Sejumlah rekomendasi dapat diikuti oleh penerima vaksin dosis pertama, salah satunya tetap melaksanakan protokol kesehatan (Sumber gambar: CDC dari Pexels)

Baru Divaksin Covid-19 Dosis Pertama, Ini Rekomendasi yang Dapat Diikuti Genhype

06 July 2021   |   17:28 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini vaksinasi tengah gencar dilaksanakan di berbagai daerah di dalam negeri dalam rangka membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity. Bagi kalian yang baru saja menerima vaksin dosis pertama, ada rekomendasi dari dr Irwan Heriyanto, Chief of Medical Halodoc nih.

Pertama, gejala setelah menjalani vaksinasi sangat mungkin terjadi dan membuat tubuh mengeluarkan reaksi ringan seperti pusing, demam, nyeri di area suntik, atau mual ya Genhype. Kondisi ini sangat wajar terjadi.

Jika Genhype mengalami reaksi-reaksi tersebut setelah observasi selesai, maka pastikan langsung mengkonsumsi paracetamol dan gejala akan membaik dengan sendirinya.

Namun, jika Genhype merasa gejala sudah berkepanjangan atau intensitas rasa nyeri terus bertambah padahal sudah mengkonsumsi obat, maka kontak PIC vaksinasi yang tertera di kartu vaksi atau gunakan layanan telemedisin dari rumah.

Kedua, ikuti protokol selama masa PPKM Darurat, termasuk menghindari aktivitas di luar rumah untuk beberapa hari ke depan. Jika memungkinkan, maka lakukan kerja dari rumah atau work from home (WFH) agar kemungkinan transmisi Covid-19 lebih rendah saat tubuh masih dalam tahap penyesuaian dengan vaksin.

Ketiga, banyak istirahat dan konsumsi makanan bergizi. Konsumsi air kelapa hijau murni juga dapat membantu memperkuat imun tubuh.

Keempat, tubuh tidak kebal Covid-19 meskipun telah mendapatkan vaksin. Jadi, selalu terapkan protokol kesehatan 5M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Genhype juga direkomendasikan untuk menggunakan masker ganda dengan melapisi masker medis dengan masker kain guna mengurangi potensi risiko transmisi virus Covid-19.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Serial Antologi Disney Star Wars: Vision Rilis Video Special Look

BERIKUTNYA

IZ*ONE Batal Reuni & Debut Ulang Pasca Gagal Negosiasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: