Tamago Sando atau Egg Salad Sandwich. (Sumber gambar: Unsplash)

Resep Tamago Sando, Sandwich Salad Telur ala Jepang

23 November 2022   |   15:16 WIB

Bagi Genhype penggemar olahan roti lapis dan telur, ada satu hidangan yang wajib dicoba sebagai hidangan sarapan maupun makan siang. Berasal dari Jepang, hidangan bernama tamago sando ini dikenal dengan kombinasi salad telur sebagai isian di dalam roti tawar berpotongan besar.

Umumnya, hidangan ini mudah ditemukan di dalam konbini atau minimarket sebagai salah satu deretan hidangan roti-rotian. Hidangan ini hanya membutuhkan sedikit bahan baku dengan durasi masak yang kurang dari satu jam lho, sehingga cocok dijadikan sebagai bekal yang simpel dan mengenyangkan.

Baca juga: Resep Brulee Bomb Udang Krispi, Camilan Serupa Kroket dengan Isian Meleleh

Melansir dari Just One Cookbook dan Tasty, yuk simak resep sandwich salad telur yang bisa dipersonalisasi sesuai keinginan Genhype dan bisa divariasikan dalam bentuk lain.
 
 

Bahan-bahan (untuk dua sajian)

  • 4 lembar roti shokupan atau roti dengan potongan yang tebal
  • 3 butir telur
  • 3 sdm mayonais Jepang
  • 2 sdm susu (bisa diganti menjadi 1 sdm heavy cream)
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdt garam
  • Lada hitam secukupnya
  • 2 sdm mentega tawar
 

Cara membuat

  1. Rebus telur di dalam panci berisi air dengan api sedang. Masak selama 12 menit
  2. Setelah matang, rendam telur dalam air dingin berisi es batu agar telur berhenti termasak. Biarkan sampai dingin dan kupas kulitnya.
  3. Pindahkan telur yang sudah dikupas dalam mangkuk baru. Hancurkan sampai menjadi butiran kecil.
  4. Tambahkan gula dan garam, lalu aduk rata. Kemudian masukkan lada dan susu dan aduk kembali sampai merata. Cicipi campuran telur ini dan tambahkan bumbu sesuai selera.
  5. Masukkan mayonais ke dalam campuran telur. Aduk sampai semua tercampur rata.
  6. Siapkan dua lembar roti yang akan menjadi alas dari salad telur. Oleskan mentega secukupnya, kemudian oleskan salad telur hingga terdistribusi merata.
  7. Setelah sudah merata, tutup kedua lembar roti dengan lembaran roti lainnya yang sudah diberi mentega pada bagian bawahnya.
  8. Tumpuk satu tangkap roti dengan roti lainnya, kemudian tekan dengan piring lain yang lebih berat selama lima menit.
  9. Setelah sudah cukup merekat, belah roti menjadi dua. Sajikan.
 

Tip

  1. Tambahan telur rebus setengah matang bisa dilakukan untuk sandwich ini, di mana satu butir telur diperuntukkan bagi satu tangkap sandwich. Caranya adalah merebus telur selama kurang lebih 5-7 menit, lalu kupas telur dan letakkan di bagian tengah setelah mengoleskan salad telur. Pastikan untuk memberikan tambahan salad di bagian samping telur agar tetap bertahan.
  2. Untuk roti yang ingin dibawa ke dalam kontainer, sandwich yang sudah ditutup bisa langsung dibungkus kertas roti atau parchment paper. Pemotongannya dilakukan dengan membagi dua dan pastikan potongan ini putus hingga pada kertas pelapisnya.
  3. Bagian pinggiran roti tawar bisa dipotong pada proses setelah sandwich sudah ditutup. Untuk memotongnya, pastikan bagian pinggiran roti berwarna kecoklatan terpotong dan menyisakan bagian putih yang sudah menjadi sandwich. Model roti ini lebih umum ditemukan dalam konbini atau minimarket di Jepang.
  4. Roti tawar shokupan bisa diganti dengan beberapa variasi roti serupa, misalnya roti tawar Amerika yang lebih tipis atau roti brioche yang identik dengan rasa mentega yang cukup kuat. Bahkan, beberapa variasi sandwich salad telur menggunakan roti untuk hidangan burger. 
Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Alasan Keamanan, Acara Bukalapak yang dihadiri Song Joongki diadakan Tertutup

BERIKUTNYA

Cyberbullying Mengintai Anak, Lakukan 5 Langkah Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: