Ilustrasi Android (dok: Unsplash/Denny Muller)

Google Hentikan Dukungan untuk Ponsel Android Jelly Bean

11 July 2021   |   11:35 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Teknologi ponsel pintar berkembang dengan sangat pesat. Hingga tak terasa sebentar lagi kalian harus mengucapkan selamat tinggal kepada sistem operasi Android Jelly Bean. Google menyatakan akan menghentikan dukungan pembaruan Google Play Service untuk ponsel yang masih menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean.

Pemberhentian itu berlaku pada Android 4.1, 4.2 dan 4.3 (versi API 16 sampai 18). Google juga meminta pengembang aplikasi menghentikan dukungan untuk Jelly Bean

Seperti dikutip dari GSM Arena pada Minggu (11/7/2021), walaupun demikian bukan berarti Google benar-benar menyuntik mati sistem operasi tersebut secepatnya. Google dikabarkan masih akan memberikan satu pembaruan terakhir untuk ponsel-ponsel dengan sistem operasi Android Jelly Bean pada Agustus 2021 mendatang.

Selain itu, untuk dukungan aplikasi, Google menyebut ponsel dengan Android Jelly Bean masih bisa mengunduh aplikasi dengan API versi 19+ atau aplikasi yang didesain untuk Android 4.4 KitKat. Tetapi, aplikasi yang bisa digunakan hanyalah versi lama, begitu ada pembaruan, pengguna ponsel dengan Android Jelly Bean tidak akan mendapatkannya.

Google memutuskan untuk menghentikan dukungannya kepada ponsel dengan Android Jelly Bean lantaran minimnya jumlah pengguna. Ketiga versi Jelly Bean saat ini digunakan kurang dari 1 persen perangkat Android aktif.

Android Jelly Bean pertama kali hadir pada 2012 lalu, versi 4.2 muncul di tahun yang sama, disusul versi 4.3 setahun kemudian.

Google selama ini memang mematikan Android versi lama yang sudah jarang digunakan demi efektivitas pekerjaan. Android versi lama membutuhkan penanganan khusus.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Ada Fitur Baru Nih Buat Kalian yang Suka Lupa Password di iOS 15

BERIKUTNYA

TikTok Larang Konten & Iklan Promosi Investasi, Kenapa Ya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: