Bandung Tour on Bus, Bandros (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Menjajal Bus Bandros, Wisata Sejarah Sekaligus Keliling Tempat Viral di Bandung

03 January 2023   |   09:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Bandros yang Hypeabis.id tumpangi berlalu melilingi area Taman lalu Lintas, sebuah taman khusus anak yang dibangun Pemerintah Kota Bandung untuk memperkenalkan lambang dan rambu lalu lintas kepada anak-anak.

Bus ikonik ini juga sempat melewati dua sekolah menengah dengan bangunan berdesain heritage yang sangat penting pada zaman Belanda, yaitu SMP 2 yang dikhususkan untuk bangsa Eropa, dan SMP 5 tepat disebelahnya khusus untuk pendidikan kaum pribumi pada masanya.
 

Bandros Tidak Hanya Sekedar Bus Wisata

Tiara, Sekertaris Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), salah satu pengurus pengelolaan Bandros mengatakan tingginya antusiasme warga lokal dan pendatang menaiki Bandros di musim liburan akhir tahun bukanlah hal yang asing lagi. 

“Memang tujuan Bandros ini untuk memperkenalkan keindahan Kota Bandung terutama dalam aspek Sejarah. Jadi Bandros semacam wisata edukasi sekaligus pengembangan wisata juga,” kata Tiara.

Tak berhenti di situ, HPI pun menyampaikan bahwa pihaknya sedang dalam tahap perencanaan untuk kembali menghidupkan rute Night Bandros, atau Bandros yang beroperasi di malam hari untuk menarik perhatian masyarakat dengan ketertarikan pada hal unik berbau mistis.

“Kita sadar ya bahwa masyarakat Indonesia ini suka hal mistis. Jadi kalo siang kita akan reguler bahas wisata sejarah, kalau malam mungkin akan sedikit mangangkat unsur mistisnya juga misalnya seperti Rumah Kentang. Jadi Night Bandros ini edisi special interest untuk yang suka hal mistis berbalut sejarah juga,” katanya.

Untuk Genhype yang berkesempatan ke Bandung dan ingin mencoba Bus Bandros, kalian bisa berdiri di titik-titik sekitar ikon Bandung yang bertuliskan Bandung Tour on Bus. Biasanya terletak di sekitar Alun-Alun Bandung dan Jalan Diponogoro atau Gasibu.

Bandros siap melayani penumpangnya mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap harinya. Bagaimana Genhype, kamu tertarik menyaksikan eksotiknya Bandung di atas bus Bandros?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

Menparekraf Pede Jumlah Wisatawan Bakal Melonjak usai Pencabutan PPKM

BERIKUTNYA

Banjir Mulai Surut, Perjalanan Kereta Api Semarang Berangsur Normal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: