Kurt Cobain. (Sumber foto: Twitter Nirvana)

Pernah Dihancurkan Kurt Cobain, Gitar Ini Terjual Rp8,9 Miliar, Jadi yang Termahal?

24 May 2023   |   09:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Sebuah gitar butut milik pentolan band grunge Nirvana, Kurt Cobain, berhasil terjual dengan harga fantastis yang diselenggarakan balai lelang Julien. Meski pernah dibanting oleh sang bintang saat manggung, gitar itu terjual nyaris seharga US$600,000 atau setara Rp8,9 miliar.

Gitar Fender Stratocaster hitam itu diperkirakan tidak akan terjual dengan harga fantastis pada lelang di Hard Rock Cafe New York Sabtu, (20/5/23). Namun, tanpa disangka harga pelelangan melesat hingga akhirnya naik sekitar 10 kali lipat dari harga awal.

Baca juga: Terjual Rp7,1 Miliar, Gitar Bass Paul McCartney Jadi yang Termahal di Dunia

Diketahui, Kurt Cobain menggunakan gitar legendaris itu selama dia dan band melakukan tur album break-out kedua mereka Nevermind. Album yang turut mendongkrak popularitas band asal Aberdeen, Washington itu dirilis pada September 1991.
 
 

Secara fisik, gitar tersebut terlihat memiliki cacat di beberapa bagian bodi utama dan telah mengalami proses perbaikan selama beberapa kali. Mengutip Complete Music Update, gitar itu sempat diberikan kepada pentolan Screaming Trees, yakni Mark Lanegan pada akhir 1992.

Kendati sistem kelistrikan pick-up gitar Fender tersebut masih berfungsi baik, tapi peninggalan sisa kejayaan Kurt itu tetap tak bisa dimainkan laiknya gitar listrik pada umumnya. Sebab bagian neck dan headstock-nya raib tak berbekas dan hanya bisa dimainkan secara teknis dengan guratan tanda tangan setiap personelnya.

Awalnya, pihak balai lelang Julien di New York memperkirakan gitar tersebut akan terjual pada rentang harga US$60.000 hingga US$80.000 dollar. Namun, setelah melewati sebanyak 31 kali penawaran, akhirnya gitar penggawa Nirvana itu terjual dengan harga US$596.900. Namun, identitas pembeli tidak diketahui. 

 

Kondidi gitar Kurt Cobain (sumber gambar Julien Auction)

Kondisi gitar Kurt Cobain (sumber gambar Julien Auction)


Pada tahun lalu, balai lelang tersebut juga berhasil menjual gitar ikonik milik Kurt yang muncul dalam video klip Smells Like Teen Spirit dengan harga yang jauh di atas perkiraan yaitu sebesar US$4,6 juta atau setara Rp68 miliar.

Ini bukan kali pertama barang-barang memorabilia Kurt Cobain laku terjual dengan harga fantastis. Tahun lalu, gitar elektrik Fender Mustang 1969 miliknya juga berhasil terjual ke Jim Irsay Collection dari Indianapolis seharga Rp66 miliar.

Gitar Martin D-18E yang pernah digunakan oleh grup musik legendaris Nirvana pada acara MTV Unplugged juga menjadi gitar termahal pertama yang terjual di lelang. Mengutip Forbes, gitar tersebut berhasil terjual pada Peter Freedman, pendiri Rode Microphone seharga US$6 juta atau sekitar Rp91,9 miliar.

Sementara itu, obral tiga hari Julien yang berakhir pada Minggu, (21/5/23) itu tak hanya melelang memorabilia Kurt Cobain. Namun juga mencakup memorabilia dari legenda musik lainnya termasuk Elvis Presley, Freddie Mercury, Janet Jackson, dan Dolly Parton.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Resep Tunacado Sandwich, Sarapan Sehat yang Praktis

BERIKUTNYA

Debut di Cannes, Film Asteroid City Besutan Wes Anderson Dapat Standing Ovation 8 Menit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: