Dell Latitude 7430 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Review Laptop Bisnis Dell Latitude 7430 2-in-1

11 May 2023   |   16:41 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype. suatu laptop bisnis tak sekadar dituntut memiliki performa yang kencang. Perangkat yang ada di segmen ini juga mesti menawarkan katahanan bodi yang kuat, sekaligus berbobot ringan, untuk mendukung kegiatan para profesional yang bekerja dengan mobilitas tinggi.

Saat ini, persaingan pada lini perangkat laptop khususnya segmen bisnis terbilang seru untuk disimak. Sejumlah jenama besar bahkan mulai serius menggarap segmen ini dan membuat sejumlah inovasi-inovasi menarik. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Dell Inc.

Jenama asal Amerika Serikat ini mencoba memenuhi kebutuhan tersebut melalui laptop Latitude 7430 2-in-1.  Laptop bisnis premium ini memiliki spesifikasi yang layak secara keseluruhan untuk mendukung kemampuan multitasking para pebisnis.

Seperti laptop bisnis lain, Latitude 7430 memiliki beberapa pilihan variasi prosesor yang bisa dikustomisasi, dari Intel Core i5-1235U hingga Intel Core i7-1270P. Tak hanya itu, kustomisasi juga bisa dilakukan pada elemen lain, seperti operating system, hard drive, dan lainnya.
 

aa

Dell Latitude 7430 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)


Unit yang Hypeabis review adalah laptop dengan prosesor Intel Core i5-1235U. Prosesor ini didukung oleh RAM 16GB dan ruang penyimpanan SSD dengan kapasitas 256GB. Dengan membawa prosesor Intel generasi 12, laptop ini sudah tak perlu diragukan lagi terkait dengan peformanya.

Performa laptop ini sudah cukup kencang. Latitude 7430 mampu menjalankan tugas produktivitas harian pebisnis yang lebih banyak menggunakan aplikasi office dan konferensi video. Laptop ini juga memiliki fitur Dell Optimizer yang secara otomatis mempelajari perilaku pengguna dan meningkatkan performa laptop sesuai dengan kebiasaan tersebut.

Baca juga: 5 Keunggulan Laptop Gaming Terbaru ROG Berbekal 13th Gen Intel Core, Cek Harganya

Dari segi desain, laptop ini tampil dengan bahan carbon fiber yang premium sekaligus gagah.  Tekstur halus yang menjadi motif di bodi memberikan kesan mewah dan membuat laptop ini tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Secara umum, rancangan bodi Latitude 7430 terasa solid dan kokoh.  Dengan ketebalan 17,06, laptop ini terasa tipis dan nyaman di bawa ke mana-mana. Terlebih, bobotnya hanya sekitar 1,35 kilogram.

Laptop ini juga sudah mendukung mode lipat. Jadi, selain bisa menjadi laptop, Latitude 7430 juga bisa berubah menjadi perangkat tablet. Tidak perlu khawatir saat harus bolak-balik melipat layar menjadi mode tablet. Sebab, engsel layar tampak sangat kokoh dan mudah mengikuti gerakan.

Latitude 7430 memiliki konektivitas port yang cukup lengkap. Pada bagian kiri ada jack audio 3,5mm dan satu port Thunderbolt 4 yang mendukung Power Delivery dan DisplayPort (USB Type-C). Adapun pada bagian kanan tersedia port Thunderbolt 4 yang sama, port USB 3.2 Gen 1 dan HDMI 2.0.
 

8

Dell Latitude 7430 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)


Pada bagian layar, Anda akan dimanjakan dengan layar sentuh 14 inci dengan teknologi Intel Iris XE Graphics G7. Dengan resolusi layar Full HD, laptop ini sudah cukup nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan para pebisnis.

Warna yang dihasilkan pada layar cukup baik. Tingkat kecerahannya bisa mencapai 300 nits dan sudah cocok untuk dipakai di dalam ruangan. Selain itu, teks dan gambar juga terlihat tajam dan enak dipandang.

Laptop ini juga sudah memiliki webcam yang juga Full HD. Kamera juga telah dilengkapi fitur penutup sehingga pengguna bisa lebih menjaga privasi saat tidak digunakan.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap ASUS ExpertBook B9, Laptop Bisnis Ultra Tipis Berstandar Militer

Pada bagian keyboard, laptop ini memiliki ukuran tombol yang cukup besar sehingga nyaman ketika melakukan pengetikan. Sementara itu, trackpad mouse memiliki responsivitas yang baik meski ukurannya terlihat kecil. Namun, dengan sentuhan yang responsif, hal itu bukanlah sebuah masalah.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, laptop ini sudah ideal digunakan para pebisnis untuk mendukung berbagai pekerjaan mereka. Salah satu kelemahannya hanya pada suhu laptop. Saat aktivitas mulai meningkat, ada hawa panas yang mengalir ke luar yang cukup membuat tangan terasa hangat. Namun, tingkat hangat masih dalam kategori normal dan tidak terlalu mengganggu.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Berikut 3 Rekomendasi Sunscreen Bagi Remaja

BERIKUTNYA

Penuhi Kebutuhan Visual Anak Muda, Kamera Telefoto Smartphone Makin Digemari 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: