Bulcachong khas Filipina. (Dok. Ang Sarap)

Rayakan Idul Adha? Yuk Coba Resep Bulcachong, Sup Daging Sapi khas Filipina

20 July 2021   |   11:16 WIB

Like
Saat perayaan Iduladha, makanan dengan bahan dasar daging kurban yaitu daging sapi atau daging kambing selalu menjadi menu utama yang disajikan bersama dengan keluarga dan diolah menjadi berbagai macam masakan utama.

Bagi Genhype yang senang mengeksplorasi resep-resep baru, kalian bisa coba memanfaatkan daging kurban yang kalian dapat untuk membuat sebuah hidangan sup daging bernama Bulcachong. 

Singkatnya, Bulchahong adalah sup daging yang secara tradisional dibuat dengan daging kerbau dan dimasak dengan cara direbus dengan jahe dan bumbu lainnya. Melansir dari situs Ang Sarap, makanan ini populer setelah seorang Youtuber berkunjung ke kawasan Davao di Filipina untuk mencoba masakan tersebut.

Baca jugaResep Sop Daging Sapi, Ide Mengolah Daging Kurban yang Praktis

Meski aslinya masakan ini dibuat dengan daging kerbau, tetapi ini juga bisa diganti dengan daging sapi atau bahkan daging kambing lho! Yuk cek resepnya di bawah ini.
 

Bulcachong

Bulcachong/Flickr

 

Bahan-bahan (penyajian 3-4 porsi)

800 gram daging sapi (bisa diganti daging lain), potong dadu
50 gram jahe, hancurkan
200 gram bawang bombai, potong jadi empat bagian
100 gram kacang, hancurkan
1 sdm bubuk kunyit atau bubuk jahe
1 sdm bubuk paprika manis
1 liter air putih
Garam secukupnya
2 cabai rawit (opsional)


Cara membuat

1. Dengan panci berukuran besar yang dipanaskan di api sedang, masukkan daging sapi, jahe, dan air lalu didihkan. Setelah itu, kecilkan api dan kembali didihkan selama 60-90 menit sampai daging terasa empuk.

2. Tambahkan bawang bombai, bubuk kunyit, bubuk paprika manis, sebagian kacang, cabai rawit, dan garam secukupnya. Aduk semua bahan sampai merata dan biarkan mendidih selama 5 menit di api sedang.

3. Setelah matang seluruhnya, matikan api dan sajikan dengan sisa kacang hancur selagi hangat. Konsumsi makanan ini bersama dengan nasi atau kentang.

Jadi bagaimana, mudah bukan? Meski resep ini membutuhkan waktu setidaknya sampai dua jam, tetapi enggak ada salahnya untuk coba membuat hidangan unik ini. Selamat mencoba!

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Permission to Dance BTS Bertengger di Puncak Tangga Lagu Billboard

BERIKUTNYA

Akhirnya TikTok Larang Promosi Mata Uang Kripto di Platformnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: