Maneki Neko juga memiliki banyak warna dengan arti yang berbeda-beda. (Sumber gambar Unsplash/Puck Milder)

5 Fakta Unik Maneki Neko, Patung Kucing yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

10 January 2023   |   08:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, pernah nggak sih saat kalian belanja di mal atau toko tertentu, lalu melihat patung kucing yang selalu menggerak-gerakan kakinya di atas meja dekat kasir? Ya, patung kucing berwarna keemasan itu dikenal dengan nama Maneki Neko, yang dalam budaya China dan Jepang dipercaya dapat membawa hoki bagi pemiliknya.

Oleh karena itu banyak masyarakat keturunan Tionghoa atau Jepang yang memajang patung tersebut di tempat usahanya, karena mereka yakin akan mendatangkan keberuntungan. Boneka ini juga dianggap sebagai jimat yang mampu menyerap rezeki dari para pelanggan yang nantinya bakal datang ke tempat mereka berjualan.

Namun, selain informasi umum tersebut, boneka Maneki Neko juga menyimpan sederet fakta lain yang jarang diketahui masyarakat loh. Nah, biar nggak penasaran yuk simak 5 fakta unik mengenai Maneki Neko yang dirangkum Hypeabis.id dalam ulasan berikut. 

Baca juga7 Benda Ini Dipercaya Dapat Membawa Keberuntungan
 

1. Berasal dari Legenda Kucing Penyelamat di Jepang

Kisah mengenai Maneki Neko berangkat dari legenda terkenal di Jepang saat seorang samurai sedang berteduh di bawah hujan badai. Tidak jauh dari sana dia melihat kucing di sebuah kuil yang terus melambai-lambaikan tangan ke arahnya berulang kali. Dia pun akhirnya menghampiri kucing tersebut dan masuk ke dalam kuil.

Benar saja, selepas dia menghampiri sang kucing, pohon tempatnya berteduh kemudian disambar petir. Dari sinilah dia percaya bahwa kucing dan kuil kuno itu dapat membawa keberuntungan, dan masyarakat mulai ramai berkunjung ke sana. ketika kucing tersebut mati, mereka pun membuat patungnya sebagai simbol penghormatan.
 

2.  Memiliki Banyak Warna dengan Arti yang Berbeda 

Maneki Neko (sumber gambar Unsplash/Katharine Crompton)

Maneki Neko (sumber gambar Unsplash/Katharine Crompton)

Umumnya  kita hanya melihat Maneki Neko hanya berwarna emas saja. Padahal boneka ini setidaknya memiliki 6 warna berbeda yang dikenal masyarakat Tionghoa dan Jepang. Masing-masing warna memiliki arti pengharapan atau melambangkan hal yang berbeda-beda pula. 

Beberapa warna itu antara lain adalah emas yang melambangkan kekayaan dan kemakmuran, lalu calico atau belang-belang melambangkan keberuntungan, dan berwarna putih artinya kebahagiaan dan kemurnian. Kemudian, merah artinya hubungan yang bahagia, hitam melambangkan proteksi dari aura negatif, dan hijau melambangkan aura kesehatan.
 

3. Benda yang Digenggam Memiliki Filosofi Unik

Benda-benda yang berada di dalam genggaman Maneki Neko juga memiliki filosofi unik. Jika boneka tersebut membawa koin emas dapat diartikan sebagai pembawa keberuntungan. Akan tetapi jika menggenggam ikan artinya mewakili kemakmuran sang pemilik. Lalu saat patung membawa palu kecil dapat diartikan sebagai simbol kekayaan. Kemudian jika patung membawa batu kristal, berarti melambangkan sikap bijaksana pemiliknya.
 

4. Memiliki Museum di Okayama, Jepang

Boneka kucing Maneki Neko juga memiliki museum yang terkenal di Jepang, yaitu  Maneki Neko Museum of Arts yang berada di sebuah desa terpencil di daerah Okayama. Dalam museum ini setidaknya terdapat 700-an koleksi patung Maneki Neko dengan berbagai ukuran dan bentuk. Tak hanya itu, materialnya pun beragam, ada yang terbuat dari kertas, kayu, lilin, hingga batu. 
 

5. Hari Maneki Neko Dirayakan Tiap 29 November 

Masyarakat di Jepang juga selalu merayakan hari Maneki Neko setiap tanggal 29 November. Ditetapkannya tanggal tersebut juga memiliki arti khusus, di mana angka 9 dalam bahasa Jepang dibaca (ku), angka 2 dibaca (fu) dan bulan November, atau bulan ke-9 dibaca (ku). Jika semua frasa tersebut disambungkan maka bakal membentuk kalimat 'ku(ru)fuku' yang berarti hari menyambut keberuntungan.

Baca jugaViral Kucing Kokom Jadi PNS di PUPR, Intip Profil 3 Anabul Sultan Ini Yuk

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil Affandi, Sang Maestro Lukis Ekspresionisme Tanah Air

BERIKUTNYA

Mattel x Guo Pei Rilis Barbie Edisi Imlek 2023, Hadirkan Setelan Mewah Motif Naga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: