Raben Penyami (Sumber gambar: Raben Music)

Rapper Raben Penyami Ungkapkan Keresahan dalam Mini Album Act Two

30 November 2022   |   07:00 WIB

Raben Penyami, rapper asal Jakarta, merilis mini album terbaru bertajuk Act Two. Berisikan dua judul lagu yakni Biarkan Berlalu dan Handal, mini album kedua Raben ini menjadi pembuka untuk karya-karya berikutnya yang akan tersaji dalam album penuh yang akan dirilis pada tahun depan.

Kedua lagu dalam mini album Act Two merupakan lanjutan cerita yang dituangkan dalam bait dan rima dari mini album pertama Raben bertajuk First Bite yang dirilis pada April 2022 lalu.

Lagu Biarkan Berlalu pun dipilih sebagai single utama dalam mini album Act Two. Raben mengatakan kisah di balik lagu tersebut berangkat dari keresahannya dalam menggunakan media sosial. 

Baca jugaSempat Hapus Postingan Instagram, Jennifer Lopez Comeback dengan Album Baru

Menurutnya, media sosial menciptakan banyak situasi kurang menyenangkan, ironis, atau cenderung negatif yang dihadapi oleh masyarakat ketika mereka berselancar di ruang-ruang maya. Dari keresahan itulah, Raben menciptakan sebuah lagu yang boleh dibilang memiliki pesan positif.

"Bisa dibilang ini klise, namun di balik sisi positif dari sosial media, tak bisa dipungkiri juga bahwa punya energi negatif yang sangat besar. Dari sini gue banyak belajar dan juga ingin kasih tau kepada pendengar gue bahwa jangan ragu untuk meluapkan keresahan tanpa merugikan orang lain," katanya dalam rilis resminya, Selasa (29/11/2022).
 

Raben Penyami (Sumber gambar: Raben Music)

Raben Penyami (Sumber gambar: Raben Music)

Sementara itu, lagu kedua bertajuk Handal, bercerita tentang hiruk-pikuk sebagai pegawai kantoran yang juga pernah dialami oleh Raben beberapa tahun silam.

Dalam lagunya ini, Raben berkisah tentang rutinitas pegawai kantoran yang acapkali membosankan. Kondisi tidak nyaman itu juga tak jarang harus dibumbui dengan perasaan seperti kurang dihargai dalam pekerjaan hingga dianggap rendah.

"Ketika mengingat kembali hal itu lebih pas rasanya jika dituliskan dalam sebuah lagu," kata rapper yang mencap dirinya sebagai Raptor alias Rapper Pulang Kantor itu.

Keresahan itu pun dia tuangkan ke dalam penggalan lirik "aku lebih handal" yang sengaja direpetisi atau diulang-ulang dalam lagu tersebut. Hal itu merupakan sebuah bentuk motivasi Raben terhadap dirinya sendiri.

Dia pun berharap pengulangan frasa tersebut dapat menjadi semacam motivasi bagi para pendengarnya, terutama ketika sedang dalam fase yang tidak menyenangkan tanpa ada rasa ingin memandang rendah orang lain. 
 

Dalam menggarap mini albumnya ini, Raben juga turut menggandeng Rayrocc dan Atur Tempo terutama untuk keperluan komposisi musik. Pada albumnya ini, Raben menambah kesan conscious rap.

Dia juga mencoba melawan arus pada industri hip-hop dengan sedikit memberikan sentuhan pop lalu ditambah dengan vokal Karina Christy dalam lagu Biarkan Berlalu. Sedangkan pada lagu Handal, DJ Barto turut melengkapi ambience scratch.

Baca jugaMini Album Baru Red Velvet Puncaki Tangga Lagu iTunes di Lebih dari 40 Negara

“Gue sedang mencoba melawan arus, setelah beberapa kali melewati fase hip hop yang beragam, kali ini gue coba membuat musik hip hop yang lebih santai, musik hip hop yang bisa diterima oleh kelas-kelas pekerja dan didengerin 
pas jam pulang kantor,” kata Raben.

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Look, Listen & Link Jadi Metode Pemulihan Psikososial Korban Gempa Cianjur

BERIKUTNYA

Banyak Diskon Akhir Tahun, Cek Karakter Belanja Sesuai Zodiak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: