Tuan Tigabelas & Yacko (Sumber gambar: Creathink Publicist)

Bikin Bangga, Rapper Yacko & Tuan Tigabelas Bakal Gebrak Panggung 2 Festival Musik Dunia

23 February 2023   |   16:02 WIB

Kualitas musisi Indonesia kian diakui oleh penikmat musik dunia. Dua rapper asal Tanah Air, Yacko dan Tuan Tigabelas, akan tampil di dua festival musik internasional besar yakni South by Southwest (SXSW) di Amerika Serikat pada 16 Maret 2023 dan Babel Music XP di Prancis pada 23 Maret 2023.

Mereka akan satu panggung dengan lebih dari 300 musisi lainnya dari seluruh dunia. South by Southwest (SXSW) merupakan salah satu konferensi dan festival tahunan terbesar di Amerika Serikat yang merayakan berbagai elemen, mulai dari media teknologi, film, musik, pendidikan, dan budaya. Untuk segmen musik, mereka mempunyai program bertajuk SXSW Music Festival yang dihelat sejak 1987 di Austin, Texas.

Sementara itu, Babel Music XP adalah sebuah forum musik dan ekspo yang diselenggarakan di kota Marseille, Prancis. Sebelumnya, acara ini lebih dikenal dengan nama Babel Med Music (2005-2017) dan Before Babel (2020) hingga akhirnya menjadi Babel Music XP.

Baca juga: Bikin Bangga! 7 Film Indonesia Tayang di Festival Film Internasional Rotterdam

Pertukaran informasi antara para pelaku musik di seluruh dunia serta strategi menghadapi masalah yang timbul dalam industri musik merupakan tujuan utama dari diselenggarakannya  forum Babel Music XP.

Yacko dan Tuan Tigabelas adalah dua rapper pertama dari Indonesia yang berhasil mendapatkan kesempatan untuk tampil di SXSW, sekaligus menjadikan mereka sebagai bagian dari perwakilan musisi Indonesia yang semakin berkembang di kancah internasional.

Untuk bisa tampil di festival musik bergengsi itu, mereka harus melalui seleksi ketat berdasarkan kualitas dan integritas musiknya. Adapun, beberapa musisi Indonesia sebelumnya telah berhasil tampil di festival tersebut seperti White Shoes and The Couples Company (WSATCC), The SIGIT, Shaggydog, dan Efek Rumah Kaca.

Tahun ini, SXSW akan berlangsung selama 10 hari yakni pada 10-19 Maret 2023 di Austin, Texas, AS. Sementara untuk perhelatan SXSW Music Festival akan diselenggarakan pada 13-18 Maret 2023.

"Bisa tampil di SXSW adalah salah satu mimpi saya sebagai musisi. Apalagi belum pernah ada rapper Indonesia sebelumnya yang pernah tampil di sini," kata Yacko dalam keterangan resminya.

Dia pun menambahkan bahwa kesempatan ini bisa menjadi momentum baginya untuk bisa terus berkembang dan mendapatkan pengalaman berkolaborasi secara internasional, sehingga bisa mendapatkan inspirasi dan ide-ide kreatif dalam berkarya serta strategi di dalam berkarier di musik juga membuat program dari festival.
 

Sementara itu, Babel Music XP akan digelar setelah SXSW yakni pada 23-25 Maret 2023 di Marseille, Prancis. Yacko dan Tuan Tigabelas akan tampil bersama musisi dari negara lain seperti Ana Carla Maza (Spanyol), Davide Ambrogio (Italia), Lucas Santtana (Brazil), dan masih banyak lagi.

Awalnya, festival ini direncanakan sebelum pandemi tetapi harus ditunda hingga tahun 2023. Yacko dan Tuan Tigabelas telah dikonfirmasi tampil di festival ini pada Desember 2022 lalu. 

Ini adalah sejarah bagi Yacko dan Tuan Tigabelas karena menjadi musisi pertama dari Indonesia yang berkesempatan untuk tampil di Babel Music  XP. Tidak hanya berdua, nantinya mereka akan ditemani oleh DJ Domdom di panggung tersebut.

Tuan Tigabelas mengatakan kesempatan ini bisa menjadi momentum baginya untuk bisa memperkenalkan musiknya dan Yacko di salah satu festival musik dunia. Menurutnya, musik adalah bahasa yang universal sehingga ini menjadi kesempatan baginya untuk bisa berbicara lewat musik sekaligus membawa nama Indonesia kepada penikmat musik global.

"Rasanya masih seperti mimpi bagaimana musik bisa membawa saya pergi sejauh ini. Kami adalah musisi Indonesia pertama yang bermain di festival ini, bangga luar biasa," ungkapnya.

Dia pun berharap bahwa momentum ini bisa menjadi gerbang pembuka bagi musisi lain khususnya rapper di Tanah Air untuk bisa berkesempatan menampilkan karya-karya terbaik mereka di depan audiens yang lebih luas lagi.


Profil Yacko & Tuan Tigabelas

Yani Oktaviana atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Yacko merupakan rapper kelahiran Surabaya, 10 Oktober 1979. Perempuan yang telah jatuh cinta dengan musik rap sejak usia 13 tahun ini mengawali kariernya sebagai rapper dengan mengikuti kompetisi rap di Surabaya pada 1992.

Ketika berusia 16 tahun, dia mendapatkan kontrak rekaman pertamanya di mana dia ikut menyumbangkan suara dalam album rekaman kompilasi Pesta Rap 2 dengan lagu Nongkrong. Menempuh karier musik yang sudah berlangsung selama lebih dari dua dekade, total ada tiga album penuh yang Yacko rilis di rentang waktu tersebut. Ketiganya adalah Refleksi (2005), Mendua (2008), dan The Experiment (2013).

Dalam karya-karya musiknya, Yacko kerap menyuarakan berbagai keresahannya terhadap ragam tantangan yang dihadapi oleh perempuan. Selain berkarier sebagai rapper, Yacko juga merupakan seorang kepala kampus dan dosen di USG Education Pondok Indah, Jakarta.
 

Tuan Tigabelas & Yacko (Sumber gambar: Creathink Publicist)

Tuan Tigabelas & Yacko (Sumber gambar: Creathink Publicist)

Sementara itu, Muhammad Syaifullah atau yang lebih beken dengan nama Tuan Tigabelas merupakan rapper asal Jakarta. Telah menulis lagu sejak 2009, Tuan Tigabelas memulai kariernya dengan membentuk band hip hop bernama Rebel Education Project (REP) pada 2011.

Tiga tahun kemudian, mereka merilis album pertama bertajuk Letter To. Namun, Tuan Tigabelas mulai menjajal solo karier dengan merilis single bertajuk On My Mind pada 2017. Sejak memutuskan untuk berkarier solo, Tuan Tigabelas sudah merilis sebuah album penuh bertajuk Harimau Soematra yang dirilis pada 2019 silam serta beberapa single lepasan seperti Rumah dan Ready. 

Tergabung di kolektif WestWew, Tuan Tigabelas juga baru saja menggarap proyek kolaborasi bersama SicknessMP dengan payung Blunt Brothers yang sudah menghasilkan EP dengan judul yang sama.

Sama seperti Yacko, Tuan Tigabelas kerap menyelipkan isu-isu sosial pada karya-karyanya. Salah satunya adalah mengingatkan pendengarnya tentang keberadaan Harimau Sumatera yang terancam punah. Adapun, Yacko dan Tuan Tigabelas sendiri juga pernah berkolaborasi dengan meluncurkan dua single yakni Anti Hero (2016) dan High (2021).


Editor: Indyah Sutriningrum
 
SEBELUMNYA

Ingin Tidur Nyenyak Berkualitas? Ganti Saja Kasurnya

BERIKUTNYA

Restoran Vegetarian Tertua di Dunia ada di Swiss, Intip Apa Saja Makanannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: