Ilustrasi avatar AI dari aplikasi Lensa AI (Sumber gambar: Instagram.com/lensa.ai)

Cara Mengedit Foto Menggunakan Lensa AI, Cek Fitur Berbayarnya!

30 November 2022   |   16:07 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genhype, belakangan tren mengedit foto menjadi avatar berteknologi Artificial Intelligence (AI) sedang marak. Mungkin kamu pun sudah sering melihat editan foto avatar ini terpasang di foto profil media sosial Twitter. Viralnya fitur ini pun didukung dengan kecerdasan buatan yang mampu menghasilkan avatar yang unik dan menarik.

Penggunanya  bisa mendapatkan hasil avatar yang memiliki kemiripan wajah, tetapi beberapa bagiannya dapat diubah. Misalnya, menambahkan aksesoris pada wajah, menyamarkan noda pada wajah, meratakan warna kulit, membuat tampilan wajah tampak lebih smooth, hingga mengganti warna rambut. Selain itu, terdapat juga fitur pengaturan latar belakang, efek, gaya ilustrasi gambar, dan tingkat kontras gambar.

Meski mirip dengan wajah penggunanya, jangan kaget jika tampilan avatar ini akan tampak sangat berbeda dengan tampilan asli. Hal itu karena adanya ragam fitur yang mendukung pengeditan foto sehingga hasilnya bisa lebih maksimal sesuai yang diinginkan pengguna.

Baca juga5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android & iOS

Aplikasi yang sedang tren mengedit wajah menjadi avatar berbaris AI ini bernama Lensa AI. Aplikasi ini dibuat oleh Prisma untuk mencipatakan avatar menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang dapat disesuaikan dengan keinginan pegguna. “Ini bukan filter atau efek. Ini adalah Avatar AI  yang sangat mempertimbangkan wajah pengguna,” ungkap Prisma di akun Instagram resminya.
 


Pengguna pun bisa merasakan fitur ini hanya dengan mengunggah puluhan gambar dan menunggunya beberapa menit untuk diproses oleh aplikasi. Kemudian akan muncul ratusan artwork yang dibuat melalui aplikasi Lensa AI tersebut. Namun pengguna Lensa AI harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan fitur menarik pengeditan foto.

Agar bisa melakukan proses edit foto tanpa batasan, setidaknya pengguna harus membayar dengan harga sebagai berikut:
  • 50 avatar unik (5 variasi dengan 10 gaya berbeda): Rp47.000
  • 100 avatar unik (10 variasi dengan 10 gaya berbeda): Rp78.000
  • 200 avatar unik (20 variasi dengan 10 gaya berbeda): Rp109.000
Bagi pengguna yang tidak ingin membayar,  aplikasi ini tetap bisa diakses secara gratis dengan batasan fitur edit dan filter. Salah satunya adalah pengguna gratis hanya bisa mengedit maksimal tiga foto avatar saja dalam satu hari. Variasinya pun cukup dibatasi. Apabila ingin mendapat akses gratis lagi, pengguna harus menunggu waktu keesokan harinya.


Cara mengedit foto menggunakan Lensa AI:

  1. Unduh aplikasi Lensa Ai di App Store atau PlayStore.
  2. Buka aplikasi, klik Add Photo, kemudian pilih beberapa foto di galeri.
  3. Saat foto ditampilkan, lakukan pengeditan sesuai keinginan mulai dari filter, efek, tingkat kecerahan, dan lainnya dalam beberapa opsi seperti Face, Backdrop, Effects, Adjust, Canvas, hingga Art Styles.
  4. Jika sudah mengedit seusai keinginan, klik Save.
  5. Foto avatar AI otomatis masuk ke dalam galeri smartphone dan bisa digunakan untuk foto profil. Selamat mencoba!

Baca juga5 Tip Bikin Foto Instagramable saat Liburan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Deteksi Dini Kanker Kolorektal Bisa Lewat Internet, Yuk Cek Sekarang

BERIKUTNYA

Aktor Korea Selatan Park Seo-joon Bakal Tampil di Film The Marvels

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: