Ilustrasi aplikasi green screen (Sumber gambar: Mart Production/Pexels)

4 Rekomendasi Aplikasi Green Screen Untuk Bikin Konten di HP Android

20 December 2022   |   10:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Bagi kreator konten, kebutuhan akan aplikasi pendukung untuk mempermudah membuat konten merupakan hal penting. Selain memerlukan pengkat komputer, kreator konten juga mungkin memerlukan aplikasi green screen untuk kebutuhan konten. Green screen adalah sebuah alat berupa latar yang tampak seperti backdrop di bagian belakang berwarna hijau.

Layar berlatar hijau itu akan membatu seleksi latar pada gambar dalam video yang dibuat. Secara umum, fungsi green screen adalah menggabungkan latar hijau pada video dengan video atau frame lainya.  Artinya, warna hijau tersebut dapat diubah sesuai apapun yang diinginkan sesuai kebutuhan.

Penggabungan dua frame dari video tersebutlah yang kerap disebut  Chroma Key atau kunci kroma. Sebelum populer digunakan kalangan kreator konten, green screen sudah lebih dahulu digunakan dalam pembuatan film-film dan tayangan televisi.

Karena teknologi yang semakin canggih, aplikasi green screen sudah bisa diakses dalam smartphone android. Yuk simak beberapa rekomendasi aplikasi green screen yang bisa kamu coba!

Baca juga5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android & iOS
 

Ilustrasi membuat konten dengan green screen (Sumber gambar: Cottonbro Studio/Pexels)

Ilustrasi membuat konten dengan green screen (Sumber gambar: Cottonbro Studio/Pexels)


1. Filmora

Filmora menjadi aplikasi multiguna untuk pengeditan video. Selain dapat memotong hingga mengubah suara di video, ternyata Filmora juga menyediakan fitur green screen untuk kebutuhan kreator yang menggunakan smartphone.

Filmora memiliki fitur Chroma Key untuk menggabungkan frame antara bagian depan dan belakang. Semua fitur Filmora bisa dinikmati dengan gratis yang diunduh di Google Play Store.


2. CapCut

Mungkin aplikasi CapCut hanya dikenal untuk pengguna dan kreator TikTok. Ternyata, CapCut juga memiliuki fitur penting untuk menciptakan konten dengan latar belakang yang menarik melalui fitr Chroma Key. Sama seperti Filmora, CapCut juga menyediakan beberapa template untuk dikreasikan dengan video yang dibuat. Kamu bisa mengunduh aplikasi CapCut gratis di Google Play Stpre.


3. Chromavid

Chromavid merupakan salah satu aplikasi dengan fitur green screen yang populer. Apllikasi ini dapat menggabungkan gambar dengan latar belakang warna hijau. Tidak perlu repot mencari frame yang ingin diubah, aplikasi ini juga memuat beberapa template frame untuk digunakan. Misalnya latar dengan tema astronot.

Kamu bisa mengunduh aplikais ini di Google Play Store secara gratis. Untuk fitur tambahan lain seperti video dengan waktu tanpa batas dan logo aplikasi, kamu bisa mengunduh Chromavid versi plus dengan  harga Rp65.000.


4. Kinemaster

Kinemaster jadi aplikasi green screen yang direkomendasikan jika kamu ingin menggunakan banyak fitur dalam satu aplikasi. Selain bisa mengedit video serta menabhan efek, filter, audio, hingga teks, fitur green screen juga membantu konten yang dibuat tampak lebih mulus.

Kinemaster juga memberikan template video yang bisa langsung digunakan dengan efek dan animasi menarik. Aplikasi ini bia diunduh secara gratis di Google Play Store.

Baca juga7 Aplikasi Penting untuk Kegiatan Kuliah, Mahasiswa Wajib Download!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

5 Destinasi Kota Wisata Perbukitan, Cocok untuk Glamping bareng Keluarga di Liburan Nataru

BERIKUTNYA

Buat Momen liburan Panjang Tambah Seru, Mainkan 4 Game Gratis Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: