Churros, camilan yang memiliki cita rasa manis, renyah, dan gurih. (Sumber gambar : Freepik/Azerbaijan Stock)

Resep Churros Ala Kafe, Kudapan Manis Gurih untuk Kumpul Keluarga

29 October 2022   |   17:00 WIB

Like
Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk menyalurkan hobi masak. Membuat camilan renyah, gurih, dan manis seperti churros bisa menjadi salah satu opsi yang bisa kamu coba nih, Genhype. Kudapan ala kafe ini pasti disukai keluarga, terutama anak-anak.

Churros sendiri memiliki sejarah panjang, lho. Bahkan kabarnya sudah ada sejak Dinasti Song di China. Diceritakan camilan ini berasal dari juru masak yang protes atas keputusan pemimpin Qin Gui, mengeksekusi seorang jenderal bernama Yue Fei. 

Protes sang juru masak dilakukan dengan menyiapkan sepasang stik roti menyerupai Qin Gui dan istrinya, lalu menggorengnya. Stik roti itu diberi julukan youtiao atau you zha gui, yang memiliki arti hantu gorengan. 

Pada abad ke-16, penjelajah Portugis lantas menemukan camilan tersebut. Tertarik, mereka pun membawa resep churros ke Semenanjung Iberia. Namun demikian, koki para penjelajah Portugis mengubah bentuk youtiao menjadi bentuk bintang dan menambahkan rasa manis. 

Baca jugaYuk Coba Bikin Churros Oreo, Enak & Mudah Loh

Singkat cerita, orang-orang dari Spanyol pun juga tertarik dengan camilan ini. Churros pun menjadi makanan untuk sarapan orang Spanyol, ditemani cokelat hangat. 

Lepas dari asal usul churros, kudapan tersebut menjadi favorit masyarakat di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Walaupun mudah didapatkan, tetapi memakan churros buatan sendiri pasti lebih nikmat dan porsinya bisa lebih banyak bukan?

Nah, berikut ini resep untuk membuat churros ala cafe yang bisa kamu coba di rumah.  


Bahan Churros 

  • 1/2 cangkir mentega
  • 1 cangkir + 2 sendok makan air
  • 2 sdm gula pasir 
  • 1 sdt ekstrak vanila murni
  • 3/4 sdt kayu manis bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 1/4 cangkir tepung serbaguna atau tepung biasa
  • 2 butir telur


Bahan Topping

  • 1/2 cangkir gula
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk


Cara membuat

1. Lelehkan mentega dalam panci berukuran sedang. Masukkan air, gula, vanili, kayu manis dan garam. Didihkan dengan api kecil selama 5 menit sambil sesekali diaduk agar semua bahan tercampur rata.

2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk sampai adonan tercampur rata, mengental, dan kalis.

3. Matikan api dan biarkan adonan dingin selama 10 menit.

4. Setelah adonan dingin, tambahkan satu buah telur, kocok sampai tercampur dengan adonan. Tambahkan telur kedua dan ulenin kembali sampai adonan menyatu dan tidak terlalu lembek.

5. Masukkan adonan ke dalam kantong kue berlapis ganda dan gunting ujungnya. Sematkan spuit kue berbentuk bintang di ujungnya.

6. Panaskan minyak di penggorengan besar pada api sedang. Siapkan gunting yang sudah diolesi minyak. 

7. Di wadah ceper, campurkan gula dan kayu manis untuk topping churros.

8. Setelah minyak panas, kecilkan api. Masukkan adonan secara perlahan dari kantong kue ke minyak panas, gunting sepanjang 5-6 inci. Goreng 4-5 churros sekaligus untuk  menghindari panci terlalu penuh.

9. Goreng sampai berwarna cokelat keemasan, sekitar 2 menit setiap sisinya. Pindahkan ke piring berlapis kertas minyak selama beberapa detik, lalu gulingkan di wadah berisi campuran gula dan kayu manis.

10. Ulangi sampai adonan habis. Sajikan selagi hangat dengan cokelat leleh, saus karamel, buah, atau es krim.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

3 Olahan Tempe untuk Lauk hingga Camilan, Resepnya Sederhana!

BERIKUTNYA

Alhamdulillah, 200 Vial Obat Gagal Ginjal Akut Fomepizole Tiba di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: