Ilustrasi sepatu (sumber gambar Unsplash/Kristian Egelund)

5 Cara Alami yang Efektif Hilangkan Bau Sepatu Membandel 

21 December 2022   |   17:48 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, pernah enggak sih mencium bau sepatu seseorang atau kaki kalian sendiri saat melepasnya setelah dipakai seharian? Bau tersebut pastinya sangat menggangu, terlebih ketika dilepas di tempat umum, pastinya bakalan bikin tengsin.

Sepatu yang dipakai sehari-hari tanpa perawatan yang baik memang akan menyebabkan bau tak sedap. Bau tersebut disebabkan oleh bakteri yang mengendap di sepatu, dan kaus kaki. Mereka berkembang biak dengan memakan sel-sel kulit mati dan minyak yang ada di kaki kalian.

Bau sepatu juga bisa disebabkan dari jamur dalam sepatu yang lembab. Tak hanya  itu, sepatu yang digunakan untuk aktivitas berat, seperti olahraga, serta aktivitas lain yang membuat kaki berkeringat juga rentan menimbulkan bakteri dan jamur penyebab bau sepatu.

Baca juga: Ternyata Ini Jenis Sepatu yang Disukai Generasi Milenial dan Gen Z

Namun jangan khawatir Genhype, sebab ada banyak cara mudah dengan bahan-bahan sederhana yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap dan membandel  pada sepatu. Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber berikut di antaranya.
 

1. Garam

Salah satu cara yang untuk menghilangkan bau pada sepatu adalah menggunakan garam. Untuk mengatasinya kalian bisa menaburkan sedikit garam ke dalam sepatu lalu biarkan semalaman. Garam memang dipercaya mengurangi kelembapan pada sepatu serta menghilangkan bau tak sedap.
 

2.  Cuka

Cairan cuka juga dapat menetralkan serta melawan bakteri penyebab bau tak sedap di sepatu. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan cuka dengan air dengan perbandingan 50:50 di botol semprot. Setelah tercampur Genhype bisa menyemprotkannya ke dalam sepatu lalu angin-anginkan hingga kering.
 

Ilustrasi sepatu. (Sumber gambar: Pexels/Pixabay)

Ilustrasi sepatu. (Sumber gambar: Pexels/Pixabay)
 

3. Minyak Atsiri

Minyak esensial atau minyak atsiri seperti minyak kayu putih, cengkeh, hingga dan teh juga bisa mengurangi bau tak sedap pada sepatu. Untuk menyiasatinya kamu bisa meneteskan minyak esensial ke selembar kertas atau tisu, lalu masukan ke dalam sepatu dan biarkan semalaman. Niscaya aroma tak sedap akan segera hilang dari sepatu kalian.
 

4. Baking Soda

Kiat lain untuk menghilangkan bau membandel pada sepatu juga bisa dilakukan dengan baking soda. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Genhype hanya perlu menaburkan baking soda ke dalam sepatu lalu diamkan semalaman dan bersihkan dengan sikat di pagi harinya. Bubuk kopi dan bubuk teh celup juga bisa jadi alernatif dengan cara yang sama.
 

5. Cuci Sepatu Secara Berkala

Langkah paling efektif untuk menghilangkan bau tak sedap di sepatu adalah mencucinya. Laiknya pakaian atau barang yang dipakai sehari-hari, sepatu memang harus dicuci dalam jangka waktu tertentu. Hal ini untuk mengurangi bakteri yang menumpuk serta membuat sepatu lebih bersih saat dipakai. Sehingga kita tak akan malu saat mencopot sepatu di tempat umum.

Selain cara di atas, untuk melakukan pencegahan bau sepatu, Genhype juga bisa menaburkan bedak bayi ke dalam sepatu sebelum dipakai beraktivitas. Bisa juga dengan menjemurnya seminggu sekali dengan diangin-anginkan agar sepatu tidak lembab.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

6 Rekomendasi Kedai Kopi Ramah Teman Tuli, Ngopi Sekaligus Belajar Bahasa Isyarat!

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Kado sebagai Ungkapan Kasih Sayang pada Hari Ibu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: