Ilustrasi-Andrea Piacquadio (Pexels)

Kenali 8 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

14 July 2021   |   13:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Vitamin D adalah vitamin yang sangat penting yang memiliki efek kuat pada beberapa sistem di seluruh tubuh. Tidak seperti vitamin lainnya, vitamin D berfungsi seperti hormon yang artinya setiap sel dalam tubuh memiliki reseptor untuk itu.

Akan tetapi, vitamin D tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Kamu harus mendapatkan asupannya dari sumber lain seperti sinar matahari. Jika kamu jarang beraktivitas di luar dan tidak terpapar sinar matahari, tubuh dapat kekurangan vitamin D.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka kekurangan vitamin D karena gejala umumnya yang tidak kentara. Padahal, itu bisa berdampak signifikan pada kualitas hidup seseorang. Melansir dari Healthline, berikut ini 8 tanda dan gejala kekurangan vitamin D.

1. Sering sakit atau infeksi
Salah satu peran terpenting vitamin D adalah menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat sehingga mampu melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Sebab, vitamin D secara langsung berinteraksi dengan sel-sel yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi. Jika kamu sering sakit, terutama karena pilek atau flu, kadar vitamin D yang rendah mungkin menjadi faktor penyebabnya.

2. Sering merasa kelelahan
Merasa lelah bisa banyak penyebabnya dan kekurangan vitamin D adalah salah satunya. Sayangnya, ini sering diabaikan sebagai penyebab yang potensial. Studi kasus telah menunjukkan bahwa kadar vitamin D dalam darah yang sangat rendah dapat menyebabkan kelelahan yang dapat memiliki efek negatif parah pada kualitas hidup.
 

Ilustrasi-Christian Erfurt (Unsplash)

Ilustrasi-Christian Erfurt (Unsplash)


3. Sakit tulang dan punggung
Vitamin D membantu menjaga kesehatan tulang dalam beberapa cara, salah satunya adalah meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Nyeri tulang dan punggung bawah merupakan tanda kadar vitamin D yang tidak memadai dalam darah.

 
1
2


SEBELUMNYA

Yah, Google Meet Akan Dibatasi Jadi Satu Jam untuk Akun Gratis

BERIKUTNYA

Mengenal Secondary Skin Rumah, Fungsi & Instalasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: