Suasana perayaan jelang Scudetto SSC Napoli (Sumber gambar: Twitter.com/sscnapoli)

Di Ambang Juara, Pesta Scudetto SSC Napoli Menanti Setelah 33 Tahun

03 May 2023   |   12:39 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ornamen Scudetto menghiasi klub SSC Napoli di penghujung pekan ini. Ya, istilah yang tak asing dalam kompetisi sepak bola Italia ini menyambangi klub yang bertengger manis sebagai pemuncak klasemen pertama Serie A Italia. Scudetto merupakan tradisi unik sepak bola Italia yang sudah berlangsung sejak 1924.

Perlu diketahui, Scudetto adalah gelar kehormatan yang diberikan kepada pemenang liga dengan simbol perisai berwarna bendera Italia, sesuai dengan arti dari Scudetto sendiri yang berarti perisai kecil.

Baca juga: Football Lover, Ini 5 Sponsor Liga Sepak Bola Dunia

Scudetto disematkan kepada tim yang akan keluar sebagai juara. Dalam dunia sepak bola Italia, menerima Scudetto merupakan suatu hal yang teramat membanggakan. SSC Napoli tampaknya bisa tersenyum lepas di musim ini. Pasalnya, mereka terpaut poin yang sangat jauh dengan sang penduduk klasemen di bawahnya. Meraih 79 poin, II Partenopei bernapas lega berkat Lazio sebagai posisi kedua baru mengoleksi 61 poin.

Sementara posisi klasemen di bawah Lazio hanya terpaut perbedaan 1-3 poin saja. Misalnya, Juventsus yang meraih 60 in serta Inter dan Milan yang sama-sama meraih 57 poin tepat berada si posisi ke-4 dan ke-5. Persaingan klasemen bawah itu terlihat sengit karena momen kerjar-kejaran skor, berbanding terbalik dengan ketenangan SSC Napoli yang bersantai di atas.

Meski demikian, terpaut 18 poin dari lawan tak boleh membuat SSC Napoli bersenang-senang dahulu. Pasalnya, gembar-gembor soal menyegel Scudetto masih berbuah pahit.
Pekan lalu, SSC Napoli hampir mengetas sejarah Scudetto. Sayang, klub yang sudah berdiri 98 tahun tersebut harus menunda asa mereka meraih gelar kehormatan. Pasalnya, permainan SSC Napoli tertahan imbang 1-1 melawan Salernitana pada Minggu (30/4/2023) di Stadion Diego Armando Maradona. Penggemar yang sudah bersiap merayakan momen itu harus menahan hasratnya lebih lama.

Padahal, para fans sudah hampir meloncat di menit akhir laga itu. Pasalnya, kaki Mathias Olivera sudah lebih dahulu mengamankan SSC Napoli, sebelum akhirnya Salernitana melesatkan gol di menit akhir. Pertandingan dengan akhir tak terduga itu otomatis membuat SSC Napoli tertunduk.

Apalagi, Napoli sudah haus juara setelah 33 tahun tidak menyetuh trofi.  Tak heran jika penggemar sudah bersiap merayakan kemenangan di kandang mereka sendiri.

Bahkan, media sosial sempat menunjukkan detail kota Napoli yang berhiaskan jersey-jersey pemain SSC Napoli  bergantung di bangunan-bangunan dan sudut kota. Warga Napoli juga mengibarkan bendera putih dan biru khas SSC Napoli. Warga berseliweran menggunakan jersey Napoli berjalan dan berkumpul di sepanjang kota.
SSC Napoli memiliki potensi besar untuk merengkuh gelar juara setelah kemenangan terakhir pada 1990. Meski masih tersandung Salernitana di pertandingan terakhir, optimisme tetap mewarnai raut SSC Napoli beserta fans. Dengan poin yang jauh, trofi itu masih sangat mungkin diraih klub yang berdiri sejak 1924 tersebut.

Baca juga: Mengenal Istilah GOAT dalam Sepak Bola, Perdebatan Julukan Bagi Messi dan Ronaldo

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Sejarah Hari Kebebasan Pers Sedunia yang Diperingati 3 Mei

BERIKUTNYA

Latar Belakang Hari Pemadam Kebakaran Internasional yang Diperingati Setiap 4 Mei

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: