Ilustrasi-Andrea Piacquadio (Pexels)

Kenali 8 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

14 July 2021   |   13:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

4. Depresi
Suasana hati yang tertekan juga bisa menjadi tanda kekurangan vitamin D. Dalam studi review, para peneliti telah mengkaitkan kekurangan vitamin D dengan depresi, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. 

5. Gangguan penyembuhan luka
Penyembuhan luka yang lambat setelah operasi atau cedera juga merupakan tanda bahwa kadar vitamin D dalam tubuh terlalu rendah. Faktanya, hasil dari penelitian tabung menunjukkan bahwa vitamin meningkatkan produksi senyawa yang penting untuk membentuk kulit baru sebagai bagian dari proses penyembuhan luka.

6. Pengeroposan tulang
Vitamin D juga memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium dan metabolisme tulang. Banyak orang tua yang didiagnosis dengan keropos tulang percaya bahwa mereka perlu mengonsumsi lebih banyak kalsium. Namun, mereka kekurangan vitamin D juga. Kepadatan mineral tulang yang rendah merupakan indikasi bahwa tulang telah kehilangan kalsium dan mineral lainnya. Itu menempatkan orang dewasa yang lebih tua, terutama wanita, pada peningkatan risiko patah tulang.

7. Rambut rontok
Rambut rontok sering dikaitkan dengan stres yang menjadi penyebab umum. Namun, ketika rambut rontok patah, itu merupakan akibat dari penyakit atau kekurangan nutrisi. Kerontokan rambut pada wanita telah dikaitkan dengan kadar vitamin D yang rendah, meskipun hingga saat ini masih sangat sedikit penelitian tentang hal ini.

8. Nyeri otot
Penyebab nyeri otot seringkali sulit untuk ditentukan. Meskipun begitu, ada beberapa bukti bahwa kekurangan vitamin D dapat menjadi penyebab potensial nyeri otot pada anak-anak dan orang dewasa. Dalam satu penelitian, 71 persen orang dengan nyeri otot kronis ditemukan kekurangan vitamin D.


Editor: Indyah Sutriningrum
 
1
2


SEBELUMNYA

Yah, Google Meet Akan Dibatasi Jadi Satu Jam untuk Akun Gratis

BERIKUTNYA

Mengenal Secondary Skin Rumah, Fungsi & Instalasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: