CEO Blue Bird Sigit Djokosoetono. (Sumber foto: Instagram/Sigit Djokosoetono)

Mengenal Sigit Djokosoetono, Bos Blue Bird yang Viral Nyamar Jadi Sopir Taksi

25 May 2023   |   08:10 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Sosok Sigit Djokosoetono baru-baru ini menjadi perbincangan hangat netizen. Pasalnya, bos Blue Bird itu beberapa waktu lalu sempat ngaspal turun ke lapangan ikut narik taksi. Tindakannya pun sontak membuat Sigit viral dan mendapat respon dan komentar positif dari warganet.

Melalui akun media sosialnya Sigit pun turut mengabadikan kegiatan tersebut sambil berswafoto menggunakan seragam sopir. Dalam foto tersebut, terlihat Sigit tengah minum karena merasa kehausan setelah menarik penumpang saat menjadi sopir taksi.

Baca juga: 7 Fakta Tjio Wie Tay, Pendiri Toko Buku Gunung Agung yang Bermodal Mimpi

"Haus juga nih, siang-siang adem hari ini padahal.. sudah enam tamu naik, kelewat dua orderan, bukan rezeki,” ujarnya dikutip dari story akun Instagram @sigitdjokosoetono, Rabu (24/5/23). 

Tak hanya itu, dalam unggahan lain, Sigit juga turut memamerkan momen saat dia mencari penumpang sembari melakukan orientasi lapangan. Dia tampak ngetem di beberapa titik wilayah di Ibu kota, termasuk antaranya kawasan Epicentrum, Kota Kasablanka dan Mall Pacific Place.  

"Mumpung lagi mangkal di @pacificplacejakarta, tadi sempat bertemu dengan bapak ini, sudah 22 tahun. Harapannya mau bisa pergi umroh..,” ujarnya "Ketemu pak Syahroni, sudah bekerja di Blue Bird selama 8 tahun,” tulis Sigit.
 

Momen aktivitas CEO Blue Bird aat menyamar sebagai sopir taksi pun turut dibagikan akun Twitter @SocialliteGhibah dengan mengunggah dua tangkapan layar Instastory Sigit. Kini, unggahan tersebut juga sudah ditonton oleh lebih dari 5,3 juta dan mendapatkan berbagai komentar dari warganet.

"CEO $BIRD lagi narik penumpang. Kalau enggak salah, dluu pernah lihat Bu Noni juga do the same thing," tutur akun tersebut yang sontak semakin membuat viral nama Sigit di jagat media sosial lewat dalam upayanya memahami dinamika industri taksi. 

Kegiatan yang dilakukan Sigit dinilai sebagai salah satu cara untuk memiliki wawasan yang lebih baik tentang proses operasional, permasalahan di lapangan, hingga peluang yang dapat ditingkatkan perusahaan. Selain itu, langkah ini juga bertujuan untuk membangun hubungan secara langsung dengan karyawan dan pelanggan. 

Tak kalah ramai, ada juga netizen yang melemparkan candaan pada bos taksi legendaris Indonesia itu “Ini mah driver-nya yang ngasih tip ke penumpang,” kata salah satu warganet. "Penasaran bapak ini kalau lagi istirahat sambil nunggu orderan ngopinya di mana ya," tulis warganet yang lain.


Profil Sigit Djokosoetono

Sigit merupakan anak dari Chandra Suharto Djokosoetono yang merupakan sosok dibalik berdirinya Blue Bird. Jika dilihat dari silsilah, dia adalah generasi ketiga pendiri Blue Bird sekaligus saudara kandung Indra Priawan Djokosoetono, suami selebritas Nikita Willy.

Lelaki berusia 52 tahun itu menjabat sebagai Direktur Utama PT Blue Bird, TBK sejak Agustus 2021. Kendati saat ini memegang tampuk kekuasaan di perusahaan taksi terbesar Indonesia, perjalanan Sigit untuk mencapai posisi itu tidaklah mudah. 

Adapun, perjalanan karirnya dimulai dari posisi yang lebih rendah pada awal 1990-an. Alih-alih terima jadi, Sigit pun sempat bekerja sebagai petugas penerima telepon di Blue Bird agar bisa belajar dan melayani pelanggan dengan baik serta memahami alur bisnis perusahaan milik keluarganya.

Tak hanya itu, berbagai aspek bisnis Blue Bird pun sempat dia lakoni, di mana dia juga pernah berada ke divisi komersial hingga layanan non-taksi di perusahaan burung biru. Sigit pun juga pernah memegang berbagai posisi Direktur dan Komisaris di perusahaan sejenis lainnya dalam perusahaan yang awalnya bermula dari taksi gelap itu.

Sementara itu, jika dilihat dari latar belakang pendidikan, Sigit merupakan lulusan sarjana teknik mesin di Universitas Trisakti pada 1993.  Dari sini dia langsung melanjutkan pendidikan S2 di Simon School of Business Universitas Rochester New York dan berhasil lulus pada 1997.

Masih belum puas mengenyam ilmu, Sigit juga sempat melanjutkan pendidikan doktornya di Harvard Business School pada tahun 2016 hingga 2018. Setelah kembali ke Tanah Air, dia pun bergabung di bisnis keluarga berkat dukungan sang nenek yang merupakan pendiri Blue Bird, Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Rekomendasi 4 Hotel Unik di Bali yang Menyatu dengan Alam

BERIKUTNYA

Resep Cobb Salad Khas Amerika, Kudapan Sehat untuk Sarapan & Program Diet

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: