sumber gambar ilustrasi : Pixabay dari Pexels

5 Kuliner Khas Mandalika Ini Dijamin Bikin Ketagihan

10 July 2021   |   15:55 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia adalah surganya bagi para pecinta kuliner, berbagai macam  makanan khas akan kalian temui saat Genhype berkunjung ke suatu daerah di Indonesia. Tidak terkecuali Mandalika, Lombok, yang menjadi salah satu destinasi super prioritas.

Dilansir dari Indonesia Travel, ini sajian-sajian kuliner khas Mandalika yang tidak boleh Genhype lewati saat berkunjung ke salah satu kota terindah di Indonesia ini.


1. Sate Bulayak

Perpaduan rempah dalam potongan daging sapi yang tersaji dalam kuliner ini akan memanjakan lidah Genhype lho. Sate yang satu ini berbeda dari sate-sate yang lain lho Genhype karena bumbunya terbuat dari kacang tanah sangrai yang dimasak bersama santan, sehingga cita rasanya menyerupai bumbu kari.

Tidak hanya itu, lontong yang disajikan bersama sate dibungkus menggunakan daun aren.


2. Ayam Taliwang

Buat Genhype para pencinta makanan pedas, pasti kenal dengan ayam taliwang. Sajian kuliner yang satu ini memadukan ayam dengan bumbu tradisional Indonesia.

Kombinasi rasa pedas manis dengan rempah yang melimpah, membuat lidah Genhype akan dimanjakan dengan kenikmatan hidangan ayam taliwang dan nasi putih hangat.


3. Sayur Ares

Sajian kuliner ini adalah sajian yang terbuat dari pelepah pisang. Pelepah pisang yang dimasak dengan santan bumbu merah dan tulang atau daging ayam ini memiliki rasa yang tidak boleh Genhype lewati ya.


4. Ayam Rarang

Sajian kuliner ayam lainnya yang tidak boleh Genhype lewati saat ke Mandalika adalah  Ayam Rarang. Ayam rarang memiliki bumbu pedas yang terbuat dari sambal goreng cabai rawit yang disebut sebagai bumbu plecing oleh masyarakat lokal.

Dengan warna merah merona, cita rasa ayam rarang pun semakin nikmat karena jenis ayam yang dipilih merupakan ayam kampung. 


5. Nasi Balap Puyung

Layaknya nasi kucing atau nasi rames khas Jawa, Lombok juga punya hidangan nasi khasnya, yaitu nasi balap puyung. Bagi kamu yang berkunjung sambil menikmati pertandingan MotoGP di sirkuit Mandalika, wajib mencoba kuliner khas ini.

Nasi balap puyung atau yang juga dikenal dengan nama nasi puyung merupakan hidangan berbahan nasi putih dengan ayam goreng, suwiran abon pedas, sambal, kacang kedelai goreng, kelapa parut, dan tumis sayur berupa kacang panjang atau buncis sebagai lauk pendampingnya.


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hati-hati dengan 5 Risiko Kesehatan Ini jika Sering Malas Gerak

BERIKUTNYA

3 Destinasi Lokal nan Eksotis Ini Bisa Dijelajahi dengan Virtual Trip

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: