Buah naga (Sumber gambar: Any Lane/Pexels)

7 Tips Memilih Buah Naga yang Manis & Segar

05 January 2023   |   15:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Buah naga dikenal dengan rasanya yang manis, menyegarkan dan memiliki sederet manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang berasal dari Meksiko ini kemudian dibawa oleh orang Prancis pada tahun 1870 dari Guyana menuju Vietnam dan akhirnya menyebar ke Asia, tak terkecuali di Indonesia.

Ajaibnya, buah naga dapat tumbuh subur di berbagai iklim, mulai dari tropis, subtropis, hingga kering sekalipun. Namun sayangnya, terkadang tidak semua buah naga yang dipanen memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, kalian perlu jeli dalam membeli buah naga.

Baca juga: 4 Alasan Rutin Konsumsi Buah Naga untuk Kulit Lebih Cantik dan Sehat

Agar kalian mendapatkan buah naga yang berkualitas, berikut adalah 7 hal yang harus diperhatikan dalam memilih buah naga yang manis dan segar.


1. Cek Warna Kulit Buah

Buah naga yang memiliki rasa manis adalah yang dipanen ketika sudah memasuki usia tua atau matang. Masalahnya, baik yang dipanen muda atau matang, buah naga memiliki warna kulit buah yang merah, sehingga terkadang membingungkan.

Namun, jika dilihat secara teliti, kalian bisa membedakan warna tiap buah naga. Untuk mendapatkan buah naga yang sudah masak, pilihlah buah yang memiliki warna merah lebih merona, bahkan ke arah warna magenta. 

Jika kalian masih bingung memilih buah naga manis karena warnanya hampir serupa, cobalah untuk mengambil beberapa buah naga dengan ukuran berbeda, lalu letakkan sejajar. Sortir berdasarkan kepekatan warnanya. Dari sana kalian bisa tahu mana buah yang tua dan mana yang masih muda. 


2. Pilih Sisik yang Minim

Selain warna, buah naga yang manis juga bisa dipilih berdasarkan bentuk sisiknya. Pada buah naga yang sudah matang, sisik tersebut lebih jarang dan lebih kecil daripada buah naga yang masih muda. 

Untuk mendapatkan buah naga yang manis, pilihlah yang memiliki sisik jarang dan tidak terlalu rapat menutupi permukaan buah. Sebaliknya, jika sisik masih tebal, lebar dan menutupi lebih banyak permukaan buah, boleh jadi itu masih muda sekalipun ukuran buahnya besar. 
 

Buah naga (Sumber gambar: Engin Akyurt/Unsplash)

Buah naga (Sumber gambar: Engin Akyurt/Unsplash)


3. Bentuk yang Lebih Bulat

Secara umum, bentuk buah naga memang agak lonjong. Namun, pada buah naga yang sudah masak, bentuknya cenderung lebih bulat dan sekal, dibandingkan yang masih muda. 

Jika kalian masih kesulitan dalam memilih buah naga yang segar, maka amati dari bentuk pangkal buah. Pada buah naga yang tua, bentuk pangkal hingga ke ujung akan berbeda dimana pangkal jauh lebih besar bulatnya. Sementara pada buah yang muda, pangkal ke ujung relatif lebih halus perpindahan bentuknya, sehingga lebih lonjong.


4. Cek Pangkal Tangkai Buah

Saat kalian memilih buah naga, cek pula tempat atau bekas melekatnya tangkai buah pada ujungnya. Terkadang, di beberapa penjual masih ada sisa sedikit batang atau tangkai buah yang tertinggal.

Jika di pangkal tangkai sudah keriput dan menghitam, tandanya buah naga tersebut sudah lama panennya dan menjadi pertanda bahwa rasa buahnya tidaklah sesegar buah naga yang baru dipanen.

Pada buah segar, rasa khas buah naga yang asam dan manis menyegarkan masih terasa lekat. Berbeda pada buah yang sudah lama dipajang, kadar airnya berkurang dan sensasi segar khas buah naganya jadi tidak pekat lagi. Terlebih, pada buah naga yang sudah keriput di sekitaran pangkalnya, rasa segarnya akan jauh berkurang lagi.
 

Buah naga (Sumber gambar: Any Lane/Pexels)

Buah naga (Sumber gambar: Any Lane/Pexels)


5. Cek Pucuk Buah

Bagian pucuk buah naga adalah tempat perlekatan serbuk sari, sebelum akhirnya putik dibuahi dan menjadi bakal buah. Pucuk buah naga memiliki warna kehitaman dan berbentuk cekung. Salah satu ciri pada buah naga yang matang adalah cekungan ini lebih dalam dibandingkan yang masih muda. Kulit buah yang ada pada sekitaran cekungan juga lebih tipis dan mudah untuk mengupasnya secara manual. 


6. Aroma Buah yang Segar

Pada buah naga yang matang, tercium aroma yang khas yang jauh lebih kuat daripada yang muda. Untuk memilih buah naga yang manis dan segar dari aromanya sangatlah mudah. Ambil buah naga lalu cium aromanya. Jika tercium aroma segar, seperti pencampuran aroma daun, manis dan khas, maka buah dipastikan sudah matang dan manis. 


7. Pilih Kulit Buah yang Tipis

Hal terakhir yang perlu kalian lakukan adalah mengamati permukaan kulit buah naga. Pada buah naga yang masih segar, maka kulitnya akan lebih tipis, halus, berkilau, dan tidak kusam. Sebaliknya, buah naga yang masih muda cenderung berkulit tebal.

Meski begitu, beberapa varian buah naga memang memiliki kulit yang lebih tebal. Akan tetapi, jika dalam satu lot sama, kemungkinan berasal dari satu varian yang sama. Oleh karena itu, cara memilih buah naga yang bagus bisa dengan melihat ketebalan kulitnya. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Pendapatan Avatar: The Way of Water Diyakini Akan Melampaui Top Gun: Maverick

BERIKUTNYA

Resep Butter Cake yang Lembut & Wangi ala Chef Devina Hermawan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: