Ilustrasi buah kecapi (sumber gambar Flickr/ Steve Gratorn)

Mulai Langka, Cek 5 Manfaat Buah Kecapi untuk Tubuh Ini

24 May 2023   |   12:34 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Sandoricum koetjape atau yang lebih dikenal buah kecapi merupakan salah satu jenis buah yang bisa ditemukan di Indonesia. Namun, buah dengan nama lain seperti sentul dan ketuat itu kini mulai langka dan sulit ditemukan sehingga kurang begitu populer.

Padahal, buah yang diperkirakan berasal dari daerah di sekitar semenanjung Asia Tenggara itu memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berbentuk bulat seperti apel dan daging buahnya mirip manggis, salah satu manfaat kecapi adalah dapat mengatasi wasir.

Tak hanya itu, dengan teksturnya yang halus serta memiliki rasa asam dan manis buah ini pun dimakan langsung dalam keadaan segar. Namun, ada juga yang mengolahnya terlebih dahulu untuk dijadikan manisan, rujak ataupun marmalade.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Menteng untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Anemia

Menurut beberapa penelitian, dalam setiap 100 gram buah kecapi  juga terdapat kandungan nutrisi seperti, energi, protein, serat, kalsium, fosfor, besi, dan beberapa vitamin. Nah, biar enggak penasaran berikut 5 manfaat buah kecapi dirangkum dari berbagai sumber resmi untuk tubuh.


1. Baik untuk Pencernaan

Buah kecapi memiliki serat yang dapat berubah menjadi gel ketika bertemu dengan air saat masuk ke saluran pencernaan. Selain dapat membuat feses menjadi lunak  saat dikeluarkan gel ini juga mengandung prebiotik yang dapat menambah jumlah bakteri baik di tubuh sehingga dapat mengatasi sembelit. 

Selain itu kandungan serat yang tinggi dalam buah kecapi juga dapat membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga bagus jika dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.  Tak hanya itu, suplemen pektin dari buah kecapi juga bisa membantu membakar lemak, serta menurunkan kalori lebih banyak dibandingkan dengan diet protein.


2. Menjaga Kesehatan Tulang & Gigi

Rasa masam buah kecapi juga dapat merangsang produksi air liur, sehingga mampu mengurangi jumlah bakteri yang ada di dalam mulut. Selain itu, kalsium yang tinggi di buah ini juga dapat mencegah gigi berlubang akibat pengikisan lapisan email gigi yang disebabkan oleh bakteri.

Namun, selain kandungan kalsium, buah kecapi juga mengandung fosfor didalamnya, yang ternyata sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Oleh karenanya buah ini pun dipercaya dapat memelihara kepadatan tulang agar terlindung dari risiko pengeroposan tulang alias osteoporosis.


3. Dapat Turunkan Kolesterol 

Selain dapat membantu sembelit, buah kecapi juga dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan pektin atau serat larut air dalam buah kecapi dapat mengikat low-density lipoprotein (LDL) yang merupakan kolesterol jahat dan mencegahnya terbawa oleh darah. Oleh karena itu mengkonsumsi buah kecapi secara rutin juga dapat mengurangi risiko penyebab munculnya penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.


4. Mencegah Kanker & Peradangan

Kandungan vitamin B dan C pada buah kecapi merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, yang dapat menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Selain itu, antioksidan dari zat polifenol dalam buah kecapi disebut juga membantu mencegah kanker dengan menghambat pembelahan sel abnormal dalam pembuluh darah.

Tak ketinggalan, buah ini pun juga memiliki kandungan anti radang, fitokimia yang juga berfungsi melindungi tubuh dari gejala peradangan. Sehingga jika mengkonsumsi buah ini secara rutin, maka akan dapat mencegah risiko terserang dua penyakit berbahaya termasuk kanker dan peradangan tubuh.


5. Teman Diet yang Rendah Gula

Selain memiliki kandungan serat yang cukup banyak tapi indeks glikemiknya yang rendah, buah kecapi ternyata juga dapat dijadikan teman diet yang sehat serta menjadi pilihan makanan yang aman bagi para pengidap diabetes.

Pasalnya, makanan dengan indeks glikemik rendah tidak bisa meningkatkan gula darah dengan cepat. Kendati begitu, penelitian terkait manfaat buah kecapi ini juga masih memerlukan observasi lebih lanjut untuk mengetahui keberagaman manfaatnya.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Bocoran Tampilan & Spesifikasi iPhone 16, Bye Kamera Boba

BERIKUTNYA

Simak Anjuran Dokter Terkait Usia Ideal Pemberian Vaksin HPV pada Anak Perempuan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: