Ilustrasi aplikasi musik (Sumber gambar: Kenny Eliason/Unsplash)

Rekomendasi 4 Aplikasi Pencari Judul Lagu, Bisa Deteksi dalam Hitungan Detik

16 January 2023   |   14:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Genhype pernah enggak sih mengalami kesulitan mencari judul lagu? Misalnya, kalian sedang asyik nongkrong di sebuah kafe dan tiba-tiba diputarlah sebuah lagu yang menarik, tetapi belum pernah kalian dengarkan sebelumnya dan teman tongkrongan juga tidak mengetahui judul musik tersebut. 

Jadilah kalian kesulitan mencari judul lagu atau bahkan lirik yang diucapkan dalam lagu tersebut. Nah Genhype sekarang sudah banyak lo aplikasi yang bisa mendeteksi judul lagu lewat suara. Aplikasi ini akan memudahkan kalian untuk mencari judul lagu dengan cepat, dalam hitungan detik saja.

Yuk simak rekomendasi aplikasi pencari judul lagu yang bisa kamu unduh di Android atau iPhone! 

Baca juga4 Rekomendasi Aplikasi Green Screen Untuk Bikin Konten di HP Android


1. Shazam

Shazam merupakan salah satu aplikasi pencari lagu yang populer untuk Android dan iPhone. Khususnya bagi pengguna iPhone, aplikasi Shazam ini bisa dibantu oleh Siri sehingga kamu bisa semakin mudah menemukan judul lagu yang ingin dicari. Cara kerjanya cukup mudah loh Genhype.

Kamu hanya perlu merekam lagu yang sedang diputar di sekitarmu hanya dalam hitungan 5 detik saja. Nantinya, aplikasi Shazam akan langsung mendeteksi judul lagu yang dimaksud dengan tepat. Menariknya, aplikasi ini bisa mendeteksi lagu dalam keadaan internet mati loh!


2. SoundHound

SoundHound terkenal dengan platform yang cocok untuk kamu yang suka nyanyi. Setiap lagu yang diputar di aplikasi ini akan menampilkan lirik lagu atau music video dari lagunya. Nah selain itu, ada juga fitur menarik lainnya yang ditawarkan aplikasi ini yaitu pendeteksi judul lagu.

Mirip seperti Shazam, kamu hanya perlu merekam lagu yang diperdengarkan kurang lebih 5 detik, nantinya aplikasi akan langsung mengidentifikasi judul lagu lengkap dengan penyanyinya.
 

Ilustrasi aplikasi pemutar musik (Sumber gambar: Mildly Useful/Unsplash)

Ilustrasi aplikasi pemutar musik (Sumber gambar: Mildly Useful/Unsplash)


3. Genius

Mungkin aplikasi ini terkenal dengan fitur lirik lagunya yang lengkap. Ternyata selain memiliki lirik lagu yang lengkap, Genius juga bisa digunakan untuk mencari lagu dengan cara menemukan lirik. Di dalam aplikasinya terdapat menu pengenalan musik di bagian bawah, kemudian kamu tinggal mendeteksi judul lagu yang ingin dicari.

Beberapa lagu yang teridentifikasi ini akan tampil dalam bentuk daftar seperti laman histori, sehingga kamu tidak perlu ribet mencarinya lagi. Setelah lagu terdeteksi, kamu bisa menyanyikannya sembari membaca lirik lagu lewat aplikasi ini.


4. Google Assistant dan Siri

Untuk kamu yang sudah terbiasa menggunakan Google Assistant atau Siri, kamu tidak perlu susah payah lagi mengunduh aplikasi pendeteksi judul lagu. Pengguna Android atau iPhone yang sudah mengaktifkan fitur asisten digital ini cukup mengucapkan kata “Hey Siri, What’s this song” untuk pengguna iPhone atau “Ok Google, What’s this song” untuk pengguna Android, kemudian perdengarkan lagu yang ada di sekitarmu. Nantinya, Google Assistant atau Siri akan menangkap lirik lagu yang diperdengarkan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi judul dan penyanyi lagu tersebut.

Baca juga4 Aplikasi Media Sosial Pengganti Twitter, dari Mastodon hingga Bluesky

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
 

SEBELUMNYA

ERACS Pangkas Proses & Pemulihan Ibu Pasca Operasi Caesar

BERIKUTNYA

Bali Trail Running Ultra 2023 Makin Seru dengan Tambahan Kategori Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: