Konferensi pers broadway RENT The Musical di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Kamis (17/11/2022)-Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Broadway Legendaris Dunia RENT The Musical Hadir di Ciputra Artpreneur

17 November 2022   |   14:56 WIB

Bagi pencinta pertunjukan Broadway, tentu tak asing dengan drama musikal legendaris RENT. Di Broadway, RENT menjadi salah satu drama musikal dengan durasi pentas terlama yakni 12 tahun (1996-2008), dan telah dipentaskan di 50 lebih negara. Kini, pertunjukan Broadway RENT untuk pertama kalinya akan dipentaskan di Indonesia.

Menyambut momentum kebangkitan berkesenian tahun ini, Ciputra Artpreneur dan Teater Musikal Nusantara (TEMAN Musicals) akan menyuguhkan pertunjukan Broadway berkelas internasional, RENT, pada 25-27 November 2022 di Teater Ciputra Artpreneur, Jakarta.

RENT karya mendiang Jonathan Larson telah sukses meraih beberapa penghargaan seperti Pulitzer Awards untuk kategori Drama dan Tony Award untuk kategori Musikal Terbaik. Drama musikal ini mengangkat kisah tentang sekelompok seniman muda yang tinggal di pinggiran kota New York, Amerika, pada akhir 1980-an.

Baca juga: Yuk Saksikan Drama Musikal Kelas Dunia Rent: The Musical di Ciputra Artpreneur

Mereka harus berjuang keras untuk bertahan hidup di tengah kesulitan kemiskinan, dan di bawah bayang-bayang penyakit HIV/AIDS. Pertunjukan ini akan memberikan pengalaman baru sarat emosi kepada penonton dengan musikalitas yang enerjik, sehingga menjadikan RENT tontonan yang menyentuh, menggelitik sekaligus menginspirasi.
 

CEO & Producer TEMAN Musicals, Chriskevin Adefrid, mengatakan RENT merupakan Broadway legendaris yang memiliki pengaruh besar dalam sejarah pertunjukan musikal dunia. RENT dianggap berani menerobos tradisi Broadway pada masa itu baik dari segi penyajian, cerita, hingga dampak sosial.

"Tentunya kita harus terus melanjutkan karya beliau [Jonathan Larson] karena dialah yang betul-betul mendobrak segala hal itu," katanya dalam acara konferensi pers di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Kamis (17/11/2022).

RENT akan menjadi pertunjukan kedua yang dipentaskan oleh TEMAN Musicals, setelah sebelumnya sukses mengadaptasi dan membawakan Broadway Hairspray pada 2019 lalu di Ciputra Artpreneur.  

Pria yang akrab disapa Chris itu menuturkan melalui RENT, pihaknya ingin menyajikan satu pertunjukan musikal berkelas dunia yang sepenuhnya dipentaskan oleh para aktor lokal. Sebab, menurutnya, Indonesia memiliki banyak talenta yang sangat kompetitif dan mumpuni.


Bawa Misi Kemanusiaan

Selain ingin menyuguhkan sebuah pementasan drama musikal Broadway yang berkualitas, TEMAN Musicals juga ingin membawa misi sosial dan kemanusiaan yakni mengampanyekan antidiskriminasi terhadap ODHA (Orang dengan HIV/AIDS).

Sebab, menurut Chris, selama ini ODHA di Indonesia maupun di dunia masih menjadi kelompok yang tersisihkan di masyarakat dan belum mendapatkan perhatian lebih dari pihak-pihak berkepentingan.

"Kami juga berkomitmen untuk membangun satu ekosistem dan misi untuk menyuguhkan pertunjukan-pertunjukan yang berdampak secara sosial, memiliki pesan dan nilai-nilai yang kuat," ujarnya.

General Manager Ciputra Artpreneur, Daniel Handojo,  mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan pertunjukan kesenian yang berkualitas kepada masyarakat Indonesia. Seperti diketahui, selain RENT, Ciputra Artpreneur juga telah menampilkan sederet pertunjukan bertaraf internasional di antaranya Beauty & The Beast, Delicious Musical Bibap, Stars of the West End, dan Pavarotti Forever.

Menurut Daniel, meski berasal dari kisah masyarakat di Amerika, RENT akan tetap relevan untuk ditonton saat ini di tengah isu pandemi yang masih berlangsung sampai sekarang. Dengan kata lain, RENT akan menjadi sebuah drama yang menampilkan harapan di tengah kesulitan.

"Show ini juga ditampilkan dengan musikalisasi dan pesan yang bagus. Ada nilai-nilai yang sangat baik di dalam ceritanya, menggambarkan juga motivasi yang cocok untuk kita pada masa sekarang," ujarnya.

Sementara itu, pertunjukan broadway RENT akan dipentaskan oleh para seniman teater dari TEMAN Musical yang disutradarai oleh Venytha Adefrid. Pementasan ini akan dibawakan sebanyak 5 kali pertunjukan menggunakan Bahasa Inggris, tetapi disediakan pula subtitle atau terjemahan dalam Bahasa Indonesia.

Tiket pertunjukan pun sudah bisa dibeli melalui platform Loket.com. Ada enam kategori tiket yang bisa dibeli yakni CAT 4 seharga Rp350.000, CAT 3 Rp500.000, CAT 2 Rp700.000, CAT 1 Rp900.000, VIP Rp1 juta, dan VVIP seharga Rp1,25 juta.


Editor: Indyah Sutriningrum
SEBELUMNYA

Kenali Gejala PPOK, Mirip Asma Tetapi Lebih Berbahaya

BERIKUTNYA

Resep 5 Minuman Tradisional yang Cocok Disajikan Saat Musim Hujan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: