Salah Satu Pemandangan di Kebun Raya Cibodas (Sumber gambar: Wikimedia/SunDawn)

Intip 4 Spot Terbaik di Kebun Raya Cibodas

24 April 2023   |   20:00 WIB

Biasanya nih saat tiba libur Lebaran, warga Jabodetabek berduyun-duyun mendatangi Kebun Raya Cibodas, yang berada di kawasan Puncak. Panorama alam dan udara yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri tempat yang juga digunakan untuk penelitian tersebut. 

Dilansir dari kebunraya.id, Kebun Raya Cibodas ini didirikan pada 11 April 1852 oleh Johannes Ellias Teijsmann dengan nama awal Bergtuin te Tjibodas (Kebun Pegunungan Cibodas). Pada mulanya sebagai tempat aklimatisasi jenis-jenis tumbuhan asal luar negeri yang mempunyai nilai penting dan ekonomi yang tinggi. Salah satu contohnya adalah Pohon Kina (Cinchona calisaya).

Baca juga: Selama Januari-Juli 2022, Pengunjung di Empat Kebun Raya Ini Mencapai 1,4 Juta Jiwa

Lalu, berkembang menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor dengan nama Cabang Balai Kebun Raya Cibodas. Pada 2003, status Kebun Raya Cibodas diubah menjadi lebih mandiri sebagai Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas di bawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dalam kedeputian LIPI.

Lokasi Kebun Raya Cibodas ini beralamat di Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253. Untuk jam operasionalnya sendiri, mulai Senin sampai dengan Jumat dari pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Adapun pada Senin sampai dengan Minggu atau libur nasional dari pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB.

Harga tiketnya pun bervariasi. Pada Senin sampai dengan Jumat, wisatawan domestik dikenakan biaya Rp15.500, wisatawan asing dikenakan biaya Rp 15.500, dan sepeda dikenakan biaya Rp15.000. Sementara itu, pada Sabtu, Minggu atau hari libur nasional, wisatawan domestik dikenakan biaya Rp25.500, wisatawan asing dikenakan biaya Rp25.500, sepeda Rp20.000, mobil Rp35.000, dan motor Rp5.000,-.

Nah, ada beberapa spot terbaik di Kebun Raya Cibodas yang bisa Genhype kunjungi:


1. Kolam besar

Kolam besar merupakan spot terbaik pertama untuk Genhype kunjungi. Kolam besar ini merupakan area padang rumput dengan kontur pegunungan yang luas. Kolam ini didirikan oleh Dr. Melichior Treub pada 1901 dan berfungsi untuk menambah keanekaragaman koleksi tumbuhan air. Selain itu, di sekitaran kolam besar ini terdapat guest house untuk Genhype yang ingin bermalam di Kebun Raya Cibodas ini.
 

Kolam Besar di Kebun Raya Cibodas (website/kebunraya.id

Kolam Besar di Kebun Raya Cibodas (website/kebunraya.id)


2. Air Terjun Cibogo

Air Terjun Cibogo menjadi spot terbaik kedua untuk Genhype kunjungi di Kebun Raya Cibodas ini. Air terjun Cibogo berlokasi hanya 250 meter dari pintu masuk utama atau sekitar 10 menit perjalanan. Ukuran Air Terjun Cibogo tidak terlalu besar, tetapi debit airnya cukup deras. Tinggi air terjun Cibogo antara 15 meter sampai 18 meter dan terdapat kolam kecil di bawah air terjun ini.
 

Air Terjun Cibogo (website/kebunraya.id)

Air Terjun Cibogo di Kebun Raya Cibodas (website/kebunraya.id)


3. Taman Sakura

Taman Sakura merupakan spot terbaik keempat yang bisa dikunjungi oleh Genhype. Kebun Raya Cibodas ini mempunyai 7 jenis Sakura yaitu Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp, Prunus arborea dan Prunus costata. Taman Sakura ini dibuat pada 2007 dengan luas 6.647 meter persegi.
 

Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas (website/kebunraya.id)

Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas (website/kebunraya.id)


4. Air Terjun Ciismun

Air Terjun Ciismun menjadi spot terbaik keempat yang bisa Genhype kunjungi. Dibandingkan dengan Air Terjun Cibogo, Air Terjun Ciismun lebih jauh lokasinya. Air Terjun Ciismun berjarak 1,1 km dari pintu loket karcis masuk atau sekitar 45 menit perjalanan. Air terjun ini berada pada ketinggian 1257 mdpl. Tinggi Air Terjun Ciismun sendiri sekitar 25 meter dengan lebar kaki jatuhan air terjun sekitar 5 meter.

Baca juga: Bersiap Menikmati Indahnya Suasana Malam di Glow Kebun Raya Bogor

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Blackpink Tampil Memukau dalam Balutan David Koma hingga Mugler di Coachella Week 2

BERIKUTNYA

Resep Sayur Godog Khas Betawi, Lezat Bikin Nagih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: