Permainan latto-latto sudah ada sejak lama (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Ini Cara Aman Bermain Latto-Latto

14 January 2023   |   15:33 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Seperti dua mata sisi uang, permainan latto-latto yang dianggap memiliki sejumlah manfaat, juga menyimpan risiko. Alhasil, perlu kehati-hatian ketika memainkan permainan yang juga memiliki nama clackers ball ini. Risiko permainan yang memantulkan dua bola yang terpasang di tali itu pun sudah diketahui sejak lama.

Food and Drug Administration (FDA) bahkan pada 1985 melarang permainan tersebut lantaran bola yang diadu bisa pecah dan mencederai seseorang.

Baca juga: Latto-latto Makan Korban, Pemerhati Anak Rekomendasikan Hal Ini

Di dalam negeri, sejumlah kasus cedera akibat bermain latto-latto pun bermunculan. Meskipun begitu, permainan ini juga memiliki dampak positif. Salah satu dampak positif itu adalah membuat anak terhindar dari kecanduan gawai.

Dampak lainnya adalah permainan latto-latto dapat menstimulus kemampuan kognitif dan motorik anak lantaran terdapat fungsi koordinasi antara kognitif dan motorik halus di tangan anak ketika memainkan latto-latto untuk membenturkan bola di atas dan bawah.

Tidak hanya itu, permainan ini juga dapat melatih fokus, konsentrasi, keseimbangan, memunculkan sikap kompetitif, dan healing.

Jadi, agar dapat memperoleh dampak positif dan terhindar dari dampak negatif, pemain perlu bermain dengan aman. Berikut cara bermain latto-latto yang aman yang mungkin bisa kalian terapkan dari berbagai sumber:


Tempat Bermain

Tempat bermain menjadi penting ketika seseorang bermain latto-latto. Saat hendak memainkan permainan ini, kalian perlu memilih tempat bermain yang luas dan terbuka. Tujuannya adalah agar dapat leluasa bermain.

Saat bermain di dalam rumah, salah satu contoh, bola latto-latto yang putus saat sedang dimainkan dapat terkena benda di dalam rumah atau diri tidak leluasa menghindar ketika bola putus saat dimainkan di tempat sempit.


Tali

Elemen lainnya yang harus diperhatikan agar dapat aman bermain latto-latto adalah tali. Agar lebih aman, gunakan tali yang tidak terlalu panjang. Tapi yang terlalu panjang dapat berbahaya bagi diri sendiri atau orang lain ketika sedang dimainkan. Diri atau orang lain dapat terkena bola dan dapat menimbulkan beragam efek cedera pada wajah atau bagian tubuh lainnya.


Simpul Tali

Tip aman lainnya adalah dengan memasang dan mengikat bola secara kencang. Tujuannya adalah agar bola tidak terlepas ketika sedang dimainkan. Bola yang terlepas dapat mencederai diri sendiri atau pun orang lain.


Jaga Jarak Aman

Menjaga jarak dari badan sendiri dan orang lain adalah langkah selanjutnya agar bermain latto-latto dapat tetap aman dan memberikan dampak positif. Pastikan jarak cukup jauh sehingga bola tidak mengenai tubuh sendiri atau orang lain ketika bermain.

Jangan lupa untuk memperhitungkan juga jarak aman jika bola terlepas saat latto-latto dimainkan. Dengan begitu, risiko cedera dapat dikurangi atau dihindari.


Kecepatan

Saat bermain latto-latto kecepatan menjadi penting untuk bola tetap beradu di atas dan bawah. Namun, kalian harus memperhatikan kecepatannya. Kecepatan yang terlalu tinggi berpotensi membuat bola pecah karena benturan kian kencang.

Bola yang pecah memiliki potensi mengenai tubuh, seperti mata. Selain itu, kecepatan yang tinggi juga berarti daya ayun yang besar yang dapat menimbulkan tekanan besar ketika terlepas dan mengenai anggota tubuh.

Selain itu, selalu waspada dengan bola yang sedang melesat ketika dimainkan. Kewaspadaan dapat membuat kalian dapat bereaksi dengan tepat ketika. 

Baca juga: Manfaat Bermain Latto-latto, Bikin Anak Terampil & Atasi Kecanduan Gawai

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Film Your Place or Mine Tayang di Netflix pada 10 Februari 2023

BERIKUTNYA

Pencegahan KDRT, Mulai dari Terapi hingga Pentingnya Perjanjian Pra Nikah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: