teratur. Wax akan membentuk lapisan pelindung yang membuat cat mobil terlihat lebih mengkilap dan terlindungi dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Selain itu, wax mobil juga dapat membantu memperlambat proses korosi pada bagian metal mobil. Pastikan menggunakan wax yang berkualitas dan sesuai dengan jenis cat mobil yang digunakan.

Sebagai langkah terakhir, siapkan penutup mobil atau pelindung kaca (sun shield) untuk menjaga mobil langsung terkena sinar matahari secara langsung. Jika tidak, usahakan untuk memilih tempat parkir yang teduh untuk melindungi cat mobil.
 

Penting untuk menjaga kebersihan eksterior dan interor mobil (Sumber gambar: Quang Nguyen/Pexels)

Penting untuk menjaga kebersihan eksterior dan interor mobil (Sumber gambar: Quang Nguyen/Pexels)


2. Pastikan kebersihan interior mobil

Tak hanya eksterior, kebersihan interior juga sangat penting. Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan di dalam mobil, lakukan pemeriksaan terhadap beberapa bagian interior mobil mulai dari permukaan dashboard, AC, hingga jok dan karpetnya.

Untuk menjaga jok mobil tetap bersih, kalian bisa siapkan vacuum cleaner mobil yang portable untuk membersihkan debu dan kotoran-kotoran yang jatuh, maupun leather cleaner atau conditioner agar jok awet dan tidak kusam.

Selain itu, tak ada salahnya juga memberikan wewangian di dalam mobil. Selain punya efek menenangkan, memilih aroma yang tepat bakal membuat pikiran lebih rileks, termasuk memastikan AC tetap dingin agar tetap betah di mobil ketika berkendara saat cuaca panas.


3. Servis & periksa kelayakan mobil 

Servis berkala adalah salah satu langkah untuk menjaga performa mobil. Selain memahami bagaimana cara mengoperasikan, pemilik mobil juga harus paham langkah-langkah perawatan yang dibutuhkan kendaraan.

Servis berkala mobil meliputi berbagai komponen, termasuk mesin, oli, rem, busi, ban, lampu, dan banyak lagi. Seiring waktu, mesin yang digunakan tentu akan mengalami perubahan sehingga dibutuhkan membawa mobil untuk servis agar dilakukan penyetelan ulang dan kalibrasi untuk membuat mesin mobil kembali bertenaga. Biasanya, teknisi juga akan membantu untuk mendeteksi kerusakan dan mengatasinya. 


4. Pastikan keamanan mobil

Selain menjaga kebersihan dan kenyamanan mobil, penting juga untuk memastikan keamanan kendaraan dari hal-hal yang tidak diinginkan salah satunya dengan menggunakan alat dashboard camera.

Pada era digital saat ini peran, dashboard camera atau dashcam pada kendaraan pribadi menjadi penting untuk memastikan keamanan mobil. Bukan hanya berfungsi sebagai aksesoris di mobil tetapi fungsi utamanya mirip dengan CCTV sebagai fitur keamanan untuk merekam segala aktivitas dan kejadian saat berkendara.

Selain itu dengan dashcam, pemilik kendaraan bisa menjadikan rekaman sebagai alat bukti jika terjadi sesuatu di jalan raya. Hasil rekaman akan disimpan dalam kartu memori sesuai kapasitasnya.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Inilah Tip Aman Berkendara Sepeda di Jakarta

BERIKUTNYA

3 Fitur Andalan Huawei Band 8, Bisa Pantau Kualitas Tidur Hingga Detak Jantung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: