Gambar Koloni Lebah di Sarang Lebah (Sumber gambar: hypeabis.id/Florencia Irena)

3 Cara Sederhana Menguji Keaslian Madu

24 March 2023   |   14:55 WIB

Memasuki musim pancaroba yang tak menentu kondisi tubuh seseorang bisa ikut terpengaruh hingga menjadi tidak stabil. Kita semua tahu musim pancaroba seperti sekarang jadi masa rentan seseorang tertular penyakit sehingga kita wajib memperhatikan stamina dan kesehatan tubuh.

Pada umumnya menjaga kesehatan tubuh akan identik dengan melakukan kegiatan berolahraga, tetapi selain berolahraga ternyata banyak hal yang bisa dilakukan untuk dapat menjaga kesehatan tubuh seperti, minum vitamin, menjaga pola makan sehat, tidur dan beristirahat yang cukup, serta mengonsumsi madu.

Baca juga: 4 Asumsi tentang Madu Ini Ternyata Mitos

Tak hanya dapat menjaga imunitas tubuh, mengkonsumsi madu juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti, menyehatkan jantung, cepat menyembuhkan luka pada kulit, baik untuk sistem pencernaan, meredakan batuk, bahkan dapat menurunkan berat badan yang berlebih, sehingga sangat cocok juga untuk dikonsumsi oleh Genhype yang sedang diet nih.

Namun, sebelum mengkonsumsi madu akan lebih baik jika terlebih dahulu memerhatikan keaslian dan kandungan yang ada pada produk madu yang akan dikonsumsi.

Sebutan madu murni berlaku untuk madu yang benar-benar bersumber dari gula nektar tanpa campuran sirup gula. Sementara istilah madu asli merujuk pada madu yang bersumber dari lebah madu dan bukan buatan tangan manusia.

Saat ini ada produk madu yang palsu ternyata masih beredar di banyak tempat, serta kebanyakan kandungan madu yang sering diperjual belikan mengandung gula tambahan.

Berikut adalah tiga cara untuk mengujij keaslian pada madu yang bisa Genhype praktikan:
 

Ilustrasi minuman dengan madu. (Sumber foto: Unsplash/Angello Pro)

Ilustrasi minuman dengan madu. (Sumber foto: Unsplash/Angello Pro)


 


1. Madu Asli Mudah Terbakar 

Cairan madu yang asli tentu akan bertekstur lengket dan cukup kental, selain itu jika kita merendam batang korek api kayu pada madu, maka saat batang kayu yang telah terendam madu itu digesekan ke kotak korek api, batang kayu itu akan tetap dapat menangkap dan berhasil menciptakan api.

Namun, ketika batang kayu digesekkan dan tidak mengeluarkan api maka jelas kandungan pada madu tidak asli dan merupakan madu palsu.

Sementara itu, yang madu asli dipanaskan dengan api di atas sendok logam tidak akan mengeras. Sebaliknya, madu dengan kandungan gula tambahan akan mengeras saat dipanaskan dengan metode yang sama.


2. Tidak Meleleh

Cara lain yang dapat dicoba untuk menguji keaslian madu adalah dengan memasukan madu ke dalam segelas air bersuhu ruang. Madu asli tidak akan meleleh dan tidak terputus saat masuk ke dalam air, melainkan madu akan jatuh turun ke bawah membentuk garis lurus dan terlihat seperti menari.


3. Tetesannya Tidak akan Terjatuh

Dengan menaruh sedikit madu pada ujung jari tangan, lalu kemudian membalikan tangan ke arah bawah, maka madu yang asli tidak akan terjatuh karena akan tetap melekat dan menempel pada ujung jari.

Selain madu ternyata lebah juga dapat memproduksi royal jelly yang merupakan susu lebah, dan dapat digunakan untuk kecantikan ataupun ramuan tradisional bagi kesehatan. Royal jelly juga  merupakan makanan bagi ratu lebah, sehingga biasanya harga royal jelly itu sendiri akan sangat mahal dibandingkan madu biasa.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

ROH Galeri Mengadakan Pameran Tunggal New Obsolescence: ADITYAVOVALI

BERIKUTNYA

Siap Ke Indonesia, Cek Harga Tiket Fan Meeting Kim Seon-ho di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: