Tampilan es oyen. (Sumber gambar : Instagram Es Oyen Tebet)

Resep Es Oyen, Minuman Legendaris Asal Bandung yang Manis & Segar

09 April 2023   |   08:20 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bandung memiliki ragam kuliner yang lezat dan menarik. Salah satu yang patut dicoba yakni es oyen. Sejenis es campur ini memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan, sangat cocok untuk menjadi takjil atau menu berbuka puasa. 

Es oyen biasanya terdiri dari kelapa muda, buah nangka, alpukat, agar-agar, kental manis, sagu mutiara. Terkadang ada yanng menambahkan tapai atau cincau, tergantung selera pembuatnya. 

Jenis es legendaris asal Bandung ini merupakan kreasi dari seorang penjual minuman yang mewarisi usaha keluarga, Bashar Sudjana. Dalam buku 200 ikon Bandung, Ieu Bandung, Lur! (2010), disebutkan bahwa Bashar bersama istrinya, Tati Sutihat memulai usaha sirup sekoteng di Bandung. 

Baca juga: 5 Resep Takjil Manis, Sehat & Bergizi untuk Buka Puasa, Mudah Dibuat Loh

Dia berkeliling kampung menjajakan minuman tersebut. Pada 1962, Bashar membuka gerai pertamanya di Jalan Sukajadi No.18 Bandung. Bashar menyajikan menu serba es yang menyegarkan. 

Jualannya laris. Pada 1970, muncul julukan Pak Oyen dari pelukis asal Jogjakarta yang melukis wajah Bashar. Namun, versi lain yang muncul di masyarakat, kata Oyen, diambil dari nama burung perkutut milik Bashar. Burung itu memiiki kicauan yang terdengar seperti kata, Oyen. 

Entah mana yang benar, es oyen hingga kini menjadi salah satu minuman favorit warga Bandung, maupun masyarakat di luar Kota Kembang ini. Gerai Pak Oyen pun semakin luas dan tersebar di beberapa daerah, termasuk Jakarta.

Walaupun gerainya sudah dimana-mana, es oyen menjadi salah satu minuman yang mudah dibuat lho, Genhype. Nah, buat kamu yang tidak menemukan gerai es oyen dan ingin mencobanya di rumah, berikut resep es oyen yang manis dan menyegarkan untuk berbuka puasa. 

Resep Es Oyen

Bahan-bahan:

  • 1 buah kelapa muda
  • 1 bungkus agar-agar
  • 2 buah alpukat 
  • 150 gram nangka
  • 100 gr biji mutiara
  • 100 ml sirup vanilla
  • 5 sdm susu kental manis
  • 1 liter air putih
  • es batu secukupnya


Cara Membuat:

  1. Panaskan air di dalam panci dengan api sedang. Rebus agar-agar hingga mendidih. Angkat dan tuang ke dalam wadah, diamkan hingga padat lalu potong dadu. 
  2. Rebus biji mutiara hingga matang sempurna. Jika sudah matang, tiriskan. Untuk mempersingkat waktu saat merebus, kamu dapat merendam biji mutiara terlebih dahulu. 
  3. Seraya menunggu agar-agar padat dan biji mutiara dingin, keruk daging buah alpukat menggunakan sendok, sisihkan. Opsi lain, kamu dapat memotong buah alpukat menjadi dadu.
  4. Ambil daging kelapa menggunakan sendok dan sisihkan.
  5. Ambil buah nangka, keluarkan bijinya, potong dadu dan sisihkan.
  6. Siapkan mangkuk atau gelas saji, tata agar-agar, mutiara, kelapa muda, alpukat, dan alpukat. Siram dengan sirup vanila dan susu kental manis, lalu masukkan es batu ke dalamnya.
  7. Sajikan, es oyen siap menjadi teman berbuka puasa yang manis dan menyegarkan.
Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

8 Keluarga Terkaya di Dunia, Pemilik Walmart Kalahkan Bisnis Milik Mars

BERIKUTNYA

5 Tips Tampil Glow Up Saat Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: