Pada dasarnya ego tidak selalu negatif, tapi saat tidak mampu mengendalikannya akan menjadi egoisme atau sikap menonjolkan diri. (sumber gambar Unsplash/Orkun Azap)

4 Cara Mengendalikan Ego agar Hidup Kalian Jadi Lebih Baik

03 November 2022   |   12:05 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, orang dengan ego tinggi kadang annoying banget, iya enggak sih? Mereka tuh seringkali lupa terhadap orang-orang di sekitarnya. Sebaliknya, si egois ini justru lebih mementingkan diri sendiri untuk menggapai ambisi pribadinya. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam kajian psikologi, ego memiliki arti ke-aku-an, diri pribadi atau rasa sadar akan diri sendiri.

Baca juga: Jangan Malu, Yuk Curhat Urusan Mental Kalian di Pusat Kesehatan Digital

Ilmuwan psikologi Sigmund Freud membagi kepribadian manusia ke dalam tiga komponen utama yang saling berkaitan, yakni id, ego, dan superego. Ego adalah penyeimbang dari dinamika yang terjadi di antara id dan superego yang akhirnya membentuk identias kalian di mata orang lain. Secara sederana ego adalah pengendali utama atas cara kerja kepribadian seseorang.

Pada dasarnya ego tidak selalu negatif, tapi saat seseorang tidak mampu mengendalikannya maka akan menjadi egoisme atau bentuk sikap menonjolkan diri. Maka, pengendalian ego juga penting dilakukan agar hidup menjadi bahagia.

Nah, jika Genhype punya rasa egois tinggi dan ingin merubahnya, berikut adalah 5 cara mengendalikan ego yang bisa dilakukan. Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, yuk simak caranya dalam ulasan berikut.
 

1. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Keinginan untuk membandingkan keberhasilan orang lain memang jadi hasrat yang sering muncul dalam benak kita. Lalu, saat pencapaian kalian tidak sebaik mereka maka ego akan membuat diri kalian merasa rendah dan tidak berguna.

 

Ilustrasi

Ilustrasi egois (Sumber gambar: Unsplash/Iulia Mihailov)

Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak membandingkan diri anda dengan orang lain. Sebaliknya, saat kalian berada di posisi atas juga jangan merasa unggul. Sebab kepercayaan diri yang berlebihan juga menunjukkan bahwa ego telah mengendalikan kalian.
 

2. Jalani proses dari setiap tujuan

Saat mengerjakan sesuatu ketahui dahulu motivasi dan tujuan. Sebab, saat kalian mengerjaan hal tersebut ego akan membuatmu menjadi orang yang tidak sabar dan ingin hasil yang instan. Oleh sebab itu, menjalani setiap kegiatan sesuai prosesnya juga penting dilakukan.

Ketika Genhype menjalani proses tersebut tanpa tergesa-gesa hasil yang didapatkan tentunya akan lebih baik dan maksimal. Dengan tidak mengedepankan ego, kalian juga akan jadi lebih mengenali diri sendiri karena setiap proses juga akan lebih membuat kamau mengenali kelamahan dan keunggulan yang dimiliki.
 

3. Berlatih memaafkan 

Salah satu cara ampuh untuk mengendalikan ego adalah memaafkan diri sendiri dan orang lain, yang pernah menyakiti Genhype. Selain itu, mengikhlaskan segala sesuatu yang telah terjadi juga dapat menjadi cara sederhana agar lebih menenangkan kalian.

 

Ilustrasi

Ilustrasi minta maaf (Sumber gambar: Pexels/Orkun Azap)

Dengan memaafkan atau meminta maaf pada orang lain, lalu memulai lagi apa yang dituju dari awal, pastinya bakal menjadi pengalaman yang menyenangkan buat kalian. Ingat, Karl Marx pernah berujar, sejarah akan berulang, pertama sebagai tragedi, kedua sebagai lelucon atau komedi. 
 

4. Belajar dari semua orang

Terus belajar dari orang lain dan menimba setiap pengalaman dari mereka juga akan membuat Genhype menjadi olebih baik ke depannya. Anggap semua orang yang ditemui adalah guru sehingga dapat memberi pelajaran berharga buat kalian.

Dengan tetap beranggapan dirimu sebagai gelas kosong. Genhype juga akan terus merasa penasaran dan ingin terus belajar. Hal ini penting untuk menunjang pekerjaan dan menjadi cara yang baik untuk mengendalikan ego yang tinggi.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Baby Blues Setelah Melahirkan

BERIKUTNYA

Konser Blackpink Terancam Batal Berlangsung di GBK, Fans Ogah Pindah ke JIS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: