POCO meluncurkan ponsel M5 dan M5s yang merupakan seri terbaru dalam jenis Max. (Sumber gambar: POCO Indonesia)

Spesifikasi Ponsel POCO M5 & M5s, Ponsel Mid-Entry dengan Performa Kelas Flagship

08 November 2022   |   22:40 WIB

Setelah merilis sejumlah ponsel dalam empat seri induknya: Flagship, Xtreme, Max, dan Cool, kini produsen ponsel asal China POCO akan merilis dua ponsel dalam seri Max kelima yang terdiri atas M5 dan M5s. Kedua ponsel ini memiliki target pasar untuk masyarakat yang membutuhkan kamera dengan performa tinggi dan pemenuhan hiburan all-rounder.

Peluncuran ponsel dalam seri M5 ini diperuntukkan bagi dua tipe masyarakat kalangan muda, terutama Gen Z, yang memiliki berbagai macam hobi dan aktivitas dalam kesehariannya: penikmat konten maupun bermain game dengan spesifikasi serupa ponsel kelas flagship.

Baca juga: Rilis Resmi di Indonesia, Ini Perbedaan Poco F4 & Poco F4 GT 
 

Spesifikasi POCO M5

Menekankan pada aspek performa, terutama dalam bermain gim, ponsel ini memiliki kekuatan pada penggunaan prosesor MediaTek Helio G99, yang merupakan prosesor terbaru dengan CPU octa-core dan GPU Arm Mali-G57. Tak hanya itu, performa ini diperkuat dengan fitur optimisasi software gaming Game Turbo 5.0.

Ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh dengan kemampuan fast charging 18 W, ditambah dengan layar FHD+ berukuran 6,58 inci dan refresh rate sebesar 90 Hz. Kekuatan ini diperkuat dengan DynamicSwitch Display tiga tahapan dari 30 Hz, 60 Hz, dan 90 Hz serta touch sampling rate hingga 240 Hz yang mendukung kemampuan bermian gim.

Kendati memiliki kekuatan pada prosesor dan fitur pada display, ponsel ini hadir dengan kamera utama beresolusi 50 MP ditambah dengan 2 MP untuk kamera makro, dan 2 MP kamera depth serta kamera depan beresolusi 5 MP. Sementara itu pada aspek fitur tambahan, seri M5 memiliki NFC, Bluetooth 5.3, berat 201 gram, dan jaringan hingga 4G LTE dengan dua slot kartu SIM.

Ada tiga jenis memori dan RAM yang tersedia pada seri ini, yaitu 4 GB (tambahan 1GB)+64 GB yang dijual sebesar Rp2,19 juta; 4 GB (tambahan 2GB)+128 GB yang dijual sebesar Rp2,39 juta; dan 6 GB+128 GB. Seluruh seri memori ini mendukung memori eksternal tambahan hingga 1 TB dan ekspansi RAM sampai 64 GB.

Warna yang tersedia ada tiga, yaitu hitam, kuning, dan hijau dengan desain body bertekstur anti sidik jari. Model yang digunakan adalah flat frame untuk kemudahan dan kenyamanan saat memegang.
 

Spesifikasi POCO M5s

Berbeda dengan M5 yang fokus pada performa bermain game, M5s memiliki desain yang berfokus pada kebutuhan media sosial, traveling, dan fotografi yang sama-sama terkait dengan pembuatan konten digital. Hal inilah yang membuat ponsel ini hadir dengan penguatan pada aspek kamera hingga display.

Kamera utama yang disematkan pada ponsel ini memiliki resolusi 64 MP dengan 8 MP untuk kamera ultra-wide, 2 MP kamera makro, dan 2 MP kamera depth serta kamera depan dengan resolusi 13MP. Di bagian konten video, kamera ini mendukung pengambilan gambar hingga resolusi 4K.

Secara fitur, kamera ini mendukung beberapa mode seperti Ultra-Wide hingga 118 derajat, Night Mode, serta beberapa filter pada penyuntingan foto maupun video. Tak hanya itu, beberapa filter yang tersedia juga diklaim memiliki tampilan yang halus terutama pada mode Bokeh.

Pada bagian display, layar yang digunakan adalah AMOLED dengan detail sebesar 409 DPI, diamond pixel, serta keterangan layar hingga 1100 nits dan kotras rasio 4,5 juta:1. Display ini diklaim bisa mendukung beberapa kegiatan seperti penyuntingan konten, hobi membaca buku, hingga hobu menonton tayangan video (mis. film atau serial).

Dengan daya baterai sebesar 5000 mAh, ponsel ini memiliki desain curved frame 3D back cover yang mirip dengan ponsel flagship POCO F3 dan berat sebesar 178,8 gram yang diklaim paling ringan pada kelas mid-range. Warna yang tersedia hanya ada warna abu-abu dan biru yang diperkuat dengan perlindungan IP53 untuk pencegahan cipratan air dan ketahanan debu.

Secara cipset, seri M5s menggunakan MediaTek Helio G95 dengan CPU octa-core dan GPU Mail-G76. Sementara itu, performa ini didukung dengan tiga opsi memori yaitu 4GB (tambahan 1GB)+64 GB dengan harga Rp2,29 juta; 4 GB+128 GB; dan 6 GB (tambahan 2GB)+128 GB seharga Rp2,59 juta. Seluruh mode ini mendukung pada penambahan RAM hingga 8 GB dan memori eksternal sampai 1 TB.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Rekomendasi 5  Film Komedi Terbaik Indonesia Tahun 2022, Ada Baby Blues & Mendarat Darurat

BERIKUTNYA

NCTzen Kumpul, Program NCT Universe Siap Meluncur 16 November 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: